HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DENGAN LEMBAGA PENDIDIKAN

Fanisa Syifa Nabila, Inul Husna, Nuzul Habdi Makrifatullah

Abstract


Kepemimpinan dipahami sebagai segala upaya bersama untuk menggerakan semua sumber dan alat (resources) yang tersedia dalam suatu organisasi. Resources tersebut dapat digolongkan menjadi dua bagian besar, yaitu; human resource dan non human resources. Dalam lembaga pendidikan, salah satu unit organisasi juga terdiri dari berbagai unsur atau sumber, dan manusia merupakan unsur terpenting. Untuk itu, dapat dikatakan bahwa sukses tidaknya suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sangat tergantung pada kemampuan pemimpin untuk menumbuhkan iklim kerjasama dengan mudah dan dapat menggerakan sumber daya yang ada sehingga dapat mendayagunakan dan dapat berjalan secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan, lembaga pendidikan, serta urgensi kepemimpinan dengan lembaga pendidikan serta seperti apa kepemimpinan yang visioner. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research) dengan mengumpumpulkan berbagai referensi. Secara umum kepemimpinan dapat dipahami sebagai pemimpin yang mampu mengarahkan, membina atau mengatur, menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi. Serta lembaga pendidikan adalah  suatu wadah yang berguna untuk membina manusia, membawa kearah masa depan yang lebih baik. Kepemimpinan dalam lembaga pendidikan dapat disebut sebagai seseorang yang memegang otoritas yang menentukan perkembangan lembaga pendidikan. Sebagai pemimpin pendidikan yang profesional seorang pemeimpin dituntut mampu melakukan perubahan yang bersifat pengembangan dan penyempurnaan.


Keywords


Kepemimpinan, Lembaga Pendidikan.

Full Text:

PDF 11-25


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2245
Abstract views : 1630 times
PDF 11-25 : 641 times

References


Asiah Siti, Kepemimpinan Manajerial Pimpinan Lembaga Pendidikan (Kepala Sekolah ) dalam Pengembangan Produktivitas Kinerja Guru, dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vo.5,No.1, 2017.

Baharuddin dan Umiarso. (2012). Kepemimpinan pendidikan Islam. Yogyakarta:Ar-Ruzz.

Bashori. (2019a). Change Management: The Higher Education of Islamic University In Indonesia. 2(1), 66–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.3383110

Bashori, B. (2017). Konsep Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Hikmah, 12(2), 49. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1214

Bashori, B. (2019b). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535

Bashori, B. (2019c). Kontribusi Pendidikan Islam Dalam Mengembangkan Multikulturalisme. 11(2), 102–120.

Bashori, B. (2019d). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi, 1(1), 15–32.

Bashori, B. dkk. (2020a). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 1, 123–138.

Bashori, B. dkk. (2020b). Peran Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 2(1993), 38–49.

Danang,Sunyoto. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran.Bandung:Refika Aditama.

Freire Paulo. (1999). Pendidikan Kaum Tertindas.Yogyakarta: LP3ES.

Gary, A.Yukl.(1998). Kepemimpinan Dalam Organisasi.Jakarta:Prenhallindo.

Hersey,Blancard,dkk. (1996). Management of Organizational Behavior. New Jersey:Prentice-Hall.

Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan.Bandung:Pustaka Setia.

Kartono,Kartini. (2003). Pemimpin dan Kepemimpinan (Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu).Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Lulail, Jamal. (2009). Leadership Model.Malang:UIN Malang Press.

Mukhtar; Muntholib; Bashori. (2019). Change Management: The Higher Education Of Islamic University In Indonesia. IJEIT, 2(1), 66–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.3383110

Mulyasa, E. (2004). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Overton, Rodney. (2002). Leadership Made Simple.Singapura: Wharton Books, Pte. Ltd.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.71-96

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Novi Nur Lailisna. (2020). Strategy of Boarding School ( Pesantren ) Education in Dealing With the Covid-19 Pandemic. Kholifa: Journal of Islamic Education, 4(2), 142–160.

Rasyid,Andi. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar:Celebes Media Perkasa.

Slameto. (2020). Pembaharuan Manajemen Pendidikan. Jawa Timur:Qiara Media.

Sudarwan. (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok.Jakarta:Rineka Cipta.

Thoha,Miftah. (2010). Kepemimpinan Dalam Manajemen. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Wahjosumidjo. (2005). Kepemimpinan Kepala Sekolah,Tinjauan Teori dan Permasalahannya.Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Yasmin,Martinis dan Maisah. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Masa Depan. Bogor: IPB Press.

Yayat M.Herujito. (2001). Dasar-Dasar Manajemen. Bogor:Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.