Tingkat Literasi Sains Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sungai Penuh

Sri Asmaturisa, Ramadani Ramadani, Dinyah Rizkiyanti Zebua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sungai Penuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan disain cross-sectional survey design. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi yang diguanakan dalam penelitian ini adalah peserta didik Kelas XI dan XII IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 dan XI dan XII IPA Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Sungai Penuh yang berjumlah 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Hasil Penelitian: Tingkat literasi sains Peserta didik kelas XI IPA MAN 1 dan 2 Sungai Penh secara umum berada pada kategori sedang, dengan persentase 58,66% untuk MAN 1 dan 47,40% untuk MAN 2 Sungai Penuh. Tingkat literasi sains Peserta didik kelas XII MAN 1 dan MAN 2 Sungai Penuh ,berasarkan soal PISA berada pada kategori sedang, dengan persentase masing-masing sebesar 62,62 % untuk MAN 1 dan 39% untuk kelas XII IPA MAN 2. Tingkat literasi sains Peserta didik MAN Sungai Penuh secara umum adalah sedang, dengan rata-rata nilai sebesar 54,65

References


Cara Gormally, Brickman, P., & Lutz., M. (2012). Developing a Test of Scientific Literacy Skills (TOSLS): measuring undergraduates’ evaluation of scientific information and arguments. 364–377. https://doi.org/10.1187/cbe.12-03-0026

Choiroh, N. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring/E-Learning Dalam Pandangan Siswa. UIN Surakarta. https://iain-surakarta.ac.id/efektifitas-pembelajaran-berbasis-daring-e-learning-dalam-pandangan-siswa/

Elsy, Z. (n.d.). Literasi Sains Dan Pendidikan.

Fanata, M. R., Widjiasih, A. E., & Setiawan, R. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. 1–27.

Hasan, E. N., Rusilowati, A., & Astuti, B. (2018). Analysis of Students Science Literacy Skills in Full Day Junior High School. Journal of Innovative Science Education, 7(2), 237–244. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/25825

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Kemendikbud, B. (2019). Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang KEMENDIKBUD, 021, 1–206. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/16742

Lestari, H. (2020). Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Blog. Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2b), 597–604. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2b.769

OECD. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framewoek.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433–440. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5767

Refbacks



Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.