Evaluasi Sistem Manajemen Laboratorium Sains Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (Studi Kasus: Laboratorium Fisika UIN IB Padang)

Zulpadrianto Z, Yeni Etma Nazar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sistem manajemen laboratorium pendidikan PTKIN khususnya laboratorium Fisika UIN IB Padang, dengan metode deskrtiptif dan verifikatif dengan pendekatan kualitatif. Evaluasi mencangkup Pelayanan, K3 di laboratorium, Pengendalian pekerjaan pengujian dan/atau kalibrasi yang tidak sesuai, Persyaratan Teknis laboratorium, Kondisi akomodasi dan lingkungan, Peralatan dan Bahan, Sistem Pengelolaan sampel, Penanganan barang yang diuji dan dikalibrasi, Jaminan mutu hasil pengujian dan kalibrasi. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan bahwa tingkat kepuasan rata-rata pengunjung laboratorium Fisika UIN Imam Bonjol Padang berada pada range 3.75-4.75 berdasarkan interval 1.00-5.00. hal ini menunjukkan sistem tatakelola laboratorium jika dikategorikan cukup, baik dan unggul maka berada pada kategori baik ditinjau dari sumber daya (pelayanan, K3 dan peralatan).

Keywords


Evaluation; Laboratory; PTKIN

References


Hadi, A. (2018). Persyaratan Umum Kompetensi Laboratorium Pengujian & Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025: 2017. Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=iKJPDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=persyaratan+teknis+laboratorium&ots=HtvkIBrJii&sig=Xt2E56ZtmCx3Y-lVdYztReDe69g

JDIH BPK RI. (2019). Permen PAN RB No. 7 Tahun 2019 Tentang Jabatan Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132491/permen-pan-rb-no-7-tahun-2019

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169–175.

McHugh, J. (2000). The 1998 lincoln laboratory ids evaluation. International Workshop on Recent Advances in Intrusion Detection, 145–161.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1–14.

Putra, R., Pasaribu, M. H., Dongoran, J., & Saputra, R. R. (2023). Building A Strong Culture with Safety and Security Management Education in The Science Laboratory of SMAN 4 Palangka Raya: Membangun Budaya yang Kuat dengan Pendidikan Manajemen Keselamatan dan Keamanan di Laboratorium Sains SMAN 4 Palangka Raya. NAWASENA: JOURNAL OF COMMUNITY SERVICE, 1(01), 26–32.

Remiswal, R., Kustati, M., Besral, B., Zainimal, Z., & Firman, A. J. (2021). The Influence of Hedonistic Culture to Minangkabau Juveniles’ Social Behaviors in the Twenty-first Century. Fudan Journal of the Humanities and Social Sciences, 14(3), 465–481. https://doi.org/10.1007/s40647-021-00319-5

Syukhri, S. (2018). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Laboratorium Jaringan Menggunakan Pendekatan Importance-Performance Analysis. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 109–114.

Velmurugan, R. S., & Dhingra, T. (2015). Maintenance strategy selection and its impact in maintenance function: A conceptual framework. International Journal of Operations & Production Management, 35(12), 1622–1661.

Zulpadrianto, Z. (2019). Optimalisasi Tatakelola dan Pelayanan di Laboratorium Sebagai Penunjang Tridharma Perguruan Tinggi. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 5(2), 887–896.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v9i2.7284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Natural Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.