Analisis Bibliometrik Efikasi Diri Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia Daring

Khairiatul Muna, Muhammad Bahit

Abstract


Pembelajaran daring dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan pesat dengan berbagai macam platform yang ditawarkan. Pembelajaran daring merupakan sebuah metode pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet dan perangkat digital seperti komputer dan smartphone. Pembelajaran daring bukanlah sesuatu yang baru dalam sistem pendidikan, beberapa lembaga pendidikan khususnya di Indonesia telah lama menawarkan pembelajaran daring dengan berbagai macam media yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Meskipun pembelajaran daring belum bisa sepenuhnya menggantikan metode pembelajaran secara tatap muka, namun saat pandemi Covid-19 seperti saat ini semua lembaga-lembaga pendidikan menerapkan sistem pembelajaran secara daring. Berdasarkan hasil analisis penulis yang paling banyak melakukan publikasi artikel terkait self efficacy atas nama ushel dan parera. kata kunci yang memiliki korelasi dengan self efficacy learning dan teaching self efficacy. Sementara kutipan penelitian yang paling banyak dilakukan citation atas nama Marjolein Zee pada tahun 2016. Dan hasil analisis PageRank yang tinggi yaitu Marjolein Zee sebanyak 195

Keywords


Efikasi diri; pembelajaran online; kimia

References


Amirul, S. M., Shahida, N., Fatah, A., & Amirul, S. R. (2020). Evaluating the Online Learning Effectiveness amid Covid-19 : A Preliminary Analysis. December.

Baanu, T. F., & Oyelekan, O. S. (2016). Self-Efficacy and Chemistry Students ’ Academic Achievement in Senior Secondary Schools in North-Central , Nigeria. Journal of Educational Science, 4(1), 43–52.

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Universitas Terbuka.

Ellegaard, O., & Wallin, J. A. (2015). The bibliometric analysis of scholarly production: How great is the impact? Scientometrics, 105(3), 1809–1831.

Fahimnia, B., Sarkis, J., & Davarzani, H. (2015). Green supply chain management: A review and bibliometric analysis. International Journal of Production Economics, 162, 101–114.

López Vargas, O., & Triana Vera, S. (2013). Efecto de un activador computacional de autoeficacia sobre el logro de aprendizaje en estudiantes de diferente estilo cognitivo. Revista Colombiana de Educación, 1(64), 225–244.

Mahmoodi, Z., Esmaelzadeh- Saeieh, S., Lotfi, R., Baradaran Eftekhari, M., Akbari Kamrani, M., Mehdizadeh Tourzani, Z., & Salehi, K. (2017). The evaluation of a virtual education system based on the DeLone and McLean model: A path analysis. F1000Research, 6(0), 1631.

Tanudjaja, I., & Kow, G. Y. (2018). Exploring Bibliometric Mapping in NUS using BibExcel and VOSviewer. IFLA WLIC Kuala Lumpur, 1–9.

Tsai, C. H., & Peng, K. J. (2017). The fintech revolution and financial regulation: The case of online supply-chain financing. AsianJLS.

Velasco, B., Eiros, J. M., Pinilla, J. M., & San Román, J. a. (2012). La utilización de los indicadores bibliométricos para evaluar la actividad investigadora. Aula Abierta, 40(2), 75–84.

Zhou, L., Zhang, L., Zhao, Y., Zheng, R., & Song, K. (2020). A scientometric review of blockchain research. Information Systems and e-Business Management.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.