PENGARUH MODEL MODIFIKASI-APOS TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII MTsN KOTA SOLOK

Dra.Khadijah, M.Pd., Rivdya Eliza, Putri Fajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model Modifikasi-APOS (Action, Process, Object and Schema)  lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional di kelas VIII MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2019/ 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen  dengan desain Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN Kota Solok Tahun Ajaran 2019/ 2020. Sampel yang terpilih kelas VIII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis yang terdiri dari tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil t hitung = 4,11 dan t tabel = 1,65. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan penalaran matematis peserta didik yang menggunakan model Modifikasi-APOS lebih baik daripada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Keywords


Kemampuan penalaran matematis, Modifikasi-APOS

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1674
Abstract views : 429 times
PDF : 290 times

References


Al-Qur’anul karim. (2004). Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung: PT Syamil Cipta Media.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Deni, Darmawan. (2018). Model Pembelajaran Di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Martin, Bernard. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMA Melalui Game Adobe Flash CS 4. Jurnal nasional pendidikan matematika STKIP Siliwangi.

Muchtar. (2004). Penerapan Model Pembelajaran Modifikasi-APOS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa. Jurnal pendidikan matematika UIN Syarif Hidayatullah.

Natalia. (2016). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori Apos Pada Materi Persamaan Kuadrat Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM).

Noviana, W. (2018). Pengaruh Pendekatan M-APOS Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Negeri di kota Tangerang. jurnal riset pendidikan matematika Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shihab, Quraish. (2002) . Tafsir Al-Mishbah. Jakarta: Lentera Hati.

Solihat, Tuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) untuk Materi Program Linear. Skripsi pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika, Bandung: TARSITO

Sumarmo, U. (2013). Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.