TEACHERS’ CONSTRAINTS IN USING THE WHATSAPP APPLICATION AS AN ONLINE LEARNING MEDIA IN TEACHING ENGLISH AT MTSN 2 PASAMAN DURING THE COVID-19 PANDEMIC
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adam, S & Syastra, M. T. (2015). The use of information technology-based learning media for grade 10thhigh school students in Batam. CBIS Journal. 3(2):78-90..
Asmani, M. Jamal. (2014). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
Persada Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah menengah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.
Bilfaqih, Y, & Qomarudin, M. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: DEEPUBLISH
Daryanto & Muljo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional.(2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. RinekaCipta
Trisnani. (2017). Pemanfaatan WhatsApp sebagai media komunikasi dan kepuasan dalam penyampaian pesan dikalangan tokoh masyarakat. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 6(3),1–12.
Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenge Dalam Tinjauan Manfaat Dan Adab.Wahana Akademika, 3(1), 51–66
Pranajaya, & Hendra Wicaksono. (2017).Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp (WA) Di Kalangan Pelajar (Studi kasus Di MTs Al Muddatsiriyah dan MTs jakarta Pusat). Prosiding SNaPP2017 Sosial, Ekonomi, Dan Humaniora, Vol 7, No.1, 98–109
Fitrah, M., & Lutfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Gafur, A. (2012). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak
Handarini, O, & Wulandari, S. (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). Vol 8, nomor 3, 496-503.
Ibrahim, R &Syaodih, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. LP2M.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan pada Guru Sekolah Menengah di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia,Vol 2, No. 1, hal 67-76.
Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses
Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran. 3(2), 289-295.
Pohan, A, E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Riau: CV Sarnu Untung PP RI No.19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan Pasal 20
Rusman.(2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sadikin, A. & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19.Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 6, No. 02, hal 214-224.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.15548/rielt.v8i2.5281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ruang Jurnal Program Studi Tadris Bahasa Inggri
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Imam Bojol Padang
email: rieltjournal@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.