KEPEMIMPINAN DAN GENDER DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Zahara Mutia Wahyuni, Fitri Lestari, Ulfa Hasanah

Abstract


Kepemimpinan saat ini harus dibangun sejak dini melalui berbagai upaya kaderisasi dan pembinaan berkesinambungan. Pola kepemimpinan seperti ini dimulai dengan ide dan cita-cita mengembangkan kemampuan diri dalam lingkup kecil sebelum berkembang ke lingkup luas dalam suatu organisasi. Pemimpin biasanya memiliki perbedaan khusus dari individu lain baik pemimpin laki-laki atau perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis semua hal yang terkait dengan kepemimpinan dan gender dalam lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan adalah metode studi pustaka (library research). Metode ini peneliti menggunakan berbagai sumber bacaan berupa buku-buku atau jurnal yang sesuai dan terkait dengan judul penelitian.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi  dan menggerakkan orang lain, serta kesetaraan gender dalam memimpin di lembaga pendidikan bukanlah hal yang dianggap tabu. Sehingga,  pemimpin bisa berperan baik laki-laki ataupun perempuan asalkan memiliki kemampuan yang mumpuni  untuk menjadi seorang pemimpin. 


Keywords


Kepemimpinan Abad 21, Pendidikan Tinggi Islam

Full Text:

PDF 26-37


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2246
Abstract views : 1515 times
PDF 26-37 : 591 times

References


Bafadhal. (2007). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Lasa.

Bashori, B. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bashori, B. (2017a). Konsep Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Hikmah, 12(2), 49. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1214

Bashori, B. (2017b). Strategi Kompetitif Dalam Lembaga Pendidikan. Tadris.

Bashori, B. (2019). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535

Bashori, B. dkk. (2020a). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 1, 123–138.

Bashori, B. dkk. (2020b). Peran Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 2(1993), 38–49.

Bashori, B., Prasetyo, M. A. M., & Susanto, E. (2020). Change Management Transfromation In Islamic Education Of Indonesia. Social Work and Education. https://doi.org/10.25128/2520-6230.20.1.7.

Collard, John. (2001). “ Leadership and gender “ Jurnal of Educational management and administration Vol. 29.343.

Dara, Afifah. (2017). Islam Kepemimpinan Perempuan dan Seksualitas, Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Fakih, Mansoer.(1999). Analisis dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kasmawati.(2013). Gender dalam perspektif Islam, dalam Jurnal Sipakalebbi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alaudin,1(1).75-76.

Marsam. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kompetensi dan Komitmen terhadap Kinerja Pegawai pada Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) di lingkungan Yapis Cabang kabupaten biak Numfor, Pasuruan Jawa Timur : Qiara Media.58-59.

Nasarudin, Umar. (2010). Argumen kesetaraan Gender Perspektif Al-Qur'an .Jakarta: Pramidana.

Siagian, Sondang. (1983). Organisasi, Kepemimpinan dan Perilaku Administrasi. Jakarta : PT. gunung Agung.

Wijono, Sutarto. (2018). Kepemimpinan dalam Perspektif Organisasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Yumimah. (2007). Kepemimpinan Perempuan dalam Islam, dalam jurnal Syariah: Jurnal Ilmu Hukum dan Pemikiran, 17(1).56-57.

Zaini, Subarto. (2011). Leadership in Action : Pembelajaran dari para Maestro. Jakarta : PT. Gramedia.

Bibi, F., Chaudhry, A. G., Awan, E. A., & Tariq, B. (2013). Contribution of Parenting Style in Life Domain of Children. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 12(2), 91–95.

Khori, A. (2017). Manajemen Pesantren sebagai Khazanah Tonggak Keberhasilan Pendidikan Islam. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 127–153.

Nurul Hanani. (2017). Manajemen Pengembangan Pembelajaran Kitab Kuning. Realita, 15(2), 1–25.

Munn, P. (1993). Parents and School; Customers, Managers or Partners. London and New York: Routledge.

Nasution, M. N. (2001). Manajemen Mutu Terpadu, Total Quality Manajement. Jakara: Ghalia Indonesia.

Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.