Pembelajaran Augmentasi Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Hakikat Sains Sistematis Literatur Review
Abstract
Keywords
References
Maulana, I., Suryani, N., & Asrowi, A. (2019). Augmented Reality: Solusi Pembelajaran Ipa Di Era Revolusi Industri 4.0. Proceedings Of The Icecrs, 2(1), 19-26.
Aryani, P. R., Akhlis, I., & Subali, B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbentuk Augmented Reality Pada Peserta Didik Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Konsep Ipa. Upej Unnes Physics Education Journal, 8(2), 90-101.
Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Berbasis Augmented Reality Sebagai Upaya Mengoptimalkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771-776.
Gjøsæter, T. 2014. Affordances In Mobile Augmented Reality Applications. International Journal Of Interactive Mobile Technologies, 45-55.
R. Behringer, Et. Al..2000 “A Wearable Augmented Reality Testbed For Navigation And Control, Built Solely With Commercial-Off-The-Shelf (Cots) Hardware” Proc.Int’l Symp. Augmented Reality 2000 (Isar’00). Munich,5-6 Oct. 2000, Pp. 12-19.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2).
Azuma, R. T (1997). A Survey Of Augmented Reality. In Presence: Teleoperators And Virtual Enviroments.
Abdurrahman, Liliasari, A. Rusli, &. Bruce Waldrip. 2011. “Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum.” Jurnal Pendidikan Fisika 15(1).
Abdurrahman, Cris Ayu Setyaningsih, And Tri Jalmo. 2019. “Implementating Multiple Representation-Based Worksheet To Develop Critical Thinking Skills.” Journal Of Turkish Science Education 16(1):138–55.
Amali, Khairul, Yenni Kurniawati, And Zulhiddah. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.” Journal Of Natural Science And Integration 2(2):191–202.
Ardiansyah, Sigit, Chandra Ertikanto, And Undang Rosidin. 2019. “Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multiple Representations Pada Materi Fluida Statis Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Journal Pendidikan Fisika 7(2):265–78.
Azizah, Devi Eka Farah, Albertus Djoko Lesmono, And Subiki. 2017. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Disertai Multirepresentasi Pada Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Di Smp.” Pp. 1–6 In Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2017 “Peran Pendidikan, Sains, Dan Teknologi Untuk Mengembangkan Budaya Ilmiah Dan Inovasi Terbarukan Dalam Mendukung Sustainable Development Goals (Sdgs) 2030“. Jawa Timur: Universitas Jember.
Damayanti, S., I. Mahardika, And I. Indrawati. 2016. “Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Animasi Macromedia Flash Disertai Lks Yang Terintegrasi Dengan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma.” Jurnal Pembelajaran Fisika 4(4):357–64.
Fitriyati, Ida, Arif Hidayat, And Munzil. 2017. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Ilmiah Dan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Pembelajaran Sains 1(1):27–34.
Ismet. 2013. “Dampak Program Perkuliahan Mekanika Berbasis Multipel Representasi Terhadap Kecerdasan Spasial Mahasiswa Calon Guru.” Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 9(2):132–43.
Kalvin, Heri, Sri Utami, And Warneri. 2013. “Peningkatan Aktivitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Inkuiri Kelas V Sekolah Dasar 18 Berangan Pale.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 2(8):1–10.
Kelana, Jajang Bayu, And D. Fadly Pratama. 2019. Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas.
Khotimah, Khusnul, I. Dewa Putu Nyeneng, And Feriansyah Sesunan. 2017. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Respon Bahan Ajar Multirepresentasi Terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Pembelajaran Fisika 5(3):1–12.
Mahardika, K. .., A. Setyawan, And D. Rusdiana. 2010. “Kajian Representasi Verbal, Matematik, Gambar Dan Grafis (Vmg2) Dalam Konsep Pengembangan Gerak.” Jurnal Saintifika 12(2):183–93.
Muliandi, Arief, Nur Endah Susilowati, Siti Rahmah, Sri Wahyuni, And Dadi Rusdiana. 2021. “Mrim (Multiple Representation-Based Interactive Multimedia): Is It Good To Improve Students’ Scientific Literacy?” U-Teach: Journal Education Of Young Physics Teacher 2(1):9–21.
Mutiaa, Nur Balqis, And Zuhdan Kun Prasetyo. 2018. “The Effectiveness Of Students’ Worksheet Based On Multiple Representations To Increase Science Process Skills.” International Journal Of Sciences: Basic And Applied Research 41(1):158–66.
Oktaviana, Dira, I. Ketut Mahardika, And Aris Singgih Budiarso. 2020. “The Effectiveness Of Guided Inquiry Learning Assisted By Phet Simulation To Improve The Capability Of Representation Image Of Science Student In Junior High School.” Scienceedu 3(2):43–47.
Permana, Niki Dian. 2018. “Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle 7e Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kinematika Gerak Lurus.” Journal Of Natural Science And Integration 1(1):11–41. Doi: 10.24014/Jnsi.V1i1.5187.
Prain, V., And R. Tytler. 2012. “Learning Through Constructing Representations In Science: A Framework Of Representational Construction Affordances.” International Journal Of Science Education 34(17):2751–73.
Pratiwi, Ana, Husna Amalya Melati, And Rahmat Rasmawan. 2016. “Pengembangan Buku Ajar Pemisahan Campuran Dengan Pendekatan Konstruktivistik Dan Multirepresentasi Kelas Vii Smp.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 4(9):1–12.
Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas. 2009. Panduan Pengembangan Pembelajaran Ipa Terpadu Smp/Mts. Jakarta Pusat: Balitbang Depdiknas.
Puspitasari, Vicka, Wiyanto, And Masturi. 2018. “Implementasi Model Guided Discovery Learning Disertai Lks Multirepresentasi Berbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.” Unnes Physics Education Journal 7(3):18–27.
Sari, Resi Helina, Unang Purwana, And Ika Mustika Sari. 2021. “Penyusunan E-Book Fisika Sma Berbasis Multi Representasi Menggunakan Platform Storyline 3 Pada Materi Getaran Harmonik Sederhana.” Wapfi (Wahana Pendidikan Fisika) 6(1):104–9.
Sitompul, Stepanus Sahala. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Dalam Konsep Ipa/Fisika Dengan Pendekatan Multirepresentasi Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau.” Pp. 165–74 In Seminar Nasional Pendidikan Mipa Dan Teknologi (Snpmt Ii) 2019 “Peningkatan Mutu Pendidikan Mipa Dan Teknologi Di Era Revolusi Industri 4.0.” Pontianak: Fakultas Pendidikan Mipa Dan Teknologi Ikip Pgri Pontianak.
Susilawati. 2012. “Karakter Religius Pembelajaran Ipa.” Media Pendidikan 17(1):98–114.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: 10.15548/nsc.v8i2.3978
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.