Perpustakaan Sebagai Pusat Kesehatan Mental: Studi Kasus Pusat Research and Innovation Center Of Graduate School Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol

Fatimah Fatimah

Abstract


Kesehatan mental adalah isu yang semakin mendapat perhatian global karena dampaknya yang signifikan terhadap kualitas hidup individu dan masyarakat. Perpustakaan, sebagai salah satu institusi publik yang sering diabaikan dalam konteks kesehatan mental, mulai menunjukkan potensinya sebagai pusat kesehatan mental yang efektif dan inklusif salah satunya di Pusat Research and Innovation Center of Graduate School Program Pascasarjana(PPICGS-PPS) UIN Imam Bonjol. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran (PPICGS-PPS) UIN Imam Bonjol sebagai pusat kesehatan mental dengan fokus pada program-program kesejahteraan psikologis yang diselenggarakan di Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Data kuantitatif dikumpulkan melalui survei kepada pengunjung (PPICGS-PPS) UIN Imam Bonjol, sementara data kualitatif diperoleh melalui wawancara mendalam dengan staf perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program-program tersebut memiliki dampak positif pada kesehatan mental pengunjung perpustakaan, termasuk peningkatan kesejahteraan psikologis, penurunan tingkat stres, dan peningkatan rasa koneksi social. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor kunci yang mendukung perpustakaan sebagai pusat kesehatan mental, termasuk aksesibilitas fisik dan finansial, keragaman program, pelatihan staf dalam kesehatan mental, serta kolaborasi dengan profesional kesehatan mental. Temuan ini memiliki implikasi penting bagi perpustakaan dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengakui perpustakaan sebagai mitra yang berpotensi dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan mental masyarakat. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana perpustakaan dapat berperan sebagai pusat kesehatan mental yang efektif, menunjukkan bahwa perpustakaan bukan hanya sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai sumber daya penting dalam mempromosikan kesehatan mental dan kesejahteraan psikologis masyarakat. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan untuk mendukung pengembangan program-program serupa di perpustakaan lainnya, serta meningkatkan kesadaran akan potensi perpustakaan sebagai mitra strategis dalam upaya kesehatan mental yang lebih luas.

Keywords


mental;perpustakaan;pemustaka;psikologi;stres.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i2.7037
Abstract views : 175 times
PDF : 193 times

References


Afdi, M. F. (2018). Peran Perpustakaan Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMAN 47 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ali, A. (2020). Kesehatan Mental Dalam Perspektif Al-Quran dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer di Indonesia. Pascasarjana IAIN Pekalongan.

Bikriyah, N. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di SMPN 166 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Daulay, L. S., Mardianto, M., & Nasution, M. I. P. (2023). Literasi Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental Anak di Era Digital. Jurnal Raudhah, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/raudhah.v11i1.2767

Eskha, A. (2018). Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/jib.v2i1.25

Fajry, A. N. (2022). Perpustakaan dan Kesehatan Mental Masyarakat di Masa Pandemi. kumparan. https://kumparan.com/ashrynov/perpustakaan-dan-kesehatan-mental-masyarakat-di-masa-pandemi-1xWZndKOH71

Gandhawagi, S. (2021). Perpustakaan Berperan Tingkatkan Literasi Masyarakat. https://www.kompas.id/baca/dikbud/2021/11/10/perpustakaan-berperan-tingkatkan-literasi-masyarakat

Inriati, S. (2020). Memelihra Kesehatan Mental oleh Dra. Sepi Indriati, Psikolog. https://rsjd-surakarta.jatengprov.go.id/2020/01/24/memelihara-kesehatan-mental-oleh-dra-sepi-indriati-psikolog/

Kartikasari, N. (2019). Hubungan Antara Literasi Keseharan Mental dan Stigma Diri Terhadap Intensi Mencari Bantuan Pada Dewasa Awal. [Skripsi, Universitas Airlangga]. Http:///lib.unair.ac.id

Kemensetneg, H. (2023). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Sebagai Pusat Kesehatan Mental. https://setneg.go.id/baca/index/transformasi_perpustakaan_berbasis_inklusi_sosial_sebagai_pusat_kesehatan_mental

Komariah, N., Saepudin, E., & Nurislamaningsih, R. (2022). Role of academic library in creating students’ mental health literacy. Record and Library Journal, 8(1). https://www.researchgate.net/publication/361617847_Role_of_academic_library_in_creating_students'_mental_health_literacy

Majidah, M., Hasfera, D., & Fadli, M. F. M. (2019). Penggunaan Warna Dalam Disain Interior Perpustakaan Terhadap Psikologis Pemustaka. Ristekdik : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.31604/ristekdik.2019.v4i2.95-106

Nanda Maya, -. (2020). Pengaruh Literasi Kesehatan Mental dan Persepsi Stigma Publik Terhadap Sikap Mencari Bantuan Profesional Psikologi pada Remaja Kota Bandung [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu

Nouval. (2020). Pengertian Psikologi, Jenis, dan Manfaat Mempelajarinya. https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-psikologi/

Novian, G. N., & Jumino, J. (2020). Stres Kerja Para Pustakawan di Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 9(2).

Noviyana, N. (2018). Kesehatan Mental dan Perkembangan Jiwa Keagamaan Remaja Santri Pondok Pesantren Al-Quran Masyariqul Anwar Kel. Durian Payung Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Nurul Aziza, -. (2023). Systematic Review Pada Pelayanan Perpustakaan Untuk Kesehatan Mental. [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu

Perpustakaan, U. (2022). Mental Health Awareness—Perpustakaan ITB. https://lib.itb.ac.id/mental-health-awareness/

Persia, A. N., & Rohmiyati, Y. (2013). Peran Perpustakaan Anak di


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171