KEGIATAN PROMOSI DAN PEMASARAN PERPUSTAKAAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA DAN MASYARAKAT DI UNIVERSITAS SUMATERA UTARA

Septevan Nanda Yudisman

Abstract


Tulisan ini berisikan pembahasan mengenai tujuan dan kegiatan promosi dan pemasaran perpustakaan di Universitas Sumatera Utara. Tujuan dari penulisan ini yaitu untuk mengetahui tujuan promosi dan pemsaran Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dan memberikan gambaran mengenai kegiatan promosi dan pemasaran seperti apa yang telah dilakukan oleh Universitas Sumatera Utara terhadap perpustakaannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan deskriptif kualitatif. Dari keseluruhan hasil penelitian dan pembahsan, kegiatan promosi dan pemsaran Perpustakaan Universitas Sumatera Utara yang paling sering dan efektif serta efisien dilakukan yaitu prmosi dan pemasaran perpustakaan berdasarkan medianya dengan menggunakan media sosial. Tujuan dari promosi perpustakaan yaitu untuk memperkenalkan segala macam bentuk informasi, sumber informasi, fungsi perpustakaan, pelayanan atau jasa, dan mendorong minat baca mahasiswa serta membangkitkan kesadaran masyarakat akan adanya layanan perpustakaan yang baik.

Keywords


promosi; pemasaran; perpustakaan

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i1.6508
Abstract views : 230 times
PDF : 130 times PDF : 200 times

References


Sukirno. “Optimalisasi Web Untuk Promosi Perpustakaan”. Pustakaloka, No.2, Vol.8, 2016: 245-258. Web. 24 November 2022.

Mumek, Fidelia, Anthonius M. Golung, dan S. Posumah-Rogi. “Peranan Promosi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado”. 1-10. Web. 24 November 2022.

Chaubey, Ajay Kumar. “Marketing of Library and Information Science Products and Services in Present Scenario”. ResearchGate, 2016: 330-345. Web. 27 Oktober 2022.

Yi, Zhixian. “Effective techniques for the promotion of library services and resources”. iR(informationresearch),No.1, Vol. 21, 2016: 1-22. Web. 27 Oktober 2022.

Iryanti, Yasmin Salsabila, dan Margaretha Aulia Rahman. “Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial Twitter di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev”. Journal of Library and Information Science. No. 2, Vol. 9, 2019: 128-143. Web. 24 Oktober 2022.

Sudiar,Nining, Fiqru Mafar, dan Rosman. “Model Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi di Pekanbaru”. Lentera Pustaka, No. 1, Vol. 3, 2017: 19-25. Web. 24 November 2022.

Prabhu, A. Victor Sorna, dan M. Tamizhchelvan. “YouTube: The New Age Marketing Strategy For Library Services”. Journal of Library and Information Science, 2021: 1-10. Web. 24 November 2022.

Asari, ANdi, Djoko Saryono, Nora Lina Mohd Hussain, dan Robby Asyari. “Social Inclusion Library Promotion Strategy Through Social Media”. 2022: 1-15. Web. 24 November 2022.

Shulman, Jason, Jewelry Yep, dan Daniel Tome. “Leveraging the Power of a Twitter Network for Library Promotion”. Journal of Academic Librarianship, Vol. 41, 2015: 178-185. Web. 27 Oktober 2022.

Suharso, Putut, dan Aninda Nurwindu Pramesti. “Promosi Perpustakaan melalui Instagram: Studi di Perpustakaan Universitas Airlangga”. Journal Library and Information Science, No. 2, Vol. 3, 2019: 66-74. Web. 04 Desember 2022.

Yusuf Decisions on Oppo Smartphone Products in South Tangerang City. Budapest International Research and Critics InstituteJournal (BIRCI-Journal), 2, 472-481, A. (2021). The Influence of Product Innovationand Brand Image on Customer Purchase


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171