ANALISIS STRATEGI PROMOSI DAN BRANDING PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ANDALAS MELALUI MEDIA SOSIAL

Rama Wahyudin, M. Zaky Mubarak Lubis, Anisa Anisa

Abstract


Branding merupakan suatu upaya dalam memberikan informasi yang tepat dan dapat memaksimalkan tujuan yang diharapkan. Dalam membangun branding perlu ada strategi yang dibuat dengan sistematika dan kompleksitas, diantaranya adalah pemanfatan Promosi melalui Media Sosial. Unit Perpustakaan Universitas Andalas, merupakan wadah bagian penting dan vital bagi Institusi Kelembagaan Universitas Andalas. Perpustakaan Universitas Andalas memanfaatkan promosi media sosial sebagai strategi dalam membangun branding. Tujuan Penelitian ini, untuk melihat strategi Perpustakaan Universitas Andalas, dalam memenuhi kualitas pelayanan dan fasilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi literature Dari keseluruhan hasil penelitian dan pembahasan, kegiatan branding perpustakaan media sosial seperti Youtube, Instagram dan Facebook sebagai alat promosi dan pemasaran perpustakaan memaksimalkan kualitas pelayanan dan fasilitas dengan strategi kepuasan pengunjung. Nilai jual yang disajikan bagi Perpustakaan Universitas Andalas dengan mengkolaborasikan pemanfaatan teknologi informasi. Selanjutnya merancang, menentukan, dan memperkenalkan perpustakaan digital kepada pengunjung (pemustaka) dan memberikan berbagai akses kemudahan, kenyamanan dan keamanan

Keywords


branding; perpustakaan; promosi; media sosial

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i1.6522
Abstract views : 723 times
PDF : 623 times

References


Aditya Halim Perdana Kusuma, Acai Sudirman, Agung Purnomo, S. A. all. (2020). Brand Management : Esensi, Posisi dan Strategi. In Yayasan Kita Menulis.

Afifah, I., & Sopiany, H. M. (2017). Strategi Promosi pada Hartono Mall Solo. Universitas Sebe[as Maret, 87(1,2), 149.

Ahmad Budi Sulistio. (2017). Branding Sebagai Inti Dari Promosi Bisnis. Sae.Edu Indonesia, Vol.1, 16.

Anholt, S. (2006). Brand new justice. Brand New Justice, 1–173. https://doi.org/10.4324/9780080457758

Astuti, S. (2019). Memanfaatkan Fasilitas Perpustakaan Secara Jujur untuk Menjaga Kelestariannya. Jurnal Kepustakawanan Dan Masyarakat Membaca, 35(2), 55.

Ayu. (2018). Jenis Perpustakaan cakupan literatur. Pustaka Umum Jogja, vol.1(1).

Dimitra, P. T., Wijaya, A., & Lampung, P. (2022). Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Pt . Dimitra Adi Wijaya Property Lampung Dalam Perspektif Bisnis Syari ’ Ah Raden Intan Lampung 1443 H / 2022 M Dalam Menghadapi Persaingan Usaha Pada Pt . Dimitra Adi Wijaya Property Lampung Dalam Perspektif Bisnis.

Dipayanti, K. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 30–49.

Erni Yunaida. (2017). Pengaruh Brand Image (Citra Merek) terhadap Loyalitas Konsumen Produk Oli Pelumas Evalube di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 6(2), 807.

Gundlach, G. T., & Wilkie, W. L. (2009). The American marketing association’s new definition of marketing: Perspective and commentary on the 2007 revision. Journal of Public Policy and Marketing, 28(2), 259–264. https://doi.org/10.1509/jppm.28.2.259

Hardiningtyas, T. (2017). Jurnal Ilmiah UPT Perpustakaan UNS. Pustaka Ilmiah, 2(2), 254.

I Ketut Surya Diarta, & et.all. (2016). Strategi Branding dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Udayana, 4(2), 170–187. Retrieved from file:///C:/Users/Lenovo/Downloads/27852-1-54192-1-10-20170131.pdf

Kartiningrum, E. D. (2015). Panduan Penyusunan Studi Literatur. In Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Kesehatan Majapahit, Mojokerto.

Kresnanda, C. R. (2022). PERANCANGAN BRANDING MEDIA SOSIAL.

Lelita Azaria Rahmadiva. (2019). Branding dalam mempertahankan reputasi Perguruan tinggi keagamaan islam negeri (ptkin). UIN Sunan Kalijaga, vol.1(1).

