Penggunaan PhET Simulasi pada Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-Fb) terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Fisika SMA/MA
Abstract
Kata Kunci: Model Blended Learning; Facebook; PhET Simulasi; Keterampilan Proses Sains
References
Agustina, P., & Saputra, A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (Kps) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Matakuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi P. Biologi Fkip Ums Tahun Ajaran 2015/2016). Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 3(0), 71–78. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9816
Airlanda, G. S. (2016). Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis hsps dipadukan blended learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa XI IPA SMA Kristen Petra Malang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 4(1), 1–5.
Ananda, M. D. (2019). Effectiveness of Physics Edutainment Learning with PhET Media on Science Process Skills of Students. 120–126.
Ananda, M. D., Sari, M., & Roza, M. (2017). Efektivitas Pembelajaran Physics Edutainment dengan Bantuan Media PhET terhadap Kemampuan Berfikir Logis Peserta Didik. 7(2), 103–110.
Asmendri, Milya Sari, Fadriati, Nurhasnah, Media Roza, Abhanda Amra, and Tasya Tsalsabillah. (2022) . "The using of Facebook in blended learning in higher education: A students perception", AIP Conference Proceedings 2524, 060001 https://doi.org/10.1063/5.0117778
Chitra, Chantika Wahyuni. (2022). Penerapan Model Blended Learning dengan Facebook (MBL-fb) terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMAN 1 Bungo.
Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Irdianti, I. (2019). Physics education students ’ science process skills. 8(2), 293–298. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.28646
Firdaus, L., & Mirawati, B. (2017). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran: Suatu Tinjauan Teoretis. Online Encyclopedia, 1, 1–4.
Fitriana, A. (2020). Penggunaan Blended Learning pada Pembelajaran Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 32–38. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018
Haka, N. B., Pratiwi, V. D., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Self Regulation Biologi Kelas XI : Pengaruh Model Auditory, Intellectually dan Repatition (AUDI-IR). Journal Of Biology Education, 3(1), 16. https://doi.org/10.21043/jobe.v3i1.6922
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The effect of blended learning on student’s learning achievement and science process skills in plant tissue culture course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12134a
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui, D. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learningterhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2097–2107.
Kartika, Puput. (2020) “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Blended Learning Dengan Facebook (MBL Fb) Terhadap Literasi Sains Peserta Didik di SMA/ MA”. Skripsi (tidak dipublikasikan), T-IPA Fisika. FTK UIN IB Padang
Laelawati, M., & Sulistyaningsih, D. (2021). Analisis Model Blended POE2WE terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penggunaan Laboratorium Virtual Pada Materi Dualisme Gelombang Partikel. 12(1), 83–89. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7162
Mindawati, T., & Nana, N. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(2), 157–164. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i2.5802
Nande, M., & Irman, W. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 180–187. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.240
Neneng, L., & Gunawan, Y. E. (2022). Pengembangan LKS blended learning berbasis web pada materi pencemaran lingkungan untuk meningkatkan keterampilan proses sains.
Ngadinem, N. (2019). Penggunaan Media Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26850
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017a). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi fotosintesis kelas XII IPA Di SMA Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104.
Novitasari, A., Ilyas, A., & Amanah, S. N. (2017b). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Fotosintesis Kelas Xii Ipa Di Sma Yadika Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 91–104. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i1.1267
Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: SIMULASI INTERAKTIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10–14. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.103
Sari, M. (2014). The Use of Facebook in Blended Course in Teacher Training College. Al-Ta'Lim Journal, 21(2), 145–153.
Sari, M., Fauzan, A., & Barlian, E. (2018). The Model Development of Blended Learning by Using Facebook ( MBL-fb ) at Teacher Training and Educational Collage in the Institutional of Islamic Colleges. In: The 2nd International Conference on Mathematics, Science, Education and Technology. UNRI.
Sari, Milya. (2019). Mengenal Lebih Dekat Model Blended Learning dengan facebook (MBL-fb). Sleman: DEEPUBLISH
Setiadi, R., & Muflika, A. A. (2015). EKSPLORASI PEMBERDAYAAN COURSEWARE SIMULASI PhET UNTUK MEMBANGUN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(2), 258. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i2.270
Simamora, R. E., Suyatna, A., & Ertikanto, C. (2022). Penggunaan Virtual Laboratory secara Daring pada Praktikum Fluida Statis di Masa Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 108. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4377
Susatyo, E. B., Yuli, D., & Damanik, F. (2021). Pengembangan E-Laboratory Instruction Model Guided Inquiry Berbasis Blended Learning Pada Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2754–2763.
Wahyono, U. (n.d.). Perbandingan Hasil Belajar Fisika antara Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction ( ATI ) dengan Model Pembelajaran Student Teams Achievment Division ( STAD ) pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ampana Kota. 2(1), 8–13.
Wibowo, vinda syavira, & Nurharyati, S. (2019). Analisis keterampilan proses sains melalui guided inquiry blended learning pada materi larutan penyangga. Journal of Chemistry In Education, 8(2252–6609), 2–9.
DOI: 10.15548/nsc.v9i1.5891
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.