PENDEKATAN ANDRAGOGI DALAM PENDIDIKAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Komarudin Komarudin

Abstract


Pendidikan pemustaka di perpustakaan perguruan tinggi perlu dilakukan dengan pendekatan pendekatan yang sesuai dengan tingkat kedewasaan mahasiswa. Pendekatan andragogi dapat digunakan dalam pendidikan pemustaka tersebut. Masalahnya bagaimana menerapkan pendekatan andragogi dalam proses pendidikan pemustaka di perguruan tinggi. Penelitian ini penting bagi pustakawan untuk memahami pendidikan orang dewasa dalam kegiatan pendidikan pemustaka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tulisan ini mengambarkan tentang konsep andragogi dan pendidikan pemustaka serta mengungkapkan dan menjelaskan penerapan andragogi dalam pendidikan pemustaka. Penerapan andragogi dapat dilakukan pada kegiatan pendidikan pemustaka terutama dalam intruksi perpustakaan dan intruksi bibliografi. Langkah-langkah pokok yang perlu dilakukan dalam pendidikan pemustaka dengan pendekatan anragogi yaitu 1) mempersiapkan pembelajar agar dapat mengikuti kegiatan dan memenuhi kebutuhan mereka 2) menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif baik lingkungan fisik maupun suasana yang komunikatif, 3) mendiagnosis kebutuhan belajar sesuai dengan pengalaman pemustaka, 4) membuat perencanaan yang disusun dengan melibatkan pemustaka dan stakeholder, 5) menetapkan tujuan pembelajaran yang dijadikan sebagai panduan bagi fasilitator dalam menjalankan program pendidikan pemustaka, 6) menetapkan metode dan Teknik yang sesuai dengan karakteristik, asumsi, dan prinsip pendidikan orang dewasa, dan 7) mengembangkan evaluasi untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan peningkatan pembelajaran berikutnya. Pustakawan perlu mendalami pendekatan andragogi ini agar program pendidikan pemustaka dapat brjalan dengan efektif dan efisien.

Keywords


Pendidikan Orang Dewasa; Andragogi; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Pendidikan Pemustaka

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v4i2.4878
Abstract views : 448 times
PDF : 275 times

References


Anggito, Albi & Setiawan, Johan. (2018). Metode penelitian kulitatif. Sukabumi : CV Jejak.

Budiwan, J. (2018). Pendidikan orang dewasa (andragogy). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10 (02).

Cooke, N. A. (2010). Becoming an andragogical librarian: Using library instruction as a tool to combat library anxiety and empower adult learners. New Review of Academic Librarianship, 16(2), 208-227. http://dx.doi.org/10.1080/13614533.2010.507388

Danim, Sudarwan & Khairil. (2013). Pedagogi, andragogi, dan heutagogy. Bandung : Penerbit Alfabeta.

Das, Liss Marie. [Ch-05 PRABANDHAN (Social Science-III)] (2018, Jan 31) User education goals objective techniques and methods [video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=88WJkArAd-o

Hildawati, A. (2014). Urgensi pendidikan pemakai (user education) bagi pemustaka di perpustakaan perguruan tinggi agama aIslam : sebuah konsep penerapan kampus peradaban di UIN Alaudin Makasar. Jurnal Ilmu Peprustakaan Khizanah Al-Hikmah, Vol. 2 No. 1, Hlm. 80-89.

Jeanete Ophilia Papilaya & Nileke Huliselan. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15 (1), 56-63.

https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Kania, D., & Tarsidi, D. (2022). PENTINGNYA PENGETAHUAN USIA DEWASA MENURUT HUKUM BAGI MAHASISWA DI PERGURUAN TINGGI. Pro Patria: Jurnal Pendidikan, Kewarganegaraan, Hukum, Sosial, Dan Politik, 5(1), 97-105.

https://doi.org/10.47080/propatria.v5i1.1877

Kresnanda, Surya. [Surya Kresnanda] (2021, June 21). Andragogi : Prinsip pembelajaran orang dewasa [video]. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=2wBzKDZjRqo

Malakar, Abhijit & Manlunching, Dr. (2014). User Education in Academic Libraries. https://www.researchgate.net/publication/308073849_User_Education_in_Academic_Libraries

Marlini. (2015). Optimalisasi pendidikan pemustaka dalam pemanfaatan layanan perpustakaan oleh mahasiswa pada Perpustakaan Universitas Negeri Padang. Jurnal EduLib, 5 (1), 15-31.

Sihombing, E. (2019). Konsep dan Strategi Pendidikan Orang Dewasa. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 6 (2).

Sugiyanto & Lilik Wahyuni. (2020). Pendidikan orang dewasa (andragogi). Malang : UB Press.

Pendidikan, T. P. I. (2007). Ilmu dan Aplikasi pendidikan. Grasindo, Jakarta.

Wanastri, Prisinta. (2017). Menjadi perpustakaan andragogi : kajian Perpustakaan Universitas Indonesia sebagai ruang belajar pengguna dewasa. Acarya Pustaka, 3 (2), 1-9.

https://doi.org/10.23887/ap.v3i2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171