EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE DALAM MENGEKSPLOR KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS BERDASARKAN BEHAVIORISME PESERTA DIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425
Ali, N. N., & Lestari, P. (2023). Implementasi Media Interaktif Visual Scratch untuk Mengoptimalkan Kemampuan Kreatif Matematis Siswa SD. 04(1), 18–22.
Ali, N. N., & Ni’mah, K. (2023). Analisis Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Pada Asesmen Kompetensi Minimum-Numerasi. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(2), 267–274.
Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2), 65–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17472
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN NUMERASI DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/JI-MR.V2I1.774
Apriyanto, M. T., & Hilmi, R. A. (2019). Media Pembelajaran Matematika (Mobile Learning) Berbasis Android. Seminar Nasional Penelitian Pendidikan Matematika (SNP2M), 115–124.
Arifin, Y. F., & Nugroho, Y. S. (2023). Website-Based Learning Media on Reading and Numeracy Content for Third Grade Elementary Schools. International Journal of Elementary Education, 7(1), 36–42. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i1.58269
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis kemampuan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal literasi numerasi. Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 472–483. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V6I1.1041
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Experiments, quasi-experiments, single-case research and meta-analysis. Research Methods in Education, 6.
Dazrullisa, D., & Mahdi, T. C. (2019). Pengaruh Media Teknologi sebagai Alat Bantu Pembelajaran Matematika terhada Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Serambi Akademica, 7(7), 1038–1046. http://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/view/1648%0Ahttp://ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-akademika/article/download/1648/1316
Dwi Susanti, W., & Suripah, S. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 78–83.
Elvianti, E., Safaria, S. A., Agus, I., Dedyerianto, D., & La Hadi, A. (2023). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Math Educa Journal, 7(2), 111–120.
Halim, A. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Digital dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 8333–8341.
Kemendikbud. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD.
Kemendikbudristek. (2022). Rapor Pendidikan Publik 2022. Jakarta: Pusat Asesmen Pendidikan-Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan-Kemendikbudristek, https://pusmendik.kemdikbud.go.id/profil_pendidika.
Khoirudin, A., Dwi Styawati, R., & Nursyahida, F. (2017). Profil Kemampuan Literasi Matematika Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Dalam Menyelesaikan Soal Berbentuk Pisa. Aksioma, 8(2), 33. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1839
Muhammad, H. R. E. M. & S. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian. Jurnal PenSil, 9(1), 54–60. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.13453
Mytra, Prima., Asrafiani, Andi., Budi, Ahmad., Hardiana, Hardiana & Irmayanti, I. (2022). Implementasi Teori Belajar Behavioristik dalam Pembelajaran Matematika. JTMT: Journal Tadris Matematika, 3(2), 45–54. https://doi.org/10.47435/jtmt.v3i2.1253
Pangesti, F. T. P. (2018). Menumbuhkembangkan literasi numerasi pada pembelajaran matematika dengan soal HOTS. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education 5.9.
Pradita, A. E. (2021). Evaluasi Usability Dan Perancangan User Interface Menggunakan Heuristic Evaluation Dan Metode Lean Ux Dengan Standar ISO 13407. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah (Vol. 13407).
Purbaningrum, Mayang., Nisa’, Thoiffatul Khusnun., Febriani, Indri Rohmatul F & Kohar, A. W. (2022). Flip-Stik for Flipped Classroom: Statistics Learning E-Module Assisted By Flipbook To Promote Students’ Numeracy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1), 276. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4428
Santrock, J. W. (2021). Psikologi pendidikan.
Sheppard, B. (2023). Designing A Website Based On Human Behaviour (p. https://www.sitecentre.com.au/blog/designing-websi).
Sipayung, Z., & Sihotang, H. (2022). Peranan Belajar Behaviorisme dalam Hubungannya dengan Teknologi Pendidikan Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. https://edukatif.org
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 110-111.
Suprianto, A., Ahmadi, F., Primary, T. S.-J. (2019). The Development of Mathematics Mobile Learning Media to Improve Studentsâ€TM Autonomous and Learning Outcomes. Journal.Unnes.Ac.IdA
Suprianto, F Ahmadi, T SuminarJournal of Primary Education, (2019)journal.Unnes.Ac.Id, 8(1). https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.19641
Wiryana, W. (2022). Design, Perancangan Desain User Interface Berdasarkan User Experience Pada AIS (Academic Information System) Menggunakan Metode User-Centered. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 104. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/65160
York, R. O. (2016). Statistics for human service evaluation. In Sage Publications.
DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.8191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal of the Mathematics Education Department
Faculty of Education and Teacher Training
State Islamic University of Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: mej.uinibpadang@gmail.com