Pengaruh Metode Jigsaw terhadap Hasil Belajar IPA di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Keywords
References
Anantyarta, P., & Avanty, D. (2021). Analisis Kesiapan Belajar Dan Metakognitif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bioeducation, 9(1), 1. https://doi.org/10.29406/.v9i1.2851
Chintia, Y. F. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Model Guided Discovery Learning pada Kelas XI SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. 7(2), 89–95. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/12019/
Fajuri. (2019). Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalamupaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I Sd Negeri 27 Ampenan. Jurnal Paedagogy, 6(1), 20–26.
Fitriana, C. L., & Diplan, D. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 7–11. https://doi.org/10.33084/tunas.v3i2.568
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(2), 01. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Istiqomah, I., & Ramli, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Iis 3 Sma Negeri 1 Tikep. Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi, 4(3), 89. https://doi.org/10.36709/jppg.v4i3.8345
Mashadi, M. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Tubuh Sehat melalui Metode Pembelajaran Jigsaw (Penelitian Tindakan Kelas Peserta Didik Kelas I Semester 1 SDN Ngiyono Tahun Pelajaran 2016/2017). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 116–122. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33818
Nahgiyah, E. (2019). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Journal of Education Action Research, 3(3), 201. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.17370
Nursyidah, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 4(2), 146–162. https://doi.org/10.47766/idarah.v4i2.1039
Putra, I. B. P. A., Pujani, N. M., & Juniartina, P. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(2), 80. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i2.17215
Sari, M., & Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Sari, N., & Rahman, N. (2018). Peningkatan Motivasi dan Kemampuan Kognitif IPA melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(1), 34. https://doi.org/10.24905/psej.v3i1.880
Urwati, K., Ernita, N., & Yahdi, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton Kelas X di MA Darul Muhajirin Praya. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 82. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.7673
Utariasih, L. J. (2018). Pengaruh Jigsaw Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Di Sd Gugus V. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.23887/ijerr.v1i2.14705
Wati, N. H. (2019). ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 11 Ujan Mas”. Jurnal PGSD, 12(1), 41–48. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.41-48
Willy Yuberto Andrisma, S. . (2007). Metadata, citation and similar papers at core.ac.u 1. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2007), 1–13. https://core.ac.uk/download/pdf/11715904.pdf
DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5762
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.