EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF


References
Afifah, A., Khoiri, M., Qomaria, N. (2018). Mathematics Preservice Teachers’ Views on Mathematical Literacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 92-94.
Cowan, P. (2006). Teaching mathematics: A handbook for primary and secondary school teachers. New York, NY: Routledge.
Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrech, Netherland: Freudenthal Institute.
Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121-135.
Imelda, Sri. Ratu Ilma Indar Putri. dan Yusuf Hartono. (2013). Investigating Secondary School Students Difficulties in Modeling Problems Pisa – Model Level 5 and 6. IndoMS. Journal Mathematics Education. 4 (1).
Maryanti, E. (2012). “Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekan Metacognitive Guidance”. Tesis. tidak diterbitkan. Bandung: UPI Maryanti, E. (2012). “Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekan Metacognitive Guidance”. Tesis. tidak diterbitkan. Bandung: UPI
Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 18-32).
OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know. Diakses dari http://www.oecd.org
Ralmugiz, U. (2020). Kemampuan Siswa SMP Kota Kupang Dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 38-43.
Ralmugiz, U. & Merliza, P. (2020). Desain Pembelajaran Matematika untuk SMK dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Uwais Inspirasi Indonesia: Ponorogo.
Sugiman. (2009). Pandangan Matematika sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 5 Desember 2009.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: ttps://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/[03 Desember 2019]
Webb, D.C, Kooij, H.V.D., Geist, M.R. (2011). Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College, spring summer 2011, 2, 47-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.