Penggunaan Multimedia Interaktif dengan Model Children Learning In Science untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Kelas XI

Nukhbatul Bidayati Haka, Desta Suci Ramadani, Hardiyansyah Masya, Nur Hidayah

Abstract


Tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui apakah model Children Learning In Science berbasis multimedia interaktif mempengaruhi kemampuan berpikir kritis serta minat belajar Biologi siswa kelas XI. Riset ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan jenis penelitian quasi experiment. The matching pretest-posttest design digunakan sebagai desain penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling dimana sampelnya merupakan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen, serta satu kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 3. Riset ini memakai teknik pengumpulan data yakni soal tes kemampuan berpikir kritis, angket minat belajar siswa, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Children Learning In Science berbasis multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi dengan N-Gain sebesar 0,57 dan terkategori sedang pada kelas eksperimen, uji manova menunjukkan nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,006 ≤ 0,05, serta ada pula pengaruh model Children Learning In Science berbasis multimedia interaktif terhadap minat belajar siswa kelas XI pada Mata Pelajaran Biologi dengan N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,31 yang mana masuk kategori sedang, uji manova nya menampilkan nilai probabilitas (sig.) sebesar 0,000 ≤ 0,05.

Keywords


Children Learning In Science; Interactive Multimedia; Critical Thinking; Interest In Learning.

References


Agustini, R., & Sucihati Meysurah. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Literasi Digital Sebagai Strategi Menuju Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikn Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 624–633.

Anggraeni, H., Rahayu, S., Rusdi, & Ichsan, I. Z. (2018). Pengaruh Reciprocal Teaching dan Problem Based Learning Terhaap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA pada Materi Sistem Reproduksi. Biota Biologi Dan Pendidikan Biologi, 11(1), 77–95.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1), 23–32.

Budiningsih, N. P. E. A., & Ardana, i K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 73–83.

Chrestella, D., Haka, N. B., & Supriyadi. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Regulation Peserta Didik Melalui Pembelajaran Menggunakan Model Multipel Representasi. Jurnal Bio Educatio, 6(2), 27–43.

Darwis, N. A., Ali, M. S., & Helmi. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Minat Belajar Fisika, Kepercayaan Diri, dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Gowa. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPs UNM, 2, 120–123.

Ekaningtias, M., & Safilin, N. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Nurul Falah NW Lajut Tahun Pelajaran 2019/2020. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 4(5), 232–235.

Febriati, Y., Saefurohman, A., & Juhji. (2019). Efektifitas Penerapan Model Children Learning In Science Terhadap Pemahaman Konsep IPA. Ibtida’i, 6(1), 29–40.

Haka, N. B., Ashari, N., & Anggoro, B. S. (2021). Pengaruh Model MEA Berbasis Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Anxienty. Jurnal Bioeducation, 8(1), 18–28.

Haka, N. B., Asih, P. A. S., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Terintegrasi Nilai Sains Sebagai Solusi Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Kelas XI Mata Pembelajaran Biologi di Tingkat SMA/MA. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.25134/quagga.v13i1.3202.Received

Karsini, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLiS) Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Preofesi Guru, 3(2), 324–331.

Krismayoni, P. A. W., & Suarni, N. K. (2020). Pembelajaran IPA dengan Model Pembelajaran Children Learning In Science Meningkatkan Hasil Belajar Ditinjau Dari Minat Belajar. JP2, 3(2), 138–151.

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(3), 334–338.

Mellysa, E. (2019). Hubungan Minat dengan Kemampuan Berpikir Kritis Program Lintas Minat. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer Dan Sains 2019, 648–650.

Undang-Undang Republik Indonesia Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20 (2003).

Nurmayani, L., Doyan, A., & Verawati, N. N. S. P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1).

Oktavia, M., Prasasty, A. T., & Isroyati. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul Dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah Dengan Tema: (Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Hasil Riset Dan Pengabdian Kepada Masyarakat), 596–601. https://doi.org/10.30998/simponi.v0i0.439

Oktavia, R. (2020). Pengaruh Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Biologi Jaringan Tumbuhan Terhadap Keaktifan dan Pengetahuan Siswa SMAN 6 Darul Makmur. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 73–81.

Payadnya, I. P. A., & Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta SPSS. Deepublish Publisher.

Pohan, S. K., Ritonga, T., & Lubis, R. (2021). Analisis Minat Belajar Selama Pandemi Covid-19 di Lingkungan III Kelurahan Padang Masiang Kecamatan Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 253–260.

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13–27. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Putri, F. D. C. (2018). Hubungan Minat Belajar dan Berpikir Kritis dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Susukan Jakarta Timur. UNES Journal of Education Scienties, 2(1), 39–47.

Raida, S. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. GENETIKA (Jurnal Tadris Biologi), 1(1), 61–77.

Sari, N., & Yogica, R. (2021). Multimedia Interaktif Bermuatan Game Tebak Kata tentang Materi Sistem Reproduksi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 357–363.

Suryani, N. A., Sakti, I., Purwanto, A., & Bengkulu, U. D. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) dengan Menggunakan Media KIT IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 113–116.

Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media CLIS ( Children Learning In Science ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang. Journal of Education Action Research, 4(1), 71–81.

Widodo, G. S., & Rofiqoh, K. S. (2020). Pengembangan Guru Profesional Menghadapi Generasi Alpha. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13–22.

Wijoyo, H., & dkk. (2020). Blended Learning Suatu Panduan (Alfioni (ed.); Pertama). Insan Cendekia Mandiri.

Wilsa, A. W. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Menggunakan Multimedia Interaktif dengan Buku Teks dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Mangifera Edu, 4(1), 62–70.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1), 75–86.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i2.5910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.