Konsep Dasar Layanan Inklusi Perpustakaan: Meningkatkan Aksesibilitas dan Pelayanan di Perpustakaan Pasacasarjana UIN Imam Bonjol Padang

Eviendrita Eviendrita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis konsep dasar layanan inklusi perpustakaan serya upaya untuk meningkatkan aksesibilitas pelayanan perpustakaan Pascasarjana di UIN Imam Bonjol. Metode penelitian yang digunakan mencakup survei terhadap pengguna perpustakaan, wawancara dengan staf perpustakaan, analisis dokumen kebijakan perpustakaan, observasi infrastruktur fisik perpustakaan, serta studi kasus dalam beberapa perpustakaan yang mewakili berbagai pendekatan dan praktik. Data yang dikumpulkan dianalisis secara komprehensif untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam menerapkan konsep dasar layanan inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan perlu mengadopsi pendekatan yang lebih inklusi dalam merancang layanan dan fasilitasnya. Diperlukan upaya untuk memastikan aksesibilitas fisik, aksesibilitas teknologi, serta aksesibilitas budaya. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat menjadi alat yang kuat untuk meningkatkan aksesibilitas, namun juga harus diimbangi dengan pelatihan dan kesadaran masyarakat. Penelitian ini menghasilkan rekomendasi praktis untuk perpustakaan dalam meningkatkan aksesibilitas dan pelayanan inklusi, termasuk pengembangan pedoman, pelatihan staf, dan upaya untuk mempromosikan kesadaran masyarakat tentang peran penting perpustakaan dalam mendukung semua individu dalam mengakses pengetahuan dan informasi. Penelitian ini diharapkan akan memberikan kontribusi berharga terhadap pemahaman dan implementasi konsep dasar layanan inklusif perpustakaan di berbagai konteks, serta membantu memastikan bahwa perpustakaan tetap menjadi sumber daya pengetahuan yang relevan dan berdaya guna bagi semua lapisan masyarakat.

Keywords


Aksesibilitas; Inklusi; Layanan pustaka; Perpustakaan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i2.7038
Abstract views : 102 times
PDF : 99 times

References


Al-Amin, M. I. (2022). Inklusi Adalah Pendidikan dengan Pendekatan Terbuka. https://katadata.co.id/safrezi/berita/61ef9d1c39a09/inklusi-adalah-pendidikan-dengan-pendekatan-terbuka-ini-penjelasannya

Amalia, R. A. (2019). Dinas Kearsipan dan Perpustakaan | Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. https://dkpus.babelprov.go.id/content/peran-serta-tim-sinergi-pada-program-revitalisasi-pengembangan-perpustakaan-umum-melalui

Amelia, T. (2022). Transformasi Pengembangan Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Serta Penerapannya Pada Masyarakat di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Tanggamus. Universitas Lampung.

Asari, A., Rachmaningsih, D. M., Saryono, D., Rahmah, E., Widiyawati, A. T., Sari, R., Handayani, F., Anna, N. E. V., & Fahrullah. (2022). Manajemen Perpustakaan. Get Press.

Dahlia, R., & Aminah, S. (2023). Peran Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Gayo Lues Dalam Mengembangkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, 2(1).

Haryanti, W. T. (2019). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial: Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA), 2(2), Article 2. https://doi.org/10.32734/lwsa.v2i2.728

Izzah, R. N., Sukaesih, S., Rukmana, E. N., & Saefudin, E. (2021). Inovasi Perpustakaan Daerah Kabupaten Purwakarta Dalam Mengembangkan Layanan Berbasis Inklusi Sosial Saat Pandemu Covid-19. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/ap.v8i1.30154

Komariah, N., Saepudin, E., & Rukaman, E. N. (2021). Pelayanan perpustakaan desa berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Desa Jendela Dunia Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 17(1).

Mahdi, R. (2020). Perpustakaan Umum Berbasis Inklusi Sosial: Apa dan Bagaimana Penerapannya? (Sebuah Kajian Literatur). Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 15(2). https://ejournal.uin-suka.ac.id/adab/FIHRIS/article/view/1804

Prasetyo, A., Inawati, I., & setiawan. (2022). Peran Pustakawan Dalam Implementasi Layanan Berbasis Inklusi Sosial. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 6(2). http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/31366

Prasetyo, W. D., & Utami, D. (2020). Penguatan Perpustakaan Untuk Pembangunan: Sebuah Konsep Transformasi Berbasis Inklusi Sosial. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.1234/jurnal

Putri, B. (2022). Analisis Pengembangan Perpustakaan Desa Berbasis Inklusi Sosial Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Aceh Tengah [Other, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/24946/

Rasyida, D. H. (2022). Akses Pelayanan Perpustakaan Inklusif Bagi Mahasiswa Penyandang Disabilitas di UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/88086/Akses-Pelayanan-Perpustakaan-Inklusif-Bagi-Mahasiswa-Penyandang-Disabilitas-di-UPT-Perpustakaan-Universitas-Sebelas-Maret

Sabriyanti, A., & Batubara, A. K. (2023). Inklusi Sosial Sebagai Transformasi Layanan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika Dan Komunikasi, 4(3), Article 3. https://doi.org/10.35870/jimik.v4i3.301

Septiani, D. (2020). Implementasi Layanan Inovasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030 Rumusan IFLA. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Subarini, S. (2019). Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. https://perpustakaan.kulonprogokab.go.id/detil/703/transformasi-perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171