PEMANFAATAN MEDIA GOOGLE FORM DALAM LAYANAN BEBAS PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN PASCASARJANA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

Sutriono Sutriono

Abstract


Bebas Pustaka adalah salah satu layanan yang diberikan Perpustakaan Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu kepada mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di Program Pasasarjana. Salah satu kendala dalam layanan ini adalah masih terbatasnya sumber daya pustakawan yang memberikan layanan mengingat di perpustakaan pascasarjana hanya terdapat satu orang pustakawan (One person librarian). Oleh karenanya pustakawan pascasarjana melakukan terobosan dengan cara memanfaatkan media google form untuk melayani mahasiswa dalam pengurusan persyaratan bebas pustaka. Salah satu kelebihan pemanfaatan media ini adalah pustakawan akan dengan mudah mendapatkan data mahasiswa, data judul buku yang disumbangkan, data tesis atau disertasi yang diserahkan serta upload mandiri file PDF disertasi mahasiswa melalui pengisian google form. Satu tahun berjalan sejak tahun 2022 lalu, pemanfaatan layanan ini sangat membantu pekerjaan pustakawan dimana pustakawan tidak lagi mendata nama mahasiswa, data judul dan pengarang buku yang disumbangkan, data judul dan pengarang tesis atau disertasi yang diserahkan. Selain meringankan pekerjaan pustakawan media ini juga sangat praktis dan mudah diakses oleh mahasiswa melalui ponsel atau komputer pemustaka dengan cara membuka link yang diberikan oleh pustakawan

Keywords


bebas pustaka; google form; perpustakaan pascasarjana

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i1.6507
Abstract views : 90 times
PDF : 62 times

References


Amalia, Thoyyibatul. "Penggunaan Media Google Form Dalam Evaluasi." Konferensi Nasional Bahasa Arab V. Malang Jawa Timur: UIN Maliki Malang, 2019. 320-322.

Batubara, H.H. "Penggunaan google form sebagai alat penilaian kinerja dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari." Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam (2016): 39.

Dwi Parinata, Nicky Dwi Puspaningtyas. "Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika." MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823 (Januari 2021): 56.

Research, Maxi. Googe form tutorial. . Jakarta: PT. Mulia Karya Inovasi, 2018.

Sutriono. "“Strategi One Person Librarian (OPL) dalam mewujudkan perpustakaan sebagai mitra riset (Studi pada perpustakaan IAIN Bengkulu)." IJLIS UIN Arraniry Banda Aceh (2020): 1-8.

Sutriono . “Laporan Perkembangan Perpustakaan Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu tahun 2022”. Tahunan. Bengkulu: Pascasarjana UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Tri Mardiana, AW. Priyanto. Google Form sebagai alternatif pembuatan evaluasi. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171