ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DITINJAU DARI KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. N., & Putri, I. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Keaktifan pada Pembelajaran Cool-Critical-Creative-Meaningful. Math Educa Journal, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mej.v7i1.5855
Asih, J. L., & Prihatnani, E. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Trigonometri dan Penerapan STAD dan TGT Ditinjau Atas Tingkat Kecemasan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.448
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), Article 1b. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757
Fauziah, E. N., Jatisunda, M. G., & Kania, N. (2019). Analisis Kecemasan Matematis Siswa Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 424–429.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), Article 1.
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis kecemasan belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30.
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809–816.
Haniyah, D., & Khusna, H. (2023). Math Anxiety as A Predictor of Math Communication Ability on Senior High School Students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/prima.v7i1.7341
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886
Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006
Kenedi, A. K. (2018). Desain Instrument Higher Order Thingking Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Di Jurusan PGSD. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.440
Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325
Safitri, D. A., Kusumawati, I. B., & Widadah, S. (2020). Analisis Kecemasan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 113–121.
Sari, M. N., Herlina, E., & Huda, U. (2021). Differences In Mathematics Anxiety and Mathematics Connection Ability In Gender Perspective. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 3(1), 52–59.
Sholichah, F. M., & Aini, A. N. (2022). Math Anxiety Siswa: Level dan Aspek Kecemasan serta Penyebabnya. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma, 15(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569
Sukmawati, A., Haris, H., & Mustari. (2019). Persepsi Guru terhadap Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto). SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(2), 157–169.
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 59–65.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.
DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.7239
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal of the Mathematics Education Department
Faculty of Education and Teacher Training
State Islamic University of Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: mej.uinibpadang@gmail.com