Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) Disertai Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Man Linggo Sari Baganti

Raudhatul Jannah, Annike Nuella

Abstract


This research is motivated by the lack of physics students learning outcomes. The learning process which tends to be centered on teachers lead students do not actively find ideas. Students are less dare argue or ask questions. This study aims to determine whether the results of learning physics students through Guided Inquiry learning model with Mind Map better than conventional learning in class X MAN Linggo Sari Baganti. This study is quasy experiment, with the study design randomized control group only design. The population in this study is a class X MAN IPA Linggo Sari Baganti Academic Year 2016/2017 consisting of 2 classes (X IPA1 and X IPA2). The conclusion shows that physics student learning outcomes by implementing Guided Inquiry learning model with Mind Map better than conventional teaching in class X MAN Linggo Sari Baganti with average physics student learning outcomes in the cognitive domain the experimental class 83.8 and 78.4 the control class

References


Ambarsari, Wiwin. 2012. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Pelajaran biologi Siswa Kelas VIII SMPN 7 Surakarta. USM : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Andarti, Asti. 2015. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Dengan Mind Mapping Pada Pembelajaran Sistem Pertahanan Tubuh. Uns : Fakultas Matematika dan IPA

Azizah, Nurul, Dkk. 2013. Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X C Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014.

Deta, UA, Dkk.2013. Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek, Kreativitas, Serta Keterampilan Proses Sains Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9: 28-34

Fauziah, Ryani, 2016. Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Pada Konsep Fluida Statis. Tersedia Online di EDUSAINS, 8 (1): 1-8

Hilman. 2014. Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Mind Map terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 2 (4) 221-229

Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta : Pustaka belajaran

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inivatif. Medan : Media Persada

Jauhar, Mohammad. (2011).Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Mahardika, Eka, Dkk. (2013). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Mind Maping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X MIA SMA Nasional Malang. Semarang : Universitas Negeri Malang

Maliyah, ninik, dkk. (2012). Pembelajaran Fisika Dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Diskusi Ditinjau Dari Kemampuan Matematik Dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 1, (3): 227-234

Ningrum, Dwi Wahyu. (2015). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI Yang Menggunakan Metode Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Dan Metode Pembelajaran Peta Konsep (Concept Mapping). Prosiding Seminar Nasional Fisika, 4 (1) 1-6

Nurlia, Dkk. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Suhu Dan Kalor. Gorontalo: Fakultas Matematika Dan IPA

Rahmani, Dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatakan keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa Sekolah Dasar.Jurnal Pencerahan, 10 (2): 74-80

Robih, Mohammad. (2015).Pengaruh Penarapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Beljar Siswa Di SMKN 1 Lamongan. UNS : Fakultas Ekonomi

Simatupang, Sehat. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Semester II SMAN 8 Medan T.P 2013/2014. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 1 (1):34-41

Sisdiknas. (2009). Undang-undang Sisdiknas. Jakarta : Sinar Grafika

Sofiani, Erlina. (2011). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inkuiry) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Konsep Listrik Dinamis.

Sriyanti. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Inkuiri Terbimbing Di Kelas V SDN Terbahsari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Suardiantini, ni putu nita. (2014). Pengaruh penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing (guided inquiry) divariasikan dengan media mind mapping terhadap minat belajar biologi siswa kelas VII smp pgri 4 Denpasar tahun ajaran 2013/2014

Suardika, Komang. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. MIPA UNDIKSHA Singaraja : Fakultas Pendidikan Fisika

Sudjana, Nana. 2002. Strategi Belajar Mengajar.Bandung : Tarsito.

Trianto (2008). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Priono, Agus dkk (2014.) Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA N 3 Lubuk linggau Tahun Pelajaran 2014/2015.

Wahyudi, Luthfi Eko. (2013). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Pada Pokok BahasanKalor Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar DiSMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2 (2): 62-65

Yusman, Ade. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Pokok Bahasan Gerak. UIN : Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v3i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Natural Science Journal