Pustakawan dan Esensialitas Pelayanan Perpustakaan Digital

Septevan Nanda Yudisman, Jalinur Jalinur

Abstract


Perpustakaan digital, yang menyediakan koleksi yang dapat diakses melalui internet dan disimpan dalam format digital, menawarkan alternatif untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat secara cepat dan akurat. Oleh karena itu, sangat penting bahwa kemampuan pustakawan dalam pengoperasian teknologi informasi dan penerapan teknologi informasi selaras. Jadi, teknologi informasi di dunia perpustakaan dapat membantu pengguna perpustakaan memenuhi kebutuhan informasi mereka yang meningkat. Tujuan penelitian ini adalah menguraikan esensialitas pelayanan perpustakaan digital dan peran pustakawan. Metode penelitian yang digunakan adalah  deskriptif   kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Hasil pembahasan dari penelitian ini berkaitan dengan hakikat perpustakaan digital, dasar pemikiran perpustakaan digital, urgensi pustakawan, pustakawan dan era globalisasi, kompetensi yang harus dimiliki pustakawan, peran pustakawan di era globalisasi. Singkatnya, perpustakaan digital di Indonesia dimulai oleh sekelompok orang di perpustakaan pusat Institut Teknologi Bandung (ITB)., menjadi titik awal eksperimen yang menarik di tengah era globalisasi. Namun, di balik eksistensinya, perpustakaan digital menghadapi tantangan signifikan yang perlu diatasi. Dalam menghadapi arus globalisasi, perpustakaan harus mempertimbangkan dan menanggapi secara efektif dua tantangan utama yang meliputi adaptasi teknologi dan infrastruktur serta mempertahankan relevansi dan nilai tambahnya di tengah persaingan informasi yang semakin ketat.

 

 


Keywords


Pustakawan; Esensialitas Pelayanan; Perpustakaan Digital

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v6i1.8189
Abstract views : 8 times
PDF : 4 times

References


Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Ginting, R. T. (2018). Budaya Informasi dalam Memanfaatkan Perpustakaan Digital pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Udayana. Record and Library Journal, 4(1), 54–60.

Hariyanti. (2017). Peran Perpustakaan dan Pustakawan Politeknik Kesehatan Semarang dalam Penyediaan Sumber Informasi untuk Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. 6(2), 1–9.

Husna, J. (2019). Peran Pustakawan Sebagai Kreator Konten Digital. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(2), 173–184. https://doi.org/10.14710/anuva.3.2.173-184

Julianti, S. A. (2022). Kompetensi Seorang Pustakawan Dalam Menguasai Teknologi Informasi Untuk Mengelola Perpustakaan Digital Pada Era 4.0. Kompetensi Seorang Pustakawan Dalam Menguasai Teknologi Informasi Untuk Mengelola Perpustakaan Digital Pada Era 4.0, 14(2), 143–163.

KBBI. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia VI Daring. Bahasa, Badan Pengembangan Dan Pembinaan. https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Kurniasih, N. (2015). Kualifikasi Pustakawan di Era Digital. Prosiding Semiloka Nasional Kepustakawanan Indonesia , 439–449.

Nashir, A., & Nurmayuni, S. (2022). Peran perpustakaan digital dalam meningkatkan kemandirian pustakawan: Suatu tinjauan literatur. … Journal of Academic Librarianship …, 5(3), 32–41. http://www.journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/view/77%0Ahttp://www.journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/article/download/77/82

Nur’aini, & Nasution, L. H. (2021). Kode Etik Pustakawan sebagai Aturan Profesional bagi Profesi Pustakawan. Jurnla Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 9(2), 17–23. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i2.238

Ochonogor, W. C., & Okite-Amughoro, A. (2018). Membangun Perpustakaan Digital yang Efektif di Rumah Sakit Pendidikan Universitas (UTH) di Nigeria. University of KwaZulu-Natal. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-3093-0.ch010

Prabowo, T. T. (2013). Mengenal Perpustakaan Digital. Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 1(January 2013), 108–120.

Prayitno, D. E. (2019). Perpustakaan Digital sebagai Informastion Life Cycle dalam Kehidupan Masyarakat Informasi. TIBANNDARU: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 23–29.

Purwaningsih, & Dewi, A. O. P. (2019). Evaluasi Kualitas Layanan Perpustakaan Digital Ijateng Menggunakan Metode Digiqual. Jurnal ILmu Perpustakaan, 8(4), 214–227.

Rahmawati, L. (2024). Pustakawan Profesional di Era Disrupsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 143–158. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/25954

Sayekti, R. (2019). Perpustakaan Digital (Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi). Perdana Publishing.

Senjaya, R., & Susinta, A. (2022). Manajemen perpustakaan digital di era global pada Perpustakaan Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Unilib Jurnal Perpustakaan, 13(2), 56–66. https://doi.org/10.20885/unilib.Vol13.iss2.art1

Sudarsono, B. (2021). Cerita tentang Pustakawan dan Kepustakawanan. Perpusnas Press. https://press.perpusnas.go.id

Syahdan. (2022). Pentingnya Perpustakaan Virtual di Era Pandemi Covid-19. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 18–25. https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4508

Triandari, A. P. (2022). Studi Kepustakaan: Keamanan Informasi Di Perpustakaan Digital. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 24(3), 237–250. https://doi.org/10.37014/visipustaka.v24i3.3244

Wahyuni, M. (2015). Peran Pustakawan Sebagai Penyedia Informasi. Iqra, Jurnal, 09(02), 39–53. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/iqra/article/viewFile/73/225

Yuliani, T. (2018). Pengembangan E-Library Dalam Meningkatkan Pelayanan Di Perpustakaan Iain Batusangkar. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(1), 16. https://doi.org/10.31958/jsk.v1i1.1154


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171