Penggunaan PhET Simulasi pada Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-Fb) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fisika SMA/MA

Junita Laura Harianti, Milya Sari, Pipi Deswita

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk melihat penggunaan PhET simulasi pada pembelajaran fisika yang diajarkan dengan MBL-Fb terhadap KPS peserta didik di SMA. Metode penelitian menggunakan counterbalance design. Populasi seluruh kelas XI IPA SMA N 1 VII Koto Sungai Sarik tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi untuk melihat proses KPS dalam pembelajaran, dan tes essay untuk melihat capaian KPS siswa di akhir pembelajaran. Analisis data hasil observasi menggunakan statistik deskriptif, sedangkan data hasil tes untuk uji hipotesis menggunakan uji t Two-Sample Assuming Equal Variances berbantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil observasi menunjukkan kelas MBL-fb yang menggunakan PhET simulasi memperoleh capain KPS yang lebih baik dibandingkan kelas MBL-fb tanpa PhET simulasi. Rata-rata hasil tes KPS peserta didik dengan PhET Simulasi memperoleh nilai 72,24 sedangkan untuk yang tidak memakai phet simulai memperoleh nilai 66,55. Hasil uji hipotesis dengan uji t:Two-Sample Assuming Equal Variances diperoleh nilai thitung 2,25 dan ttabel 1,67. Hasil ini menunjukkan bahwa, penggunaan PhET simulasi pada pembelajaran dengan MBL-fb memberikan capaian KPS peserta didik yang lebih baik pada pembelajaran fisika terutama pada materi elastisitas dan hukum hooke dan fluida statis.

Kata Kunci: Model Blended Learning; Facebook; PhET Simulasi; Keterampilan Proses Sains

References


Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi Fkip Ums Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), 71–78. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9816

Airlanda, G. S. (2016). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis hsps dipadukan blended learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 1–5.

Ananda, M. D. (2019). Effectiveness of Physics Edutainment Learning with PhET Media on Science Process Skills of Students. 120–126.

Ananda, M. D., Sari, M., & Roza, M. (2017). Efektivitas Pembelajaran Physics Edutainment dengan Bantuan Media PhET terhadap Kemampuan Berfikir Logis Peserta Didik. 7(2), 103–110.

Asmendri, Milya Sari, Fadriati, Nurhasnah, Media Roza, Abhanda Amra, and Tasya Tsalsabillah. (2022) . "The using of Facebook in blended learning in higher education: A students perception", AIP Conference Proceedings 2524, 060001 https://doi.org/10.1063/5.0117778

Chitra, Chantika Wahyuni. (2022). Penerapan Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-fb) terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 1 Bungo.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics education students ’ science process skills. 8(2), 293–298. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.28646

Firdaus, L., & Mirawati, B. (2017). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran: Suatu Tinjauan Teoretis. Online Encyclopedia, 1, 1–4.

Fitriana, A. (2020). Penggunaan Blended Learning pada Pembelajaran Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 32–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Haka, N. B., Pratiwi, V. D., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Self Regulation Biologi Kelas XI : Pengaruh Model Auditory, Intellectually dan Repatition (AUDI-IR). Journal Of Biology Education, 3(1), 16. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i1.6922

Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student’s learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learningterhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2097–2107.

Kartika, Puput. (2020) “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Blended Learning Dengan Facebook (MBL Fb) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA/ MA”. Skripsi (tidak dipublikasikan), T-IPA Fisika. FTK UIN IB Padang

Laelawati, M., & Sulistyaningsih, D. (2021). Analisis Model Blended POE2WE terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penggunaan Laboratorium Virtual Pada Materi Dualisme Gelombang Partikel. 12(1), 83–89. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7162

Mindawati, T., & Nana, N. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 157–164. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.5802

Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240

Neneng, L., & Gunawan, Y. E. (2022). Pengembangan LKS blended learning berbasis web pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sains.

Ngadinem, N. (2019). Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017a). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104.

Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017b). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas Xii Ipa Di Sma Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1267

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103

Sari, M. (2014). The Use of Facebook in Blended Course in Teacher Training College. Al-Ta'Lim Journal, 21(2), 145–153.

Sari, M., Fauzan, A., & Barlian, E. (2018). The Model Development of Blended Learning by Using Facebook ( MBL-fb ) at Teacher Training and Educational Collage in the Institutional of Islamic Colleges. In: The 2nd International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology. UNRI.

Sari, Milya. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blended Learning dengan facebook (MBL-fb). Sleman: DEEPUBLISH

Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2015). EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), 258. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.270

Simamora, R. E., Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2022). Penggunaan Virtual Laboratory secara Daring pada Praktikum Fluida Statis di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 108. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4377

Susatyo, E. B., Yuli, D., & Damanik, F. (2021). Pengembangan E-Laboratory Instruction Model Guided Inquiry Berbasis Blended Learning Pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2754–2763.

Wahyono, U. (n.d.). Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division ( STAD ) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. 2(1), 8–13.

Wibowo, vinda syavira, & Nurharyati, S. (2019). Analisis keterampilan proses sains melalui guided inquiry blended learning pada materi larutan penyangga. Journal of Chemistry In Education, 8(2252–6609), 2–9.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.