PENERIMAAN DIRI PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK TUNAGRAHITA DITINJAU DARI ASERTIVITAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v22i2.1085
Abstract views : 645 times
PDF : 1425 times
References
Akbar Heriyadi. (2013). Meningkatkan penerimaan diri (self acceptance) siswa kelas VIII melalui konseling realita di SMP Negeri Bantarbolang Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2012/2013. Skripsi (tidak diterbitkan). Surakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNS.
Alberti, Robert. and Emmons, Michael. (2008). Your perfect right: Assertiveness and equality in your life and relationship. Ninth Edition. California: Impact Publisher.
Anggraini, R. R. (2013). Persepsi orang tua terhadap anak berkebutuhan khusus. Jurnal PLB FIP UNP, 1(1), 258-265.
Azis, A. R. (2015). Efektivitas pelatihan asertivitas untuk meningkatkan perilaku asertif siswa korban bullying. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 8-14.
Azwar, Syaifudin. 2014. Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Acocella, J. R. ,& Calhoun, J. F. (1990). Psikologi tentang penyesuaian dan hubungan kemanusiaan (Alih bahasa: Satmoko, R.S). Semarang: IKIP Press
Desiningrum, D.R. (2016). Psikologi anak berkebutuhan khusus.Yogyakarta : Psikosain.
Dilman, A. (2005). The self, the soul and the psychology of good and evil. New york: Routledge.
Hapsari, Ratna Maharani. (2006). Sumbangan perilaku asertif terhadap harga diri pada remaja. Jurnal psyche. Vol 5.
Hurlock, Elisabeth B. 2006. Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga
Jay, Ross. 2007. How to manage your boss (Bagaimana menyikapi bos anda) Membangun kerja yang sempurna. Alih bahasa: Sigit Purwanto. Jakarta: Erlangga.
Munzayanah. 2000. Tunagrahita. Surakarta: Depdikbud UNS.
Novita, Eryanti. (2017). Perbedaan penerimaan diri ibu yang memiliki anak tunagrahita ditinjau dari tingkat pendidikan di SLB-E PTP Medan. Jurnal Diversita. Vol 3 (1). 55-62.
Purwandari. 2005. Perkembangan peserta didik (Implikasinya pada bidang Pendidikan Luar Biasa). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.
Safaria, T. (2005). Autisme: Pemahaman baru untuk hidup bermakna bagi orangtua. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
Somantri, T.S. (2006). Psikologi anak luar biasa. Bandung : Refika Aditama.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supratiknya, A. (1995). Komunikasi antarpribadi. Yogyakarta: Penerbit kanisius.
Valentia, S., Sani, R., & Anggreany, Y. (2017). Hubungan antara resiliensi dan penerimaan orangtua pada ibu dari anak yang terdiagnosis Autism Spectrum Disorder (ASD). Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, 4(1), 43-58.
Schumann, Olaf. 1980. Dialog Antar Umat Beragama: Di Manakah Kita Berada Kini?. Jakarta: Lembaga Pelatihan dan Studi-Dewan Gereja-gereja di Indonesia.
Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah-Skripsi-Tesis-Disertasi. Bandung: Sinar Baru.
Sumartana, Th; Agoeng, Noegroho; dan Qodir, Zuly. 2002. Pluralisme, Konflik, dan Perdamaian Studi Bersama Antar Iman. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.