EKSPERIMENTASI MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA WHATSAPP GROUP TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mej.v7i1.5842
Abstract views : 84 times
PDF : 55 times
References
Djamaludin, A., Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV. Kaffah Learning Center.
Hamdu, G. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 2(1). 412.
Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi & Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 2 (1)
Indah, B. A., Safaruddin. (2022). “Pengembangan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran”. Jurnal Ilmu Terapan. 3(1).
Julaeha, S., Erihardiana, M. (2022). “Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional”. Religion Education Social Loa Roiba Journal. 4(1).
Masykur, R., Nofrizal & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia flash. Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2). 63-67.
Nasution, J., Jalinus, N & Syahrul. (2019). Buku Model Blended Learning. Riau: Unilak Press.
Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z & Sina, I. (2021). “Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Mahasiswa. Jurnal Pemikiran & Pencerahan. 17(1).
Palera, V., Anriani, N & Hasi FS, C. A. (2019). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2). 103-116.
Purnamasari, N. P. Y., Sutayana, IB. A. & Dewi, N. W. D. P. (2021). Penerapan Model Blended Learning berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mahasiswa Pendidikan. 3(1). 7
Rahartri. (2019). WhatsApp Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan PUSPIPTEK. Jurnal Penelitian Pendidikan.
Rahim, U. (2010). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Aljabar Melalui Pendekatan Strukturan Think Pair Share (TPS). Jurnal MIPA. Kendari: Unhulu Kampus Bumi Tridharma.
Rezky, A. P., Mutahharah, A., Sari, F., Irmayati & Fitriani. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas X 2 UPTD SMA Negeri 5 Sinjai Pada Materi Eksponen. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UIN Imam Bonjol. Volume 6(2). 171-178.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suryadi. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Masa Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam. 7(1). 1-22.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta; Kencana.
Sutopo. (2012). Teknologi dan Infrormasi dalam penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Suyitno, S. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pengukuran Teknik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 23(1). 101.
Thorne, K & Mackey, D. (2007). Everything You Needed to Know About Training. London: Kogan Page Pulishers.
Wardani, D. N., Toenlioie, A. J. E & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(1). 14-15.
Wardani, R. K. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 2(4).
Widoyoko, E. P. (2014). Penilaian Hasil Belajar di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.