PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF MATEMATIKA SISWA

Firda Halawati, Aep Saepudin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk: mengetahui penerapan tipe bamboo dancing, untuk mengetahui kemampuan kognitif matematika siswa; untuk mengetahui penerapan tipe bamboo dancing terhadap kemampuan kognitif matematika. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental design. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian menggunakan dua kelas yaitu IVA sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan IVB sebanyak 27 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes pilihan ganda. Soal tes diberikan pada tes awal (pretest) dan soal tes akhir (posttest). Sebelum soal tes diberikan diuji terlebih dahulu instrumen tes berupa, uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesulitan soal, dan daya pembeda soal dianalisis terlebih dahulu. Analisis data pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Independent Samples T-Test yang sebelumnya telah diuji untuk normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan tipe bamboo dancing berjalan dengan baik dan efektif hal ini dapat dilihat dari hasil kenaikan rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan tipe bamboo dancing (2) Data hasil tes awal dan tes akhir dari kedua kelas tersebut dianalisis, diperoleh hasil rata-rata tes awal (pretest) kelas eksperimen sebesar 54,55 dan tes akhir (postest) sebesar 87,14 sehingga terdapat kenaikan sebesar 59,74%. Sedangkan rata-rata tes awal (pretest) kelas kontrol sebesar 53,33 dan tes akhir (postest) sebesar 72,19 sehingga terdapat kenaikan sebesar 35,36%. Hal ini diperkuat dengan uji perbedaan rata-rata (Uji-t) yang diperoleh  >  yaitu 5,324>1,678 dan nilai signifikannya dibawah 0,05 yaitu 0,00<0,05. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,72 yang berkriteria tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,51 yang berkriteria sedang. (3) Berdasarkan hasil ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan  tipe bamboo dancing terhadap kemampuan kognitif matematika.

Keywords


Cooperative Learning, Bamboo dancing, kemampuan kognitif matematika

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1457
Abstract views : 813 times
PDF : 163 times

References


Akramunnisa. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Inside Outside Circle Dengan Metode Bamboo Dancing. Pedagogy, 82-152.

Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Anitah, Sri. Janet Trineke Manoy, Susanah. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rineka Cipta

Aqib, Zainal. (2010). Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dian, Mumun, dan Hendri. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Berbantuan Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Integral. 10(1). 27-39

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Fitria, Mawardi dan Suhandi. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika. 2 (1). 76-86

Hanafah, Nanang., dan Suhana, Suhana. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Huda, M. (2014). Model-Model Pembelajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khamidah, Rizki, Alben Ambarita, dan Sowiyah. (2017). Pengaruh Cooperative Learning Tipe Tari Bambu terhadap Hasil Belajar Tema Ekosistem. Jurnal Pedagogi. 5(9), 1-10.

Lie, Anita. 2014. Cooperative Learning Mempraktikan Cooperaive Learning di Ruang-ruang. Jakarta: Grasindo.

Ngalimun. 2015. Strategi dan Model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suyanto, Slamet. 2008. Strategi Pendidikan Anak. Yogyakarta: Hikayat Publishing.

Tim Matematika SMK. 2001. Matematika Untuk SMK. Jakarta : PT. Galaxy Puspa Mega

Ummah, Ghazirah Abdi Ummah. 2002. Fathul Baari Syarah : Shahih Al-Bukhari. Jakarta : Pustaka Azzam.

Vera, Dwi Susanti. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan Masalah Berdasarakan Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 3(1), 71-83

Zuraida. (2015). Pembelajaran Bamboo Dancing Salah Satu Model Cooperative Learning untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 4(1), 120-127.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.