PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF


References
Akramunnisa. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Inside Outside Circle Dengan Metode Bamboo Dancing. Pedagogy, 82-152.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Anitah, Sri. Janet Trineke Manoy, Susanah. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rineka Cipta
Aqib, Zainal. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dian, Mumun, dan Hendri. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Integral. 10(1). 27-39
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fitria, Mawardi dan Suhandi. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2 (1). 76-86
Hanafah, Nanang., dan Suhana, Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Huda, M. (2014). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khamidah, Rizki, Alben Ambarita, dan Sowiyah. (2017). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Tari Bambu terhadap Hasil Belajar Tema Ekosistem. Jurnal Pedagogi. 5(9), 1-10.
Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperaive Learning di Ruang-ruang. Jakarta: Grasindo.
Ngalimun. 2015. Strategi dan Model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanto, Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.
Tim Matematika SMK. 2001. Matematika Untuk SMK. Jakarta : PT. Galaxy Puspa Mega
Ummah, Ghazirah Abdi Ummah. 2002. Fathul Baari Syarah : Shahih Al-Bukhari. Jakarta : Pustaka Azzam.
Vera, Dwi Susanti. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarakan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(1), 71-83
Zuraida. (2015). Pembelajaran Bamboo Dancing Salah Satu Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(1), 120-127.
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.