Pengaruh Penggunaan Perangkap Serangga Bersumber Daya Solar Cell Pada Materi Listrik Dinamis Terhadap Literasi Sains Siswa

Ahmad Alfiannoor, Atin Supriatin, Jhelang Annovasho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan perangkap serangga yang dirancang menggunakan sumber daya dari solar cell pada materi listrik dinamis terhadap literasi sains siswa. Literasi sains mengajarkan siswa dalam memahami konsep-konsep sains di dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang diterapkan adalah pre eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design, di mana subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkap serangga yang dirancang dengan solar cell berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi listrik dinamis. Terdapat peningkatan literasi sains yang diamati setelah perlakuan. Dengan demikian, media pembelajaran dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa pada materi listrik dinamis.

Keywords


Perangkap Serangga; Listrik Dinamis; Literasi Sains

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan jenis media pembelajaran dalam pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 16.1, 98 –107. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/20173

Ami, M. S. (2021). Ilmu Alamiah Dasar. CV Literasi Nusantara Abadi.

Busyairi, A., & dkk. (2021). Peningkatan pemahaman konsep calon guru fisika melalui pendekatan multipel representasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 502-508. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/229

Cihuy, P. G. (2019). Mencari Peluang di REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Untuk Melalui Era Disrupsi 4.0. Queency Publisher: Queen Publisher.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. https://jurnal.ugj.ac.id/index.php/Caruban/ article/view/5354

Lubis, S. P. (2017). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII. Jurnal Dedikasi Pendidikan 1.2 , 169-174. http://103.52.61.43/ index.php/dedikasi/article/view/80

Maryono, M. I., & Budiono, H. (2021). Implementasi Literasi Baca Tulis dan Sains di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6.1, 491-498. https://www.neliti.com/ publications/451305/implementasi-literasi-baca-tulis-dan-sains-di-sekolah-dasar

Munif, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. JURNAL Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 2, 17. https://journal.universitas pahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3815

Murthy, S. S. (2015). ET4ET: A large-scale faculty professional development program on effective integration of educational technology. Journal of Educational Technology & Society 18.3 , 16-28. https://www.jstor.org/stable/jeductechsoci. 18.3.16

Musthofa, & Sofyan, A. (2020). Rancang Bangun Dan Analisa Alat Perangkap Hama Wereng Pada Tanaman Padi Dengan Metode Night Trap Menggunakan Microcontroller. Politeknik Negeri Bengkalis: Diss. http://eprints.polbeng.ac.id/ 223/

Nugraha, I., & dkk. (2021). Pendampingan teknis pemasangan dan perawatan pembangkit listrik tenaga surya di Desa Tablolong Nusa Tenggara Timur. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 , 97-107. https://mathjournal. unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/89

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Prastiwi, M. B., & Susantini, E. (2020). Assessing using technology: Is electronic portfolio effective to assess the scientific literacy on evolution theory. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET) 15.12 , 230-243. https://www.learntechlib.org/p/217532/article_217532.pdf

Saifullah. (2020). Meningkatkan Nilai Siswa Pada Materi Lokomotif Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Alat-Alat Listrik Pada Siswa Kelas XI Semester Ganji di SMKN 1 Kota Jantho Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Nusantara Volume 5, No. 3, 112. https://repo.stmikiba.ac.id/wp-content/ uploads/2022/08/1-Artikel-Jurnal-Distribusindo-Sufyan-JPN-2021_2.pdf#page=115

Santoso, S. (2022). RANCANG Bangun Penggerak Panel Surya Sebagai Sumber Energi Perangkap Serangga Pada Tanaman Timun. Lampung: Universitas Lampung.

Siregar, Eveline, & Hartati, N. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Rineka Cipta.

Trottet, A. G., & Lauro, F. M. (2022). Aquaculture in coastal urbanized areas: A comparative review of the challenges posed by Harmful Algal Blooms. Critical Reviews in Environmental Science and Technology, 52(16), 2888-2929. https://www.tandfonline.com/doi/full/10.1080/10643389.2021.1897372

Wahyu, Y. (2020). The Effectiveness of Mobile Augmented Reality Assisted Stem-Based Learning on Scientific Literacy and Students' Achievement. International Journal of Instruction 13.3, 343-356. https://eric.ed.gov/?id=EJ1259691

Yu, Z. M., & Wang, L. (2021). The effect of educational games on learning outcomes, student motivation, engagement and satisfaction. Journal of Educational Computing Research 59.3, 522-546. https://journals.sagepub.com/doi/abs/ 10.1177/0735633120969214

Yulius, s. (2008). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i2.6161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.