KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI

Rivdya Eliza, Fenny Susilawati

Abstract


The aim of this study is  to determine the ability of mathematical concepts and self regulated learning of students when teach by inquiry learning models  in class VII SMPN 1 Lembah Gumanti, Solok Regency. The type of this research is Quasy Experiment with Randomized Control Group Only Design research design. Data analysis for the ability to understand mathematical concepts is done by t test, the results obtained are t_calculate (1.85)> ttable (1.68) at an interval of 95% confidence. Because t_count> t_table, H_0 is rejected and H_1 is accepted. Continued data analysis for self regulated learning questionnaire done by non-parametric test obtained H_a (0.214)> H_0 (0.05) then H_0 was rejected and Ha was accepted. It can be concluded that the ability to understand mathematical concepts and the learning independence of students taught with inquiry learning models is higher than the learning independence of students taught with conventional learning models.

Keywords


Inquiry, mathematical concepts ability, self regulated learning

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v3i2.671
Abstract views : 566 times
PDF : 579 times

References


Ahsani (2016). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Iryanti, Puji. (2004). Penilaian Unjuk Kerja. Yogyakarta: Depdiknas

Jawri, Muhammad. (2016). “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta didik Kelas VII SMP N 8 Rambah Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Riau : Universitas Pasir Pangaraian

Kusumah. (1990). Penilaian Angket Kemandirian Belajar Peserta didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Kusumaningtias, I, H. (2011). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Pendekatan Problem Posing Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Peserta didik Kelas Bilingual VIII C SMP N 1 Wonosobo. Skripsi UNY. Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Larasati. (2015). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Lindawati, Sri. (2011). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematis Peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Pelalawan: Arruz Media

Manzilah, Annital. (2013). “Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Dan Kemandirian Belajar Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Godean Yang Diajar Dengan Metode Guided Inquiry Dan Ekspositori”. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Mulyono, Abdurrahman. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Nurhayati, Eti. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Jakarta: Rajawali Press

Proses Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi

Purwanto, Ari. (2013). “Pengaruh penerapan Model pembelajaran inquiry terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Kemandirian belajar Matematika peserta didikn kelas VII SMP N 15 Pekanbaru”. Skripsi. Tidak diterbitkan. Riau : UIN Suska Riau

Risnawati. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Suska Press.

Rostina Sundayana. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta

Rusman. (2011). Model Pembelajaran Mengembangkan Professional Guru Edisi Kedua. Jakarta : PT.Rajawali Press

Sagala. (2014). Berbagai Pendekatan dalam proses peembelajaran. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2006). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sardiman. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospect

.

Suherman, Eman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sumadi, Suryabarata. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Rajawali Press

Sumarni, (2014). Indikator Angket Kemandirian Belajar. Yogyakarta: Arruz Media

Sundari, (2016). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Padang: FMIPA

Suryosubroto. (1993). Proses Belajar Mengajar Disekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta : PT. Kencana

Uyanto, Stanislaus. (2009). Pedoman analisis data dengan SPSS. Yogyakarta : Graham Ilmu


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ruang Jurnal Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: mej.uinibpadang@gmail.com

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.