PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH SEGIEMPAT BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENDENT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, D. S. N. (2011). Pemahaman Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif (Tesis Magister Pendidikan Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Altun, A., & Cakan, M. (2006). Undergraduate Students’ Academic Achievement, Field Dependent/Independent Cognitive Styles and Attitude toward Computers. Educational Technology & Society. Vol.9 No.1, pp.289-297.
Anzora. (2013). Pemahaman Siswa SD dalam Menyelesaikan Tugas Klasifikasi Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Matematika (Tesis Magister Pendidikan Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 22, 23, 24 Tahun 2006 Tentang Standart Isi dan Standart Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2007). Materi Sosialisasi dan Pelatihan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). http://203.130.201.221/materi_rembuknas2007/komisi1/subkomisi-3-KTSP.
Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja
Rosda karya, 2009.
Dian, L. S. (2014). Keefektifan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP (Tesis Magister Pendidikan Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Elvianti, E., Safaria, S. A., Agus, I., Dedyerianto, D., & La Hadi, A. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Aplikasi Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Math Educa Journal, 7(2), 111-120.
Guisande, M. A., Paramo, M. F., Tinajero, C., & Almeida, L. S. (2007). Field Dependence-Independence (FDI) Cognitive Style: An Analysis of Attentional Functioning.Vol 19 No 14, pp 572-577. Portugal: University of Santiago de Compostela and University of Minho.
Hastari, R. C. (2008). Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction) untuk Materi Segiempat di Kelas VII SMPN 33 Surabaya (Tesis Magister Pendidikan Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
Haylock, D., & Cockburn, A. (2008). Understanding Mathematic for Young Children. United Kingdom: SAGE Publication.
Ichtiari, A. R., Fisher, D., Rahman, T., & Yatim, S. A. M. (2024). Enhancement of students’ mathematical connection through Knisley mathematics learning model assisted by GeoGebra. Jurnal Elemen, 10(1), 28–42. https://doi.org/10.29408/jel.v10i1.19786
Ismaimuxa, D., Pathuddin, P., & Adawiyah, R. (2024). Mathematical Problem-Solving Proficiency of Students with Musical and Kinesthetic Intelligence. Jurnal Riset Pedidikan Matematika, 10(2)
Jones, S. H., & Wright, M. (2012). Does Cognitive Style Affect Performance on Accounting Examination Question? Global Perspectives on Accounting Education. Vol 9 pp. 31-52. Canada.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 69 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Budaya.
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1). https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Liana, E. (2013). Pengembangan Strategi Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Yang Mengalami Problema Belajar Matematika. http://repository.upi.edu/3838/4/T_PKKH_1004797_Chapter1.pdf.
Miles, M. B., Hubermas, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. SAGE Publications Ltd.
https://books.google.co.id/books?id=3CNrUbTu6CsC&printsec=frontcover&dq=miles+huberman+da
ta+analysis&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiYvLPz8PrnAhUZfX0KHbEXCywQ6AEIKDAA#v=onepage&q=m
iles huberman data analysis&f=false
Minarni, A., Napitupulu, E. E., & Husein, R. (2016). Mathematical understanding and
representation ability of public junior high school in North Sumatra. Journal on
Mathematics Education, 7(1), 43–56.
Molle, J. S. (2000). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Latihan I SPG Ambon dalam Mengerjakan Soal Geometri (Tesis Magister Pendidikan Tidak Dipublikasikan). Universitas Negeri Surabaya.
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA.: National
Council of Teachers of Mathematics.
Nuriadin, I., Kusumah, Y. S., Sabandar, J., & Dahlan, J. A. (2015). Enhancing of students’
mathematical reflective thinking ability through knowledge sharing learning strategy
in senior high. International Journal of Education and Research, 3(9), 255–268.
Onyekuru, B. U. (2015). Field dependence-field independence cognitive style, gender,
career choice and academic achievement of secondary school students in emohua
local government area of Rivers State. Journal of Education and Practice, 6(10), 76–
Polya, G. (1973). How to Solve It : a New Aspect of Mathematical Method. USA: Princeton University Press.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Stylianides, A. J., & Stylianides, G. J. (2007). “Learning Mathematics with Understanding: A Critical Consideration of the Learning Principle in the Principles and Standards for School Mathematics”. The Montana Mathematics Enthusiast. Vol.4 No.1, pp. 103-114.
Sudirman, S., Son, A. L., Rosyadi, R., & Fitriani, R. N. (2020). Uncovering the Students’ mathematical concept understanding ability: a based study of both students’ cognitive styles dependent and independent field in overcoming the problem of 3D Geometry. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 10(1).
Sudirman. (2016). Analisis pemahaman konsep himpunan mahasiswa ditinjau dari asal
sekolah. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 43–52.
Sumartini, T. S., & Priatna, N. (2018). Identify student mathematical understanding ability
through direct learning model. Journal of Physics: Conference Series PAPER,
(012043), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012043
Sutton, M. J. (2003). Problem Representation, Understanding, and Learning Transfer Implications for Technology Education. Purdue University. Tersedia di http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JITE/v40n4/sutton.html.
Wahyudi, G., Suriyati, S., Fitriani, F., & Irmayanti, I. (2024). Analisis Pemahaman Konsep Matemtika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Sinjai. Math Educa Journal, 8(1). https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.8150
Walle, V. D. (2006). Elementary and Middle School Mathematics, 6th edition. Pearson Education
DOI: https://doi.org/10.15548/mej.v8i1.8201
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Ruang Jurnal of the Mathematics Education Department
Faculty of Education and Teacher Training
State Islamic University of Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus Lubuk Lintah, Anduring, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat 25153
Email: mej.uinibpadang@gmail.com