Pengaruh Penggunaan Perangkap Serangga Bersumber Daya Solar Cell Pada Materi Listrik Dinamis Terhadap Literasi Sains Siswa

Ahmad Alfiannoor, Atin Supriatin, Jhelang Annovasho

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan perangkap serangga yang dirancang menggunakan sumber daya dari solar cell pada materi listrik dinamis terhadap literasi sains siswa. Literasi sains mengajarkan siswa dalam memahami konsep-konsep sains di dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang diterapkan adalah pre eksperimen dengan desain pre-test post-test control group design, di mana subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas IX. Instrumen yang digunakan adalah tes literasi sains. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkap serangga yang dirancang dengan solar cell berpengaruh terhadap literasi sains siswa pada materi listrik dinamis. Terdapat peningkatan literasi sains yang diamati setelah perlakuan. Dengan demikian, media pembelajaran dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa pada materi listrik dinamis.

Keywords


Perangkap Serangga; Listrik Dinamis; Literasi Sains

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 98 –107.

Alkharusi, & Al-Hashmi. (2021). he Effectiveness of Using a Solar Cell as an Interactive Tool in Science Teaching: A Systematic Review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 16(1), 133-145.

Busyairi, A., & dkk. (2021). Peningkatan pemahaman konsep calon guru fisika melalui pendekatan multipel representasi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 502-508.

Diniyah, L. (2021). Pengaruh penggunaan perangkap serangga menggunakan solar cell terhadap literasi sains siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(2), 263-268.

Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Caruban: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115.

Gok, D., & dkk. (2018). The effects of educational videos on science literacy, motivation, and learning anxiety in a flipped classroom. Journal of Educational Computing Research, 56(7), 1006-1030.

Kim, J. K., & Kwon, O. (2019). Augmented reality as an educational tool to improve science literacy. Journal of Science Education and Technology, 28(6), 713-725.

Munif, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 2, 17.

Musthofa, & Sofyan, A. (2021). Rancang Bangun Dan Analisa Alat Perangkap Hama Wereng Pada Tanaman Padi Dengan Metode Night Trap Menggunakan Microcontroller. Politeknik Negeri Bengkalis: Diss.

Mutyani, E., & dkk. (2019). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar dan literasi sains siswa pada materi fisika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8), 1036-1042.

Nugraha, I., & dkk. (2021). Pendampingan teknis pemasangan dan perawatan pembangkit listrik tenaga surya di Desa Tablolong Nusa Tenggara Timur. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat 1.2 , 97-107.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA.

Pendidikan, K., & Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Sains. Gerakan Literasi Nasional, 1-6.

Rehman, S. B., & Shaikh, F. M. (2021). Effectiveness of animated videos for teaching science concepts to middle school students. Journal of Educational Technology & Society, 24(2), 190-202.

Saifullah. (2021). Meningkatkan Nilai Siswa Pada Materi Lokomotif Listrik Dinamis dengan Menggunakan Media Alat-Alat Listrik Pada Siswa Kelas XI Semester Ganji di SMKN 1 Kota Jantho Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Nusantara Volume 5, No. 3, 112 .

Salim, N. L., & Daud, K. B. (2020). The effectiveness of interactive multimedia in enhancing science literacy among primary school students. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(10).

Santoso, S. (2022). Rancang Bangun Penggerak Panel Surya Sebagai Sumber Energi Perangkap Serangga Pada Tanaman Timun. Lampung: UNIVERSITAS LAMPUNG.

Siregar, Eveline, & Hartati, N. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran . Bogor : Rineka Cipta.

Yulius, s. (2008). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.

Yusri, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Rancang Bangun Perangkap Serangga Berbasis Solar Cell terhadap Pemahaman Konsep Dasar Listrik Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 44-52.




DOI: 10.15548/nsc.v9i2.6161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.