VALIDITAS MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBENTUK VIDEO PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Yuliani Fitri Fitri, Anike Putri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas media pembelajaran berbentuk video pada materi sistem linear dua variabel pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Media pembelajaran video ini dikembangkan menggunakan model prosedural menurut pandangan Alessi & Trollip (2001), yaitu Planning, Design, Development. Hasil dari penelitian ini yaitu media pembelajaran matematika berbentuk video pada materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas X TAV SMKN 5 Padang. Validasi melibatkan tiga orang validator yaitu2 orang dosen pendidikan matematika dan 1 orang guru matematika menggunakan lembar validasi media pembelajaran berbentuk skala likert terhadap video pembelajaran matematika. Hasil penelitian terhadap validitas dinyatakan sangat valid oleh para validator dilihat dari segi aspek isi dan konstruk, yang mana dari aspek isi memperoleh skor rata- rata 3,5 begitu juga aspek konstruk memperoleh skor 3,5 juga.

 

Kata kunci: Validitas, Media Pembelajaran Video, Sistem Persamaan Linear Dua variabel


Keywords


Validitas; Media Pembelajaran Matematika; Video

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1242
Abstract views : 853 times
PDF : 651 times

References


Akker, J. (1999). Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran

Alessi & Trollip. Stephen M. Alessi & Stanley R. Trollip. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts: Slin and Bacon.

Agustania, Anindita. (2014). “Pengembangan Video Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Promosi Dinamis”.Skripsi.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Damarjati, Taufiq. (2016). Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses tanggal 12 April 2020 dari http://psmk.kemdikbud.go.id/konten/1869/konsep-pembelajaran-di-sekolah-menengah-kejuruan

Depdikbud. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Depdikbud. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta.

Ifa Datus Saadah. (2018). “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Animasi Dengan Menggunakan Adobe After Effect”.Skripsi. Tidak dipublikasikan.

Lismurtini. (2013). Media Audio Visual dan Multimedia. Diakses Tanggal 13 April 2020 dari https://lismurtini270992.wordpress.com/2013/06/18/media-audio-visual-dan-multimedia/

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian.Bandung: Alfabeta.

Riyana, Cheppy. (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sungkono, dkk.(2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta:FIP UNY.

Suherman, Erman dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : PT Pema.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.