KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Nia Waziratul Mawaddah, Deswalantri Deswalantri, Haida Fitri

Abstract


Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MTsS Madinatul Munawwarah Bukittinggi dan model pembelajaran yang digunakan guru belum mampu memecahkan masalah tersebut, sehingga salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsS Madinatul Munawwarah Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Data Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah mateatika siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsS Madinatul Munawwarah Bukittinggi Tahun Pelajaran 2019/2020.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika; Student Team Achievement Divisions (STAD)

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1307
Abstract views : 724 times
PDF : 294 times

References


Doorman, M., Drijvers, P., Dekker, T., van den Heuvel-Panhuizen, M., de Lange, J., & Wijers, M. (2007). Problem solving as a challenge for mathematics education in The Netherlands. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 39(5–6), 405–418. https://doi.org/10.1007/s11858-007-0043-2

Fitri, R., Isnaniah, W. A., & Pd, M. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Creative Problem Solving. Math Educa, 4(1), 47–54.

Hamzah, M. A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.

Hartono, Y. (2014). Matematika: Strategi Pemecahan Masalah. Graha Ilmu.

Istarani. (2014). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada.

Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Mathematics Anxiety ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII MTs. Math Educa, 4(1), 103–113.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics: Implication for Administrators.

Rahman, A. F., & Wiliza Yanti. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penggunaan Model CTCYLE (LC) pada Materi Pecahan di Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 2 No. 2, 84.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.

Suagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES(Journal of Mathematics Education and Science), 2 No. 1, 58.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA UPI.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Umar, A. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS IX MTSN 02 TAKENGON. Math Educa, 4(1), 1–13.

Winarni, E. S., & Harmini, S. (2016). Matematika untuk PGSD. PT.Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.