Strategi Meningkatkan Minat Kunjung Pasca Pandemi di Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Ainun Nurul Latieffah, Muh Ahlis Ahwan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi meningkatkan minat kunjung pemustaka dan implikasinya di Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala UPT Perpustkaan, Kepala Divisi Layanan Pemustaka, Kepala Divisi Layanan Teknis, dan beberapa pemustaka. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi meningkatkan minat kunjung di Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung Semarang adalah dengan meningkatkan kualitas kenyamanan, lingkungan fisik, lingkungan sosial, dan layanan perpustakaan yang memfokuskan pada pemenuhan fasilitas pemustaka, penataan ruang yang baik, koleksi bahan pustaka yang lengkap, interaksi yang positif antara pemustaka dengan pustakawan, keamanan yang cukup, pelayanan komprehensif, dan pengadaan program tambahan yaitu giveaway. Implikasi strategi yang diterapkan ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan minat kunjung, meningkatkan pengalaman pemustaka, meningkatkan reputasi perpustakaan, dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi pemustaka. Walaupun perlu penambahan sumber daya manusia pada bagian keamanan dan perbaikan sarana, strategi ini dapat meningkatkan minat kunjung pemustaka di Perpustakaan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Strategi ini juga dapat diaplikasikan pada perpustakaan lain yang ingin meningkatkan minat kunjung pemustaka

Keywords


Perpustakaan Perguruan Tinggi; Minat Kunjung; Pandemi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mj.v6i1.8429
Abstract views : 2 times
PDF : 1 times

References


Ali Hasan, N. (2018). Pendidikan dan pelatihan sebagai upaya peningkatan kinerja pustakawan. Libria, 10(1), 95–115.

Amidasti, D., & Triyono, A. (2020). Manajemen perpustakaan sekolah (1 ed.; K. Dewi, Ed.). Sleman: Deepublish.

Anggraeni Rukman, N., & Marimin. (2017). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kinerja pustakawan, dan pengelolaan bahan pustaka terhadap minat membaca. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 291–303.

Anisatun, N., & Jumino. (2019). Tanggapan pemustaka terhadap tata ruang di Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 291–300.

Darmono. (2001). Manajemen dan tata kerja perpustakaan sekolah. Jakarta: Gramedia Widjasarana Indonesia.

Ibrahim, A. (2016). Manajemen dan administrasi perpustakaan.

Ibrahim, A. (2017). Strategi perpustakaan terhadap peningkatan minat kunjung pemustaka di Perpustakaan UIN Alauddin Makassar. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 5(2), 207–221. https://doi.org/10.24252/kah.v5i2a8

Khairunnisa, K., Yumiarti, Y., & Rizkyantha, O. (2022). Strategi Promosi Upt Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa (IAIN Curup). Diambil dari http://e-theses.iaincurup.ac.id/1436/1/Khairunnisa Ica.pdf

Lasa. (2009). Manajemen perpustakaan sekolah. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Maulidiyah, A., & Roesminingsih, E. (2020). Layanan dan fasilitas perpustakaan dalam meningkatkan minat baca peserta didik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(4), 389–400. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/36864

Muah, M. (2017). Strategy improving students’ visit to library through convenience, facilities and collections and interest to read (Case study: Public Library and Archives of Lamongan District). THE SPIRIT OF SOCIETY JOURNAL: International Journal of Society Development and Engagement, 1(1). Diambil dari https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/scj/article/view/455

Muhaimin, Suti’ah, & Prabowo, S. L. (2015). Manajemen pendidikan: Aplikasi dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah/madrasah (1 ed.; Suwito, Ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhtadien, S., & Krismayani, I. (2017). Faktor-faktor penyebab rendahnya minat kunjung siswa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4).

Muliyani, I. (2019). Strategi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung masyarakat di Perpustakaan Daerah Kabupaten Jember (Institut Agama Islam Negeri Jember). Diambil dari http://digilib.uinkhas.ac.id/14389/1/IRANA MULIYANI_T20153072.pdf

NS, S. (2006). Perpustakaan dan masyarakat (1 ed.). Jakarta: CV.Sagung Seto.

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2015). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Rahmah, E. (2018). Akses dan layanan perpustakaan: Teori dan aplikasi. Jakarta: Kencana.

Republik Indonesia, P. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , Pub. L. No. 43 (2007).

Rilatupa, J. (2008). Aspek kenyamanan termal pada pengkondisian Ruang dalam. Jurnal Sains dan Teknologi EMAS, 18(3), 135–198.

Riza, F. A. A., Suryadi, & Suprapto, A. (2017). Strategi promosi perpustakaan khusus: Studi kasus pada Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(12), 2101–2106.

Romadhona, A. G., & Tafrikhuddin, T. (2022). Analisis peningkatan fasilitas keamanan pemustaka di Perpustakaan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada di era new normal. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 16(2), 108. https://doi.org/10.14421/fhrs.2021.162.108-138

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta R&D. In Alfabeta, CV.

Sulistyo-Basuki. (1991). Pengantar ilmu perpustakaan. In Gramedia Pustaka Utama. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suwarno, W. (2011). Perpustakaan dan buku wacana penulisan dan penerbitan (1 ed.). Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Umah, F. (2021). Pengaruh lingkungan sosial dan strata pendidikan. 1(1), 64–72.

Utari, S. (2018). Strategi perpustakaan perguruan tinggi dalam meningkatkan minat baca sebagai upaya mengantisipasi hoax: Studi kasus di Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 219. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.419

Wahdaniah, N. (2016). Strategi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung siswa di SMA Negeri 13 Makassar (UIN Alauddin Makassar). Diambil dari https://core.ac.uk/download/pdf/198216853.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maktabatuna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171