PENERIMAAN DIRI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DITINJAU DARI ASERTIVITAS

Herio Rizki Dewinda, Bradha Affarhouk

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitaif yang bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara asertivitas dengan penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak Tunagrahita. Penelitian ini dilakukan pada 36 orang ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Painan. Subjek penelitian diambil dengan menggunakan teknik sampel jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala asertivitas dan skala penerimaan diri. Hasil penelitian menujukkan ada hubungan antara asertivitas dengan penerimaan diri pada ibu yang memiliki anak tunagrahita. Asertifitas memiliki korelasi positif secara signifikan dengan penerimaan dirir = 0,562 dengan nilai p = 0,000. Adapun sumbangan efektif dari variabel asertivitas terhadap penerimaan diri sebesar 32 % dan  68% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.

Keywords


Asertifitas, penerimaan diri, ibu yang memiliki anak tunagrahita

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v22i2.1085
Abstract views : 645 times
PDF : 1425 times

References


Akbar Heriyadi. (2013). Meningkatkan penerimaan diri (self acceptance) siswa kelas VIII melalui konseling realita di SMP Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNS.

Alberti, Robert. and Emmons, Michael. (2008). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationship. Ninth Edition. California: Impact Publisher.

Anggraini, R. R. (2013). Persepsi orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal PLB FIP UNP, 1(1), 258-265.

Azis, A. R. (2015). Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan perilaku asertif siswa korban bullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 8-14.

Azwar, Syaifudin. 2014. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Acocella, J. R. ,& Calhoun, J. F. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan (Alih bahasa: Satmoko, R.S). Semarang: IKIP Press

Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus.Yogyakarta : Psikosain.

Dilman, A. (2005). The self, the soul and the psychology of good and evil. New york: Routledge.

Hapsari, Ratna Maharani. (2006). Sumbangan perilaku asertif terhadap harga diri pada remaja. Jurnal psyche. Vol 5.

Hurlock, Elisabeth B. 2006. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga

Jay, Ross. 2007. How to manage your boss (Bagaimana menyikapi bos anda) Membangun kerja yang sempurna. Alih bahasa: Sigit Purwanto. Jakarta: Erlangga.

Munzayanah. 2000. Tunagrahita. Surakarta: Depdikbud UNS.

Novita, Eryanti. (2017). Perbedaan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari tingkat pendidikan di SLB-E PTP Medan. Jurnal Diversita. Vol 3 (1). 55-62.

Purwandari. 2005. Perkembangan peserta didik (Implikasinya pada bidang Pendidikan Luar Biasa). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Safaria, T. (2005). Autisme: Pemahaman baru untuk hidup bermakna bagi orangtua. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Somantri, T.S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supratiknya, A. (1995). Komunikasi antarpribadi. Yogyakarta: Penerbit kanisius.

Valentia, S., Sani, R., & Anggreany, Y. (2017). Hubungan antara resiliensi dan penerimaan orangtua pada ibu dari anak yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 4(1), 43-58.

Schumann, Olaf. 1980. Dialog Antar Umat Beragama: Di Manakah Kita Berada Kini?. Jakarta: Lembaga Pelatihan dan Studi-Dewan Gereja-gereja di Indonesia.

Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru.

Sumartana, Th; Agoeng, Noegroho; dan Qodir, Zuly. 2002. Pluralisme, Konflik, dan Perdamaian Studi Bersama Antar Iman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangsantuy4dkkn777data chinaslot pulsahttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/akun pro kambojapaito warna sgpslot deposit pulsasantuy4dslot gacor 777prediksi hkslot pulsatogel sgphttps://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagiterbaru/https://karir.ittelkom-sby.ac.id/stocks/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagigacor/https://el.ubharajaya.ac.id/lib/okegacor/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/course/slot777/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobadana/https://disnakbun.rokanhulukab.go.id/togelsini/macaukece/https://sandbox.telkomuniversity.ac.id/jobe/depopulsa/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobahong/https://digilib.unila.ac.id/77998/4/index.htmlslot gacorbet88https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/assets/vipthailand/https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/malamini/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://poltekpelsumbar.ac.id/assets/css/slothoki/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/contentbank/templates/lpsantuy/ https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/prokambo/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/jasasensaslot gacor malam inijasasensarobopragmahttps://spadav2.unikal.ac.id/pix/demonew/