Pengembangan Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Pada Materi Gelombang Bunyi SMA/MA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media interaktif terhadap literasi digital peserta didik dan untuk mengetahui tingkat kualitas media interaktif terhadap literasi digital peserta didik. Penelitian ini mengadaptasi langkah-langkah model Plomp. Tahapan pengembangannya adalah preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Pada preliminary research dilakukan studi pendahuluan dengan melakukan kajian literatur, analisis kebutuhan dan konteks, dan pengembangan kerangka kerja yang menghasilkan desain awal media interaktif. Prototyping phase terdiri dari tiga tahap yaitu: mendesain prototype, melakukan evaluasi formatif, dan revisi prototype. Assesment phase dilakukan untuk mendapatkan media interaktif yang praktis melalui uji coba terbatas pada pembelajaran fisika. Data penelitian diperoleh melalui angket praktikalitas terhadap peserta didik dan pendidik MAN 4 Mandailing Natal. Analisis data angket dilakukan secara kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Peserta Didik sangat valid dengan skor rata- rata 88,33% dengan persentase kelayakan materi/isi 86%, kelayakan media 87% dan kelayakan bahasa 92%. Uji kepraktisan produk dengan skor rata rata 92,20 % dengan persentase 1 orang pendidik mendapatkan rata – rata 92% dan peserta didik 92,40%. Dari hasil penelitian pengembangan ini disimpulkan bahwa Media Interaktif Berbantuan Kodular Terhadap Literasi Digital Peserta Didik memenuhi persyaratan dengan kualitas valid dan praktis yang bisa digunakan sebagai bahan ajar pada SMA/MA.
Keywords
References
Manuella, S., & Perdani, N. (2023). Pengaruh Tingkat Literasi Digital Terhadap Etika Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Pekanbaru. 7(2), 263–274.
Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis kompetensi digital siswa melalui pembelajaran daring berbasis sekolah. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 9–13
Putri, A. E. (2020). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Literasi Digital Nilai-Nilai Kearifan Lokal pada Tradisi Saprahan di Pontianak. Yupa: Historical Studies Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.30872/yupa.v3i1.132
Sari, M. (2018). Analisis Teori-Teori Belajar pada Pengembangan Model Blended Learning dengan facebook ( MBL-FB ). 604–615
Sari, M. (2020). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 7E Berbantuan Video pada. 6(1), 7–21.
Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 492–501. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p492-501
Syarah Syahiddah, D., Dwi Aristya Putra, P., & Supriadi, B. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) pada Materi Bunyi di SMA/MA. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika (JLPF), 2(1), 1–8. https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.438
DOI: 10.15548/nsc.v10i1.8601
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Natural Science
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.