PEMANFAATAN FANSPAGE FACEBOOK SEBAGAI MEDIA KNOWLEDGE SHARING KONTEN SURAT KABAR LANGKA KOLEKSI PERPUSTAKAAN NASIONAL RI

Ruriatno Ruriatno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai penggunaan fanpage Facebook Perpustakaan Nasional RI sebagai media berbagi pengetahuan atau informasi. Fanpage Facebook digunakan tidak hanya untuk menginformasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Perpusnas saja, melainkan dapat juga digunakan sebagai media berbagi informasi dan pengetahuan (knowledge sharing) terkait konten konten yang ada dalam koleksi surat kabar langka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa konten-konten koleksi surat kabar langka terutama nilai informasinya terkait sejarah bangsa sangat berharga dan perlu sekali didayagunakan agar kebermanfaatannya dapat dirasakan semua masyarakat. Media sosial terutama Fanpage Facebook sangat dirasakan manfaatnya sebagai media untuk pendayagunaan dan penyebaran konten-konten surat kabar langka. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah jangkauan pengunjung dan banyaknya orang yang memnfaatkan fitur berbagi (share).

Keywords


fanpage; facebook; knowledge sharing; surat kabar langka; Perpustakaan Nasional RI

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i1.4971
Abstract views : 114 times
PDF : 193 times

References


Annur, Cindy Mutia. (2022). Facebook Cetak Pertumbuhan Pendapatan 6,6% pada Kuartal I-2021. Diakses pada 3 November 2022 dari

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/27/facebook-cetak-pertumbuhan-pendapatan-66-pada-kuartal-i-2021#:~:text=Facebook%20mencatat%20pendapatan%20perusahaan%20mencapai,%24%201%3D%20Rp%2014.581).

Arifin, Rita Wahyuni. “Peran Facebook Sebagai Media Promosi Dalam Mengembangkan Industri Kreatif.” Bina Insani 2, no. 2 (2015): 117–126.

Asaniyah, Neneng. 2017. Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, restorasi, Fumigasi. Bulletin Perpustakaan No.57 Mei 2017, 85-94. https://journal.uii.ac.id/BuletinPerpustakaan/article/download/9105/7593

Beese, Jennifer. (2016). Facebook Fan Page vs. Profile : Know the Difference. Diakses pada 15 November 2022 dari https://sproutsocial.com/insights/facebook-fan-page/

Dixon, S. (2022). Countries with the most Facebook users 2022. diakses pada 3 November 2022 dari

https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/

Juju, Dominikus dan Feri Sulianta. 2010. Hitam Putih Facebook. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Kurniawati, Ferlin dan Maulida Nurhidayati. (2021). Pemanfaatan Facebook Sebagai Media Promosi Bisnis Dalam Usaha Meningkatkan Jumlah Penjualan Bagi Ibu-Ibu Pkk Kelurahan Bangunsari Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun. Loyalitas Jurnal Pengabdian kepada masyarakat. Vol 2(1), 187-203.

Malau, Jens Cinta G. (2017). Facebook dan Perubahan Perilaku Dikalangan Remaja (Studi Kasus Pada Remaja Di Desa Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun). Jom FISIP Volume 4 No.1 Februari 2017. https://media.neliti.com/media/publications/129367-ID-facebook-dan-perubahan-perilaku-dikalang.pdf

Rahmadi, Dedi. (2013, 16 Maret). 6 kasus pencabulan berawal dari Facebook. Surat kabar online Merdeka. Diakses pada 15 November 2022 dari https://www.merdeka.com/peristiwa/6-kasus-pencabulan-berawal-dari-facebook.html

Subagyo, Hendro. (2007). Pengantar Knowledge Sharing untuk Community Develoment. Makasar : Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia

Syaharullah. Muhammad Yahya., dan Ahmad Syarif (2021). Penggunaan Facebook dalam promosi Produk Barang Jadi. Jurnal Pilar : Jurnal Kajian Islam Kontemporer Volume 12 , No. 2, Desember 2021, 27-38. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/download/6544/4125

Tobing, P. L. (2011). Manajemen Knowledge Sharing Berbasis Komunitas. Bandung : Knowledge Management Society Indonesia

UC Santa Barbara Library. (2014). Online Dictionary for Library and Information Science. Diakses pada 15 November 2022 dari

http://products.abc-clio.com/ODLIS/odlis_r

Wibowo, Patrick Trusto Jati. (2021, 15 Januari). Apa Itu Call to Action (CTA)? Diakses pada 15 November 2022 dari https://wartaekonomi.co.id/read323076/apa-itu-call-to-action-cta

Widodo. (2013). Peran Knowledge Sharing Terhadap Kinerja UKM Berbasis Sikap Kewirausahaan. EKOBIS. 14(2): 17-27. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ekobis/article/view/573/475


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171