Implementasi Inquiry Based Learning (IBL) pada Topik Gerak Lurus Beraturan (GLB) untuk Meningkatkan Intelectual Skill dan Penguasaan Konsep Siswa
Abstract
This study aims to determine how the influence of Inquiry Based Learning (IBL) on the topic of Regular Straight Motion (GLB) to Improve Intellectual Skills and Concept Mastery in Class VIII Students. The research method used in this research is experimental research. The study population was 256 people. The sample used was random sampling, in order to obtain a sample of class VIII F of 32 students. The data collection technique used in this study was a test. The data analysis technique is the prerequisite test data analysis. Based on the results of the research conducted, it was found that there was an effect of Inquiry Based Learning (IBL) on the topic of Regular Straight Motion to Improve Intellectual Skills and Concept Mastery in Class VIII Students.
Keywords
References
Arikunto, S.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto, S.2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatam Praktik. Jakarta. Rineka Cipta
Cahyono, Indra. 2018. Dampak Strategi Pembelajaran dan Motivasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika (tesis). Surakarta. Universitas Muhamadiyah Surakarta
Desiana, 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Terbimbing Untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kritis Siswa (Tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Harsono dan Hastuti.2014.Bagaimana Pendidikan karakter Di selenggarakan Disekolah. Tidak Diterbitkan. Jurnal. Universitas Muhamadya Surakarta
Ismu, 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry PheT Pada Materi Teori Kinetik gas Untuk Melatih Ketrampilan Berfikir Kritis siswa SMA. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
Kurniawati, Ida.2018. Konsep dan Level Inquiry.Bandung. P4TK IPA
Kustianti, Nurul. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Terbimbing Pada Materi Pemantulan Cahaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Siswa SMP N 4 Balikpapan (tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
Jonhson, B Elaine. 2010. CTLContextual Teaching and Learning. Penerjemah Setiawan, Ibnu. Bandung : Kaifa
Kuastianti, Nurul.2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada materi Pemantulan Cahaya Untuk meningkatkan Kemampuan Dasar Bekerja Ilmiah Siswa SMP N 4 Balikpapan (Tesis). Surabaya. Universitas Negeri Surabaya
Nasution. 2010. Bebagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ridwan. 2009. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sardiman. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyawati, Sri.2016. Keefektifan Pembelajaran IBL Untuk Meningkatkan Self Direct Learning Mahasiswa. Tesis. Kediri. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Slameto. 2003. Belajar dan FaktorFaktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Soedjono. A. 1989. Bimbingan Kearah Belajar yang Sukses. Surabaya: Angkasa Baru.
Suyanto.2018. Belajar Cerdas Induksi Elektromagnetik Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Inquiry Based Learning. Jurnal. Semarang.
Sudijono, A. 2010. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono.2012. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Sudjana, N. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido.
DOI: 10.15548/nsc.v7i1.2471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.