EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA KONSEP BANGUN RUANG PADA KUE TRADISIONAL LAMPUNG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF


References
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. 1(February), 44–47.
Busrah, Z., & Pathuddin, H. (2021). Ethnomathematics : Modelling the volume of solid of revolution at Buginese and Makassarese traditional foods. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 6(4), 331–351. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i4.15050
Charitas, R., Prahmana, I., Sagita, L., Hidayat, W., & Utami, N. W. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education Research In Indonesia: A Survey. 9(2), 223–246.
Fitriza, R., Afriyani, D., Matematika, T., & Batusangkar, I. (2018). The Exploration of Ethno-Mathematics Embedded on Traditional Architecture of Rumah Gadang Minangkabau. 160(Incomed 2017), 270–276.
Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 94–106.
Indriyani, S. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Pada Aksara Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Julia Dwi Safitri. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Upacara Adat Pernikahan Suku Lampung, Jawa dan Bali. UIN Raden Intan Lampung.
Loviana, S., Islamuddin, A. M., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Merliza, P. (2020). Etnomatematika pada kain tapis dan rumah adat lampung. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 04(1), 94–110.
Melisa, Widada, W., & Zamzaili. (2019). Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Bengkulu untuk Meningkatkan Kognisi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 103–110.
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika : Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21–30.
Nuraida, E. M., & Putri, R. I. I. (2020). The Context of Archipelago Traditional Cake to Explore Stud ents ’ Understanding in Integers Division Class VII. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 91–100.
Pathuddin, H., Kamariah, & Nawawi, M. I. (2021). Buginese Etnomathematics: Barongko Cake Explorations as Mathematics Learning Resources. Journal on Mathematics Education, 12(2), 295–312.
Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya Pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230.
Ralmugiz, U., Merliza, P., Sari, D. K., Yusuf, S. M., & Zulfikar, R. N. (2021). Developing Mathematics Learning Kits Using the RME Approach for Students of Marine Vocational Developing Mathematics Learning Kits Using the RME Approach for Students of Marine Vocational High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1720/1/012016
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2), 32–54.
Rusmayanti, & Sutirna. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada kue tradisional semprong khas dari Karawang. MAJU, 8(2), 76–83.
Sarwoedi, Marinka, D. O., Febriani, P., & Wirne, I. (2018). Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 03(02), 171–176.
Simanjuntak, R. M., & Sihombing, D. I. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Kue Tradisional Suku Batak. 2005, 25–32.
Supriyono, Purwaningsih, W. I., & Saputra, A. F. (2021). Etnomatematika pada alat musik gamelan jawa. Math Educa, 5(2), 135–142.
Zulkardi, Z., Putri, R. I. I., & Wijaya, A. (2020). Two Decades of Realistic Mathematics Education in Indonesia (pp. 325–340). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-20223-1
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.