Implementasi Inquiry Based Learning (IBL) pada Topik Gerak Lurus Beraturan (GLB) untuk Meningkatkan Intelectual Skill dan Penguasaan Konsep Siswa

Taufik Hendra, Hurriyah Hurriyah

Abstract


This study aims to determine how the influence of Inquiry Based Learning (IBL) on the topic of Regular Straight Motion (GLB) to Improve Intellectual Skills and Concept Mastery in Class VIII Students. The research method used in this research is experimental research. The study population was 256 people. The sample used was random sampling, in order to obtain a sample of class VIII F of 32 students. The data collection technique used in this study was a test. The data analysis technique is the prerequisite test data analysis. Based on the results of the research conducted, it was found that there was an effect of Inquiry Based Learning (IBL) on the topic of Regular Straight Motion to Improve Intellectual Skills and Concept Mastery in Class VIII Students.

 


Keywords


IBL, Intelectual Skills, Penguasaan Konsep

References


Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta. Rineka Cipta

Cahyono, Indra. 2018. Dampak Strategi Pembelajaran dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (tesis). Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta

Desiana, 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis Siswa (Tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Harsono dan Hastuti.2014.Bagaimana Pendidikan karakter Di selenggarakan Disekolah. Tidak Diterbitkan. Jurnal. Universitas Muhamadya Surakarta

Ismu, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry PheT Pada Materi Teori Kinetik gas Untuk Melatih Ketrampilan Berfikir Kritis siswa SMA. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Kurniawati, Ida.2018. Konsep dan Level Inquiry.Bandung. P4TK IPA

Kustianti, Nurul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Siswa SMP N 4 Balikpapan (tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Jonhson, B Elaine. 2010. CTLContextual Teaching and Learning. Penerjemah Setiawan, Ibnu. Bandung : Kaifa

Kuastianti, Nurul.2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi Pemantulan Cahaya Untuk meningkatkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Siswa SMP N 4 Balikpapan (Tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya

Nasution. 2010. Bebagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ridwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawati, Sri.2016. Keefektifan Pembelajaran IBL Untuk Meningkatkan Self Direct Learning Mahasiswa. Tesis. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soedjono. A. 1989. Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses. Surabaya: Angkasa Baru.

Suyanto.2018. Belajar Cerdas Induksi Elektromagnetik Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Inquiry Based Learning. Jurnal. Semarang.

Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v7i1.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.