Pendekatan STEAM pada Project Based Learning Mewujudkan Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa

Rafidah Salma, Arinta Nilam Cahya, Saflina Maulidia Rifqoh

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penulisan ialah untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan pendekatan STEAM pada project based learning untuk mewujudkan merdeka belajar dapat pada siswa kelas V SD Negeri Tunjungsari 2. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri Tunjungsari 2 dengan 26 siswa. Alur penelitian yang digunakan adalah model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart yaitu: 1) Rencana, 2) Tindakan, 3) Pengamatan, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian berupa pedoman observasi dan checklist dokumentasi yang memuat daftar data yang akan dikumpulkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan mengintegrasikan STEAM dengan project based learning dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini didukung dengan peningkatan hasil kreativitas siswa yang menujukkan kategori kreativitas tinggi pada prasiklus terdapat 26,92% dari 26 siswa yang meningkat menjadi 50% dari 26 siswa pada siklus I dan meningkat kembali pada siklus II dengan kategori kreativitas tinggi sebesar 73,08% dari 26 siswa. Melalui pengintegrasian pendekaran STEAM dengan model project based learning ini siswa dapat terlatih berpikir kreatif dalam menghadapi masalah, mendiksusikan penyelesaian masalah, menyelesaikan masalah, dan tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi.

Keywords


STEAM; project based learning; merdeka belajar; kreativitas.

References


Fatimah, C. (2017). Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematic) dalam Upaya Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning. Skripsi.Jakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu PengetahuanAlam. Universitas Negeri Jakarta.

Fatmah, H. (2021). Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran bioteknologi dengan PjBL berbasis STEAM. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 05(01), 07–14. DOI: https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574

Fauzan. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. Tangerang: GP Press.

Firmansyah. (2019). Penerapan model pembelajaran PjBL-STEAM menggunakan media video camtasia untuk meningkatkan literasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN 120 Berru, Soppeng. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 499–518. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL ( project-based learning ) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Journal Of Chemistry And Education (JCAE), X(1), 209–226. DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v10i1.17642

Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., Ridwan, A., Budiningsih, A., Suryani, E., Nurlitiani, A., & Fatimah, C. (2017). Ketrampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, engineering, Art, and Mathematics). Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Hafsah Adha Diana, & Saputri, V. (2021). Model project based learning terintegrasi steam terhadap kecerdasan emosional dan kemampuan berpikir kritis siswa berbasis soal numerasi. Jurnal Numeracy, 8(2), 113–127. DOI: https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v10i1.7912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Natural Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.