IMPLEMENTASI RFID (RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION) DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Hanif Tri Hardiansyah, Resty Jayanti Fakhlina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan RFID di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari buku teks, jurnal, penelitian sebelumnya, observasi, dan wawancara.Informan adalah kepala perpustakaan, pustakawan dan staf yang bertugas di pelayanan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan RFID sangat membantu pustakawan dan staf perpustakaan dalam meningkatkan pelayanan di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang dalam proses pencarian informasi, peminjaman, pengembalian serta keamanan bahan pustaka. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan RFID adalah kesalahan kendala teknis saat mengolah koleksi perpustakaan serta RFID adalah teknologi otomatisasi perpustakaan yang memiliki harga relatif mahal seperti pengadaan sebagai pemeliharaan.

Keywords


otomasi perpustakaan; pelayanan perpustakaan; RFID (Radio Frequency Identification)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i1.6448
Abstract views : 181 times
PDF : 249 times

References


Chhetri, M., & Thakur, R. S. (2019). Implementation of RFID technology in libraries: A case study in UPES library. Library Philosophy and Practice (e-journal), 2344.

Azizah, Urfisya Fidi. Taufiq Kurniawan. Martutik. (2020). Efektivitas Layanan Mandiri Berbasis Teknologi Radio Frequency Identification (RFID) di UPT Perpustakaan Universitas Jember; Bibliotika 4(1). Diunduh pada 21 oktober 2022, dari http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika

Ahmad, H. (2019). Rfid technology in libraries: A case study of allama iqbal library, university of Kashmir. Journal of Indian Library Association, 52(4).

Doronina, I. N., & Murashko, O. Y. (2020). RFID-technologies: Promoting from scientific to municipal libraries. Scientific and Technical Libraries, (5), 69-84.

Malipatil, N., Roopashree, V., Gowda, R. S., Shobha, M. R., & Kumar, H. S. (2020). RFID based library management system. International Journal of Research in Engineering, Science and Management, 3(7), 112-115.

Solanke, M. D. S. (2021). RFID technology in libraries. Int. J. Res, 8, 90-97.

Bi, S., Wang, C., Shen, J., Xiang, W., Ni, W., Wang, X., ... & Gong, Y. (2023). A Novel RFID Localization Approach to Smart Self-Service Borrowing and Returning System. CMES-Computer Modeling in Engineering & Sciences, 135(1), 527-538.

Sambrook, J., & Russell, D. W. (2001). Molecular cloning: a laboratory manual (3rd ed.). CSHL Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171