Transformasi Tata Ruang Baca Perpustakaan Cabang Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang

Murnahayati Murnahayati

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Transformasi Tata Ruang Baca Fakultas Syari’ah UPT UIN Imam Bonjol Padang. Perpustakaan Perguruan tinggi sebagai salah satu jantungnya universitas sekarang ini harus dapat bertransformasi, baik dari tata ruang, layanan maupun pengelolaannya. Transformasi perpustakaan dapat dimulai dengan hal-hal kecil yang sebelumnya tidak terpikirkan tetapi memiliki banyak dampak yang baik untuk semua citivitas akademik. Dengan adanya transformasi perpustakaan dari segi fungsi perpustakaan, layanan perpustakaan, pustakawan, program perpustakaan dan fasilitas perpustakaan diharapkan mampu membantu perpustakaan dalam meningkatkan minat kualitas layanan perpustakaan dan mewujudkan masyarakat yang cinta perpustakaan. Tata ruang merupakan salah satu aspek penunjang perpustakaan yang memiliki pengaruh dan peranan yang sangat besar dalam memperlancar layanan maupun pelaksanaan fungsi perpustakaan. Tujuan dari Penelitian ini untuk Transformasi tata ruang perpustakaan, upaya meningkatkan kualitas dan faktor – faktor yang mempengaruhi perpustakaan. Peneliti mengunakan metode pengumpulan data mengunakan observasi dan dokumentasi, metode observasi digunakan untuk memperolah gambaran yang jelas bagaimana penataan ruang dalam lingkungan perustakaan Falkultas Syari’ah UIN Imam Bonjol Padang, dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan hasil dari tata ruang perpustakaan yang lebih baik dari sebelumnya. Tujuan peneliti Transformasi Tata ruang baca Falkultas Syari’ah UPT UIN Imam Bonjol Padang untuk meningkatkan kualitas dan penunjang fasilitas perpustakaan yang baik dan efisien yang akan berpengaruh pada semangat berkunjung dan semangat membaca yang lebih baik dan meningkatkan minat baca.

Keywords


Transformasi;Tata Ruang;Transformasi Perpustakaan Menigkatkan Kualitas;Perpustakaan.

Full Text:

PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v5i2.7197
Abstract views : 39 times
PDF : 10 times PDF : 16 times

References


Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.1992. Pedoman Perlengkapan Perpustakaan Umum . Jakarta : Perpustakaan nasional Republik Indonesia.

Haryanto, H. (2015). Optimalisasi Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Melalui Pemanfaatan Socia Media Networking Sebagai Media Komunikasi Antara Perpustakaan Dan Pemustaka.

Sulistiyo - Basuki-.(1993).Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta:PT Gramedia.

Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Sulistiyo-Basuki. 1992. Teknik dan Jasa Dokumentasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ibrahim Bafadal, Pengelolaan Perpustakaan Jakarta: Bumi Aksara, 2006),hlm. 163-165

Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Ed. Rev. Jakarta : Sagung Seto.

Sulistyorini ,Dyah,(2009). Perpustakaan Harus Bertransformasi, Jakarta: (ANTARA News) artikel berita http://www.antaranews.com/berita/1255786406/javascrip

Lien, Diao Ai., (2004). Transformasi Dunia Perpustakaan. Media Pustaka vol.XI/3-4 (September),14-15


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171