EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Uke Ralmugiz, Mike Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa. Penelitian eksperimen dengan One-Group Pretest-Posttest Design ini dilakukan di MTs N Kota Kupang dengan siswa kelas VIII-H sebagai subjek penelitian. Tiga tahapan utama dalam penelitian ini adalah memberikan pretest literasi matematis, memeberikan pembelajaran matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dan memberikan posttest mengenai literasi matematis siswa. Instrumen yang digunakan adalah instrumen test tentang literasi matematis siswa sebanyak tiga soal essay materi kubus dan balok, baik pretest dan posttest menggunakan indikator soal yang sama, yang membedakan hanyalah redaksi soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t, namun sebelum dilakukan uji t, terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dan homogenitas sebagai syarat melakukan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pretest tidak ada siswa yang tuntas KKM, pada posttest setelah diterapkan pendekatan RME diketahui bahwa sebagian besar siswa telah mencapai mencapai KKM dengan rata-rata hasil literasi matematisnya di atas nilai KKM. Data pretest dan posttest juga diketahui normal dan homogen sehingga dapat dilanjutkan dengan uji t, hasil uji t menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata hasil literasi siswa setelah diterapkan pendekatan RME dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan rata-rata literasi matematis siswa dari pretest ke posttest sebesar 42.83. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan bahwa pendekatan RME efektiv dalam meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa.

Keywords


Realistic Mathematics Education, Literasi Matematis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v4i2.1819
Abstract views : 498 times
PDF : 183 times

References


Afifah, A., Khoiri, M., Qomaria, N. (2018). Mathematics Preservice Teachers’ Views on Mathematical Literacy. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(3), 92-94.

Cowan, P. (2006). Teaching mathematics: A handbook for primary and secondary school teachers. New York, NY: Routledge.

Gravemeijer, K. (1994). Developing realistic mathematics education. Utrech, Netherland: Freudenthal Institute.

Hilaliyah, N., Sudiana, R., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 121-135.

Imelda, Sri. Ratu Ilma Indar Putri. dan Yusuf Hartono. (2013). Investigating Secondary School Students Difficulties in Modeling Problems Pisa – Model Level 5 and 6. IndoMS. Journal Mathematics Education. 4 (1).

Maryanti, E. (2012). “Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekan Metacognitive Guidance”. Tesis. tidak diterbitkan. Bandung: UPI Maryanti, E. (2012). “Peningkatan Literasi Matematis Siswa melalui Pendekan Metacognitive Guidance”. Tesis. tidak diterbitkan. Bandung: UPI

Nolaputra, A. P., Wardono, W., & Supriyono, S. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematika pada Pembelajaran PBL Pendekatan RME Berbantuan Schoology Siswa SMP. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 18-32).

OECD. (2014). PISA 2012 Results in Focus: What 15-years-olds know and what they can do with what they know. Diakses dari http://www.oecd.org

Ralmugiz, U. (2020). Kemampuan Siswa SMP Kota Kupang Dalam Menyelesaikan Masalah HOTS Matematika. Gammath: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 38-43.

Ralmugiz, U. & Merliza, P. (2020). Desain Pembelajaran Matematika untuk SMK dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Uwais Inspirasi Indonesia: Ponorogo.

Sugiman. (2009). Pandangan Matematika sebagai Aktivitas Insani Beserta Dampak Pembelajarannya. Diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 5 Desember 2009.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: ttps://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/[03 Desember 2019]

Webb, D.C, Kooij, H.V.D., Geist, M.R. (2011). Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College, spring summer 2011, 2, 47-52


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.