Development of an Integrated Science Teaching Module based on Scientific Issues and Temperature Material to Strengthen 21st Century Character

Ismi Aryanti Khusnul Khatimah, Muriani Nur Hayati, Yuni Arfiani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengembangkan modul ajar IPA terpadu berbasis Scientific Issues materi suhu untuk menguatkan karakter abad-21 peserta didik SMP (2) Mengetahui kelayakan modul ajar IPA terpadu berbasis Scientific Issues materi suhu untuk menguatkan karakter abad-21 peserta didik SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah 2 validator (ahli materi dan ahli media), 10 peserta didik kelas VII, serta 1 guru IPA SMP. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) Pengembangan modul ajar IPA terpadu berbasis Scientific issues materi suhu untuk menguatkan karakter abad-21 peserta didik SMP, dilakukan melalui delapan tahapan, diantaranya yaitu mengetahui potensi dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk dan produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk skala kecil, revisi produk, hingga didapatkan produk akhir. (2) Kelayakan modul didapatkan dari hasil validasi ahli materi dan ahli media, yang menghasilkan presentase nilai sebesar 93,75% dan sebesar 88,3%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul ajar materi suhu yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan.

Keywords


Modul Ajar;IPA Terpadu;Scientific Issues;Suhu;Karakter abad-21

References


Aisy, D. R., Farida, F., & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbantuan Sigil Software Dengan Pendekatan Saitifik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv). Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Alistiana, L., Aswirna, P., & Ariani, Y. (2020). Analisis Penggunaan Model Reciprocal Teaching Berbasis HOTS terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik pada Materi IPA Sekolah Dasar. Tarbiyah Al-Awlad, 10(2), 221–235.

Ariska, D., Asril, Z., & Aswirna, P. (2021). Pengembangan Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) berbantuan Aplikasi Lectora Inspire terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik. Jurnal Cerdas Mahasiswa, 3(1), 111–125.https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/cerdas/article/view/3497

Aswirna, P., Aldila, E., Nurhasnah, N., & Fahmi, R. (2022). STEM-Based Global Warming E-Book in Sustainable Development Based on Gender View. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 5(2), 169–181. https://doi.org/10.24042/ijsme.v5i2.11247

Aswirna, P., Fahmi, R., Samad, D., & Tamala, N. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Model Trait Treatment Interaction Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 8(1), 39–49. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/3637

Aswirna, P., Roza, M., & Zainia, M. (2023). Integrated Science E-Module assisted by the Flip PDF Professional Application to Integrate Character Education Values in Science Learning for Junior High Schools. Journal of Natural Science and Integration, 6(1), 14. https://doi.org/10.24014/jnsi.v6i1.16262

Azizah, R. O. N. (2019). Kajian Metode Eksperimen Terhadap Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, 1, 262–266.

Ilmi, D. U., & Erman, E. (2019). Kemampuan siswa menjelaskan isu-isu sains seetelah mengikuti pembelajaran saintifik. Pensa E-Jurnal: Pendidikan …, 7(3), 367–372. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/32295

Inayah, R., Aswirna, P., & Asrar, A. (2022). Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. JOURNAL CERDAS MAHASISWA Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN IB Padang, 78–90.

Khoirunnisa, E., & Habibah, E. (2020). PROFIL KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SOFT SKILLS) PADA MAHASISWA. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68. https://doi.org/10.53401/iktsf.v2i2.20

Luthfi, H., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 98–109. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1877

MASRUROH, I. (2023). PERBANDINGAN EFEKTIVITAS KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Doctoral Dissertation, S1-PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON, 1–23.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.

Nurhasnah, N., Kasmita, W., Aswirna, P., & Abshary, F. I. (2020). Developing Physics E-Module Using “Construct 2” to Support Students’ Independent Learning Skills. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 3(2), 79. https://doi.org/10.21043/thabiea.v3i2.8048

Rembulan, A., & Putra, R. W. Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Gamifikasi pada Materi Statistika Kelas VIII. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 84–98. https://doi.org/10.26594/jmpm.v3i2.1221

Selpiyanti, S. (2022). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Socio-Scientific Issue (Ssi) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Vii Smp. In Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu (Uinfas) Bengkulu. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results%0Amuhammadkahfi16060474066@mhs.unesa.ac.id

Setiadi, D. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS SOSIO SCIENTIFIC ISSUES (SSI) MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Solikhin, M., & Fauziah, A. N. M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Smp Pada Pelajaran Ipa SaatPembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 188–192. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Wibowo, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. In Skripsi. http://repository.radenintan.ac.id/3420/1/SKRIPSI FIX EDI.pdf


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v10i1.8232

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Natural Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.