ANALISIS KECEMASAN MATEMATIS DITINJAU DARI KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM MENGERJAKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATEMATIS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.7239
Abstract views : 28 times
PDF : 12 times
References
Aini, A. N., & Putri, I. S. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Ditinjau dari Keaktifan pada Pembelajaran Cool-Critical-Creative-Meaningful. Math Educa Journal, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mej.v7i1.5855
Asih, J. L., & Prihatnani, E. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Trigonometri dan Penerapan STAD dan TGT Ditinjau Atas Tingkat Kecemasan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.448
Fadilah, N. N., & Munandar, D. R. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(1b), Article 1b. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2757
Fauziah, E. N., Jatisunda, M. G., & Kania, N. (2019). Analisis Kecemasan Matematis Siswa Madrasah Aliyah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 424–429.
Fauziah, N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Matematika. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.872
Hadi, F. Z., Fathurrohman, M., & Hadi, C. A. (2020). Kecemasan Matematika dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Sekolah Menengah Pertama. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), Article 1.
Haerunnisa, D., & Imami, A. I. (2022). Analisis kecemasan belajar siswa SMP pada pembelajaran matematika. Didactical Mathematics, 4(1), 23–30.
Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 809–816.
Haniyah, D., & Khusna, H. (2023). Math Anxiety as A Predictor of Math Communication Ability on Senior High School Students. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31000/prima.v7i1.7341
Jalal, N. M. (2020). Kecemasan Siswa pada Mata Pelajaran Matematika (Student Anxiety in Mathematics Subjects). J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.886
Julya, D., & Nur, I. R. D. (2022). Studi Literatur Mengenai Kecemasan Matematis Terhadap Pembelajaran Matematika. Didactical Mathematics, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2006
Kenedi, A. K. (2018). Desain Instrument Higher Order Thingking Pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Matematika Di Jurusan PGSD. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.29240/jpd.v2i1.440
Lestari, H., Fitriza, R., & A, H. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxiety) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII MTs. Math Educa Journal, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.15548/mej.v4i1.1325
Safitri, D. A., Kusumawati, I. B., & Widadah, S. (2020). Analisis Kecemasan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 113–121.
Sari, M. N., Herlina, E., & Huda, U. (2021). Differences In Mathematics Anxiety and Mathematics Connection Ability In Gender Perspective. AGENDA: Jurnal Analisis Gender Dan Agama, 3(1), 52–59.
Sholichah, F. M., & Aini, A. N. (2022). Math Anxiety Siswa: Level dan Aspek Kecemasan serta Penyebabnya. JOURNAL OF MATHEMATICS LEARNING INNOVATION (JMLI), 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35905/jmlipare.v1i2.4374
Siagian, S. S., Mujib, A., & Zahari, C. L. (2022). Analisis Tingkat Kecemasan Matematika dalam Pembentukan Konsep Image Siswa. Paradikma, 15(1), 8–13. https://doi.org/10.24114/paradikma.v15i1.34569
Sukmawati, A., Haris, H., & Mustari. (2019). Persepsi Guru terhadap Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) (Studi pada UPT Satuan Pendidikan SMAN 1 Jeneponto). SUPREMASI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14(2), 157–169.
Syafri, F. S. (2017). Ada Apa Dengan Kecemasan Matematika? Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(1), 59–65.
Wahyuni, A. P., Abbas, A. B., & Kukuh, K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 115–122.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The Journal Space of the Mathematics Education Department
Faculty of Education and Teacher Training
State Islamic University of Imam Bonjol Padang
Email: mej.uinibpadang@gmail.com
Math Educa Journal is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.
Based on a work at https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/matheduca.
All rights reserved p-ISSN: 2580-6726 | e-ISSN: 2598-2133