Penerapan Pembelajaran Dengan Strategi Mind Mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas IXA SMPN 1 Tanjung Jabung Timur

walhadia walhadia

Abstract


The purpose of this study is to improve student learning outcomes in the material of the human reproductive system. The study was conducted in class IX A in SMP N 1 Tanjung Jabung Timur  Middle School in the 2018/2019 learning year. This study is a Classroom Action Resesarch adapted from the Kemis and Tagar PTK models, which consists of 4 stages, namely: 1) planning, 2) implementation, 3) observation and 4) reflection. The results of this study indicate an increase significant in the first cycle and second cycle for the assessment of learning outcomes and the ability of students to make mind mapping on the material of the human reproductive system. Based on the results of the research obtained it can be concluded that mind mapping learning strategies can improve learning outcomes and develop psychometric skills of students to create and read mind mapping.


Keywords


mind mapping and learning outcomes

References


Arikunto, S., (2012), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit PT. Bumi Aksara, Jakarta.

_______, (2006), Penulisan Tindakan Kelas, Penerbit PT.Bumi Aksara , Jakarta.

Buzan, Toni., (2006), Buku Pintar Mind Map, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

De Porter., (2005), Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan, Penerjemah Alwiyah Abdurahman, Penerbit Kaifa, Bandung.

Dimyati, Mudjiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, S., dan Zain, A., (2002), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Faozan, Ahmad., (2012), Penggunaan Teknik Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Disampaikan pada Lomba Kreasi Model Pembelajaran PAI Tingkat Nasional Tahun 2008 Bagi Guru PAI pada Sekolah Umum (SD, SMP& SMA / SMK) Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Hamdani, M.A., (2011), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit CV.Pustaka Setia, Bandung.

Karmana, Oman., (2007), Biologi, Penerbit Grafindo, Jakarta.

Kunandar., (2008), Langkah Mudah Penulisana Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Penerbit PT. Rajagravindo, Jakarta.

Nurkancana, W., (1986), Evaluasi Pendidikan, Penerbit Usaha Nasional, Surabaya.

Othman, Y., (2012), Keberkesanaan Peta Minda Dalam Pengajaran Dan Keberkesanaan Karangan Argumentatif Di Dalam Sebuah Sekolah Menengah Arab,Journal of Malay Langluage Educational Vol. 2:32-45.

Pratiwi, D.A, dkk., (2006), Biologi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sagala, Syaiful., (2012), Konsep dan Makna Pembelajaran, Penerbit Alfabeta, Bandung .

Sa’ud, U,. (2008), Inovasi Pendidikan, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Saleh, Andri., (2008), Kreatif Mengajar Dengan Mind Map, Penerbit Tinta Emas Publishing, Bandung.

Slameto., (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Penerbit Rhineka Cipta, Jakarta.

Sudjana., (2004), Metoda Statistika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Sudjana, Nana,.(2004).Penilaian Proses Belajar Mengajar, Penerbit Rosda Karya, Bandung.

Usman, H., (2006), Pengantar Statistika, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.

Usman, U., (2002),Menjadi Guru Profesional, Penerbit PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Warroihan., (2011), Inovasi Pembelajaran Melalui Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) dengan Peta Konsep Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Pada Sub Materi Pokok Sistem Reproduksi Manusia Di Kelas XI SMA Swasta Taman Siswa Medan TA. 2010/2011, Skripsi, Tidak Dipublikasikan FMIPA, Universitas Negeri Medan.


Full Text: PDF

DOI: 10.15548/nsc.v5i1.893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.