Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) Fisika Dasar Berbasis Pendekatan Scaffolding Terintegrasi Alquran untuk Mahasiswa MIPA
Abstract
Keywords
References
Ainiyah, Q. K. (2017). Konsep Kesatuan Iman, Iptek dan Amal Menuju Terbentuknya Insan Kamil dalam Perspektif Pendidikan Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2(Nomor 2, Januari-Juni), 77–114.
Barizi, A. (2011). Pendidikan integratif: Akar tradisi dan integrasi keilmuan pendidikan Islam. UIN-Maliki Press.
Eurika, N. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Materi Populasi Hewan. Didaktika, Vol. 11 No, 75–82.
Fitriani, F. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa Berbasis Eksperimen Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 199–203. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.217
Hasmidyani, D. F. (2016). Pendekatan Scaffolding Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Profit, 3(1), 87–100.
Lizelwati, N., & Chandra, A. N. (2019). Developing instructional devices of general physics practicum integrated with Al-Quran for department of physics education IAIN Batusangkar. Journal of Physics: Conference Series, 1185(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1185/1/012039
Maknun, J., Lliasari, Suprapto, B., & Djohar, A. (n.d.). Efektivitas Program Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) Bidang Keahlian Teknik Bangunan dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep-Konsep Fisika Topik Besaran dan Satuan. 1–10.
Murdani, E. (2020). Hakikat Fisika dan keterampilan proses Sains. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 72–80. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JFI/article/view/22195
Nurfinda. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika Angkatan 2018 Pada Matakuliah Fisika Dasar 1 Uin Alauddin Makassar [UIN Alauddin Makasar]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/19502/1/Nurfinda.pdf
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258
Rusman. (2018). Model-model pembelajaran : mengembangkan profesionalisme guru (Edisi Ke 2). Rajawali Pers,.
Saanatun. (2017). Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Menggunakan Komik Fisika dan Kreativitas terhadap Keterampilan Proses SAINS. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 8–12.
Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468
Winarti, W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Islam-Sains Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Spiritual Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(2), 54. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i2.12
DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.