KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Sukarti Nengsih, Rika Gusfira, Rivaldo Pratama

Abstract


Kepemimpinan transformatif merupakan kepemimpinan yang memiliki wawasan ke depan dan berupaya memperbaiki dan mengembangkan organisasi bukan untuk kepentingan saat ini, akan tetapi untuk masa datang. Kepemimpinan transformatif selalu berkomitmen pada perbaikan terus-menerus, yang mendasarkan pada pandangan visioner kedepan (kondisi organisasi yang lebih baik), dan mendorong partisipasi stafnya untuk mewujudkan perubahan yang diharapkan. Dalam peningkatan kualitas lembaga pendidikan Islam perlu dilakukan perubahan mendasar dalam aspek kepemimpinan yaitu dengan menerapkan gaya kepemimpinan transformasional (transformational leadership). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis, dan menginterpretasikan bagaimana bentuk kepemimpinan transformatif dalam suatu lembaga pendidikan Islam. Metode yang digunakan metode studi pustaka (libarary reserach). Metode ini melakukan penelitian dengan menganalisis berbagai literatur yang berkaitan dengan tema penelitian. Secara umum, pada setiap pembahasan penelitian yang diperoleh dalam literatur-literatur dan sumber-sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformatif yang dapat mempengaruhi institusi pendidikan Islam akan memberikan dampak yang baik untuk mengembangkan produktivitas organisasi, di mana visi dan misi lembaga akan tercapai secara efektif.  Hal tersebut karena pemimpin transformatif dapat menjadi figur dan pemimpin yang menginspirasi bagi organisasi untuk dapat menumbuhkan loyalitas anggota secara maksimal.


Keywords


Kepemimpinan Transformatif, Lembaga Pendidikan

Full Text:

PDF 38-54


DOI: https://doi.org/10.15548/p-prokurasi.v2i1.2247
Abstract views : 3137 times
PDF 38-54 : 1659 times

References


Ancok, Djamaludin. (2012). Psikologi Kepemimpinan & Inovasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ara Hidayat, Imam Machali. (2010). Pengelolaan Pendidikan Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa.

Aan komariah dan cepi triatna. (2004). Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, Azyumardi. (2005). Dalam Kata Pengantar buku Armai Arif, Reformasi Pendidikan Islam. Jakarta: CRSD Press.

Bahar Agus Setiawan, Abd. Muhith. (2013). Transformational Leadership Ilustrasi di Bidang

Organisasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Bafadhol, Ibrahim. 2017. Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia. Dalam Jurnal Pendidikan Islam (Vol. 06, No. 11)

Bashori. (2019a). Change Management: The Higher Education Of Islamic University In Indonesia. 2(1), 66–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.3383110

Bashori, B. (2016). Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Kasus di MAN Godean Sleman Yogyakarta). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bashori, B. (2017a). Konsep Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam. Hikmah, 12(2), 49. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v12i2.1214

Bashori, B. (2017b). Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 47. https://doi.org/10.22202/mamangan.1313

Bashori, B. (2019b). Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 73–84. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.535

Bashori, B. (2019c). Transformasi Kepemimpinan Perguruan Tinggi Dan Jejaring Internasional. PRODU: Prokurasi Edukasi, 1(1), 15–32.

Bashori, B. dkk. (2020a). Konsep Kepemimpinan Abad 21 Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 1, 123–138.

Bashori, B. dkk. (2020b). Peran Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan Islam. PRODU: Prokurasi Edukasi, 2(1993), 38–49.

Danim, Sudarwin. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Fahmi, Irham. (2014). Manajemen Kepemimpinan Teori & Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Kaelan. (2010). Metode Penelitian Agama Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Makawimbang, Jerry H. (2012). Kepemimpinan Pendidikan yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Mukhtar; Muntholib; Bashori. (2019). Change Management: The Higher Education Of Islamic University In Indonesia. IJEIT, 2(1), 66–80. https://doi.org/10.5281/zenodo.3383110

Roqib, Moh. (2017). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: LkiS

Sweeney, P.D. and McFarlin, D.B. (2002). Organizational Behavior: Solutions for Management. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Soliha, Euis dan Hersugondo. (2008). Kepemimpinan Yang Efektif Dan Perubahan Organisasi. Dalam Jurnal Fokus Ekonomi (FE). (Vol.7, No. 2)

Salutondok, Yohanis dan Agus Supandi Soegoto. 2015. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Kondisi Kerja Dan Disiplin Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat Dprd Kota Sorong”. Dalam jurnal EMBA (Vol. 3 No. 3)

Sujito, Agus. (2010). Kepemimpinan pada Sekolah Berstandar Internasional. Dalam jurnal Varia Pendidikan. (Vol. 22, No. 1)

Yukl, Gary A. (1989). Leadership in Organizations. 2nd Ed.New Jersey: Prentice-Hall International, Inc.

Yudiaatmaja, Fridayana. 2013. Kepemimpinan: Konsep, Teori Dan Karakternya. Dalam Jurnal Media Komunikasi FIS (Vol 12, No. 2)

Zed, Mestika. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

    

          

             

 

MAPS:

 

LICENSE:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.