Los, U. M. D. E. C. D. E. The Branding : how to bridge The distance Between Business strategy And design. , vol.1 riders publishing And the american institute of graphic arts (2023).

Mathematics, A. (2016). Konstruksi personal branding penulis fiksi di social media (studi kasus penulis fiksi ika natassa di twitter). Urnal AKRAB JUARA, 5(1), 1–23.

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Murphy, J. (1988). Branding : Branding has been used since the earliest times to distinguish the goods of one producer from those of another. But the use of branding has developed considerably over time and particularly in the last 100 years. Marketing Intelligence & Planning, 6(4), 4–8. https://doi.org/10.1108/eb045775

Nastišin, Ľ., & Mudrík, M. (1982). Branding phenomenon and importance of a brand building. Exclusive Journal, 1.

Nuriana, D., & Noer, A. (2019). Branding Perpustakaan Melalui Akreditasi: Pentingkah Bagi Generasi Milenial. Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 30. https://doi.org/10.30742/tb.v3i2.764

Permatasari, Y. R., Fauzi, A., & Yulianto, E. (2014). Pengaruh Periklanan Terhadap Faktor Psikologis yang Berdampak Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1–7.

Pranata, I. W. D. R., & Pramudana, K. A. S. (2018). Peran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Dalam Memediasi Hubungan Iklan Oppo Dengan Niat Beli Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(10), 5230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v07.i10.p02

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950

Rahayu, S. (1991). Mengenal Perpustakaan Perguruan Tinggi Lebih Dekat. Pustakawan Perpustakaan Fakultas Ekonom, UII Yogyakarta, Vo.1, 102–103.

Rahayu, S., & Arianti, R. K. (2014). Persepsi National Branding Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Ekspor Ke Jepang Dan Australia. Buletin Ilmiah Litbang Perdagangan, 8(2), 183–208. https://doi.org/10.30908/bilp.v8i2.82

Rifai, A. (n.d.). Teknologi Media Informasi di Perpustakaan. 1–34.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rohanah, A., & Agustina, S. (2018). Promosi Berbasis Emotional Branding Pada Perpustakaan Kineruku. Edulib, 8(2), 135. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i2.13552

Sammut-Bonnici, T. (2015). Brand and Branding. Wiley Encyclopedia of Management, (January 2015), 1–3. https://doi.org/10.1002/9781118785317.weom120161

Sari, K. P. (2020). Strategi Branding Perpustakaan Umum Kota Depok. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 11. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/51510

Sianipar, M. (2019). Persepsi Pemustaka Terhadap Sikap Pustakawan Dalam Memberikan Layanan Di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 4(2), 7. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/8377/

Subrata, S. K. G. (2010). Perpustakaan Digital. Perpustakaan Digital , 1(1), 1–11.

Sukarno, L. G. (2017). Promosi Perpustakaan melalui Media Sosial di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 24(4), 59–64.

Sun Microsystems, I. (2002). Digital Library Technology Trends (art. pasqui). Global Education and Research.

Susanti. (2021). Pengaruh pelayanan karyawan, promosi dan fasilitas terhadap minat pengunjung k-one family ktv di kota batam.

Swasty. (2016). Branding : Memahami dan Merancang Strategi Merek. Rosdakarya, Vol.1(No.3).

Ulumi, B. (2014). Pemasaran perpustakaan. In Pemasaran Jasa Informasi Perpustakaan.

Vidyarini, T. N. (2009). Brand dan Reputasi Bangsa melalui Public Relations Internasional Pendahuluan Kajian Teori. (2008), 11–26.

Wardhana, A. (2022). Brand Image Dan Brand Awareness. Brand Marketing: The Art of Branding, (January), 105–116.

Widada, C. K. (2018). Mengambil Manfaat Media Sosial Dalam Pengembangan Layanan. Journal of Documentation and Information Science, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.33505/jodis.v2i1.130

Yamin, M. (2020). Implementasi Konsep Nation Branding Anholt dalam Penyelenggaraan Asian Games Jakarta-Palembang 2018. Indonesian Journal of International Relations, 4(2), 114–141. https://doi.org/10.32787/ijir.v4i2.122

Yenianti, I. (2019). Promosi Perpustakaan Melalui Media Sosial Di Perpustakaan IAIN Salatiga. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(2), 223–237. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i2.223-237

Zulfikar, I. (2023). Building a Strong Brand: Marketing Strategy to Increase Brand Awareness and Consumer Loyalty. Neo Journal of Economy and Social Humanities, 1(4), 280–284. https://doi.org/10.56403/nejesh.v1i4.79


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171