Tahap Analisis Data untuk Profesional Informasi Menggunakan Google Looker Studio
Abstract
Semua informasi yang diperoleh melalui data yang telah dianalisis oleh professional atau spesialis informasi. Profesional informasi menggunakan berbagai alat pendukung yang dapat membantu melaksanakan pekerjaannya dalam melakukan analisis data. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi google looker studio oleh pelaku profesional informasi agar dapat melakukan tugas analisis data sebagai data analyst. Metode penelitian yang dilakukan untuk analisis data untuk profesional informasi menggunakan google looker studio yaitu menggunakan metode eksperimen dengan tahapan sebagai berikut; pengumpulan data, integrasi data dan implementasi data. Implementasi analisis data menggunakan Google Looker Studio memiliki potensi untuk membawa perubahan positif yang signifikan dalam operasional dan kinerja para pelaku profesional informasi. Google Looker Studio diharapkan mampu memberikan informasi secara detail dan memberikan visualisasi data yang menarik, dan para profesional informasi dapat melakukan analisis data dengan lebih mudah.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mj.v6i1.8594
Abstract views : 11 times
PDF : 8 times
References
Academy for Educational Development. (n.d.). Introduction to Data Analysis Handbook Migrant & Seasonal Head Start Technical Assistance Center Academy for Educational Development.
Anggorowati, D.N. & Widayati, R.W. (2017). Peran forum pustakawan dalam pengembangan profesionalisme pustakawan di lingkungan Universitas Gadjah Mada. Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 13(2), 117-130. DOI: 10.22146/bip.27499.
Amazon Web Services (AWS). 2024. AWS Panduan Preskriptif: Praktik terbaik untuk merancang dan menerapkan kasus penggunaan arsitektur data-sentris modern. https://docs.aws.amazon.com/id_id/prescriptive-guidance/latest/modern-data-centric-use-cases/data-lifecycle.html
Cholissodin, I., dan Riyandani, E., 2016, Analisis Big Data, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, Malang.
Fernando, D. (n.d.). (2018). Visualisasi Data Menggunakan Google Data Studio.
Kaur Bhatia, M. (2017). Data Analysis and its Importance. ‖ International Research Journal of Advanced Engineering and Science, 2(1), 166–168.
Khotimah, K. (2020). Pengelolaan Big Data Perpustakaan dengan Teknik Data Mining.Jurnal SIENNA, 1(2), 64-70
Laksmi, L. (2018). Kegiatan pendidikan dan pelatihan profesional informasi di Indonesia selama tahun 2015-2017 dalam membangun profesionalisme. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 177. https://doi.org/10.22146/bip.33471.
Looker Studio. (2023). Mempelajari Looker Studio (Artikel web). Diakses di Tentang panduan "Cara kerja"- Bantuan Looker Studio (google.com)
Pramukti Narendra, Albertus.(2015). Data Besar, Data Analisis, dan Pengembangan Kompetensi Pustakawan. Record and Library Journal, 1(2), 83-93
Romy Firdaus, M., Muhammad Rizki, F., Muhammad Gaus, F., Kusumajati Susanto, I., Ekonomi dan Bisnis, F., Telkom Jl Telekomunikasi Jl Terusan Buah Batu, U., Dayeuhkolot, K., & Barat, J. (2020). Analisis Sentimen Dan Topic Modelling Dalam Aplikasi Ruangguru. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4, 66. http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti
Sutabri, T. (2012). Konsep sistem informasi. Penerbit Andi.
Stuard David. (2020). Practical Data Science for Information Professionals.
Triono, Putra. (2017, Mei 11). 5 Definisi Data Analysis Menurut Para Ahli. Blog Definisi Menurut Para Ahli [Online]. Available: https://definisimenurutparaahli.blogspot.com/2017/04/5-definisi-data-analysis-menurut-para.html
Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Deepublish.
Virkus, Sirje & Garoufallou, Emmanouel. 2020. Data science and its relationship to library and information science: a content analysis. Data Technologies and Applications, Vol. 54 No. 5, pp. 643-663. https://doi.org/10.1108/DTA-07-2020-0167
Yunita, I. (2016). Kompetensi dan budaya kerja pustakawan menghadapi pasar bebas (Global market). Media Pustakawan, Media Komunikasi antar Pustakawan. 23(1), 24- 30.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Maktabatuna
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Print ISSN 2723-0163 - Electronic ISSN 2723-0171