EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA DALAM KEBUDAYAAN TUJUH LIKORAN DI DESA TEMPAPAN HULU KABUPATEN SAMBAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu, G., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2020). Study Etnomatematika Pada Aktivitas Pengrajin Anyaman Bambu Masyarakat Sejangkukng. JPPK: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. 9(9).
Cahyadi, W., Faradisa, M., Cayani, S., & Syafri, F. S. (2020). Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 2(2), 157.
Ginting, B., & Mahara, S. (2022). Peran Guru dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Era Revolusi Industri 4.0 pada Peserta Didik. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Gunawan, H. (2015). Lingkaran Menguak Misteri Bilangan π, Bangun Datar dan Bangun Ruang Terkait dengan Lingkaran. Graha Ilmu.
Kamarullah, K. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.
Karimi, A. (2015). Gerakan Menolak Sembrono. Al-Ahzar Freshzone.
Khairunnisa, A. (2014). Matematika Dasar. PT Rajagrafindo Persada.
Prayitno, B., & Chairani, Z. (2001). Matematika SMU Kelas 3. Penerbit Erlangga.
Safitri, Y., & Yusnita, H. (2020). Pendidikan Islam Di Kesultanan Sambas Awal Abad XX. Jurnal SAMBAS: (Studi Agama, Masyarakat, Budaya, Adat, Sejarah) Journal of Religious, Community, Culture, Costume, History Studies, 3(1), 73-94.
Setiana, D. S., Ayuningtyas, A. D., Wijayanto, Z., & Kusumaningrum, B. (2021). Eksplorasi etnomatematika Museum Kereta Kraton Yogyakarta dan pengintegrasiannya ke dalam pembelajaran matematika. Ethnomathematics Journal, 2(1), 1–10.
Soraya, N., Maryam, M., Syarnubi, S., & Zulhijra, Z. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Moral Akhlak Masyarakat Melayu. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(4), 90-99.
Tentor, P. (2015). Buku Sakti!!! Matematika SMP. Laksana.
DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.8146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal of the Mathematics Education Department
Faculty of Education and Teacher Training
State Islamic University of Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: mej.uinibpadang@gmail.com