Penerapan Model Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Kelas X MIA MAN I Padang

winda aswanida, Hurriyah Hurriyah

Abstract


This study aims to determine the ability of understanding the concept of learners in the learning of physics that apply the model TAI (Team Assisted Individualization) is better than the ability of understanding the concept of learners in the learning of physics that apply learning models group discussion class X MIA MAN I Padang.The population of this researchis class X MIA MAN I Padang Shaded Academic Year 2016/2017 half of the consisting off our classes (X MIA1,X MIA2, X MIA3 andX MIA4). To take samples in this study used a cluster random sampling. Based on calculations, the class X is obtained MIA3 as experimental class and class X MIA2 as the control class. Data collection techniquesused include tests . Data analysis techniques are used to test the hypothesis is by using the t test for normally distributed data and data group homogeneous variance. Based on analysis of data obtained, the cognitive aspects of knowledge competencies average value of the experimental class is higher than the control class. So we can conclude the capability of understanding the concepts of physics learners pad experimental class is better than the control class is the class average experimental physics learning outcomes learners are 83.63 and 81.16 in the control class.

References


Anderson Lorin W, David Rkrathwohl. 2001. Kerangka landasan Untuk Pembelajaran, pengajaran, dan asesmen revis iTaksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ardiyanto David, dkk. 2016. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Team Assisted Individualization (TAI) Dan Student Teams Achivement Divisions (STAD) dengan Pendekatan Saintifik terhadap Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Komputasi Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient (AQ) Siswa. Juernal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4 (3): 510-524.

Ariestika I Made, dkk. 2015. “Penerapan Pembelajaran Koopeartif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Lembar Kerja Siswa

(LKS) Terstruktur Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Matematika”. e-journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3 (1).

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eralita Norma, dkk. 2012. “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Teams Achievement Divisions (STAND) dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS Terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Koloid Kelas XI SMAN Kebakkramat Tahun Ajaran 2011/2012”. Jurnal Pendidikan Kimia, 1 (1): 59-66.

Hamdani Dedi, dkk. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Generatif dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VII Di SMP Negeri & Kota Bengkulu”. Jurnal Exacta, X

(1):79-88.

Hermawan Heri, dkk, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN 4 Bajungan Pada Operasi Hitung Campuran”. Jurnal Kreaktif Tadulako Online, 4 (9): 44-59.

Istarani, Ridwan Muhammad, 2014. “50 Tipe Pembelajaran Kooperatif”.

Edisi Pertama. Medan: CV Media Persada.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran : Isu-Isu Metodis dan Paragmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta.

Najah, F. N, dkk. 2015. “Komparasi Pemahaman Konsep Siswa SMP Tentang Hukum Archimedes Antara Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Team Assisted Individualization (TAI) Pendekatan Saintifik”.Unnes Physics Education Journal, 4 (2): 57-61.

Prasetyarini, Ayomi, dkk. 2012. “Pemanfaatan Alat Peraga IPA Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Bulu Pesantren Kebumen Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (1): 7-10.

Putri, Sari Desiana, dkk. 2014. “Pengaruh Penerpan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams-Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 16 Padang”,Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (3): 26-31.

Rejeki Guyup Sri, dkk. 2013. “Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Peta Konsep Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta TahunPelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan Kimia, 2 (3): 175-181.

Riyanti Ana, dkk. 2016. “Pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa SMP Tema Kalor”. Unnes Science Education Journal, 5 (2): 1269-1277.

Rohmah Atika Nur, Yuyarti. 2015. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Team Assisted Individualization Berbantuan Multimedia”. Joyful Learning Journal, 4 (2): 1-7.

Romiyati, Asif, dkk, ”Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Fisika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Individualisation (TAI) Pada Siswa SMP Negeri 2 Kepil Wonosobo”.Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1): 49-51

Selamet k, dkk, 2013.“Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT Terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP”.e-journal Progam Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, vol 3.

Shillahaque Galih Prismasari, dkk. 2015.“Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Key-Relation Chart (KR-Chart) Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (4): 80-86.

Siswanto Yudi, Aisyah Endah Palupi. 2013. “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Memelihara Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu”. Journal PendidikanTeknikMesin, 01 (03): 72-79.

Slavin, Robert E. 2005. COOPERATIF LEARNING: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar, Jakarta : PT Kharisma Putra Utama.

Trianto .2014, Model PembelajaranTerpadu: Konsep,Strategi,dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuanpendidikan (KTSP).

Jakarta BumiAksara.

Vitria Lativah Nurul, dkk. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Koopearatif Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Handout Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (4): 59-65.

Wahidati, Syafriani. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI ( Team Assisted Indivisualization) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Materi Kalor Di SMP N 16 Semarang Tahun Pelajaran 2010/201. Skripsi Tidak Diterbitkan. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.

Wahyuning, k arie, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe “TAI” Dengan Teknik Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Dengan Pengendalian Kemampuan Penalaran Formal Siswa Kelas VIII Bilingual SMP RSBI Denpasar”, Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar PascasarjanaUndiksha, Vol 3

Wardani, chindy aryani,dkk. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas VII Tahun Ajaran 2014/2015 Di SMP Negeri 1 Banjar”, Jurnal Edutech, 1 (2).

Wati Yuli Ratna, dkk. 2014. Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dengan Media Komik Terahadp Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2012/2013”. Jurnal Pendidikan Kimia, 3 (2): 16-21.

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta :Kencana Prenada Media


Full Text: PDF PDF

DOI: 10.15548/nsc.v3i1.403

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Natural Science Journal