PERANAN STRATEGI MENGHADAPI MASALAH DAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Abstract
Belajar Bahasa Inggris. Menghadapi era global berarti menghadapi abad penuh tantangan dan
tingkat kesulitan yang cukup tinggi karena terjadi globalisasi dunia yang meliputi seluruh aspek
kehidupan masyarakat, tidak hanya bidang ekonomi, tetapi juga bidang sosial, politik, dan budaya.
Setiap individu dalam seluruh lapisan masyarakat dituntut untuk meningkatkan kualitas dirinya
sehingga mampu bersaing dalam perjalanan kehidupan ini. Salah satu bidang yang dituntut untuk
meningkatkan kualitas diri sehubungan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan arus informasi
dalam zaman globalisasi ini adalah bidang bahasa. Penguasaan bahasa asing, terutama bahasa asing
yang sedang dominan dalam pergaulan internasional merupakan suatu kualitas individu yang
dibutuhkan. Penguasaan bahasa asing merupakan satu akses untuk meraih keberhasilan dalam
berbagai bidang. Dari posisi geografis, Indonesia terletak dalam posisi yang sangat strategis untuk
muncul sebagai negara besar sekaligus sebagai negara lintasan antar benua yang harus mampu
menyerap kemajuan dari warga dunia yang melintasinya. Semua perkembangan dalam bidang
ekonomi, sosial, dan politik negara Indonesia mengarah kepada keterbukaan pada dunia luar.
Keywords
DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v18i2.145
Abstract views : 159 times
References
Does Coping Help? A Reexamination of The
Relation Between Coping and Mental
Health.Journal of Personality and Social
Psychology. Vol. 53, No. 2, 337-348.
Arndt Jr., W.B. 1974. Theories of
Personality. New York: McMillan Publishing
Co., Inc.
Aspinwill, L.G. & Taylor, S.E. 1992.
Modeling Cognitive Adaptation:
ALongitudinal Investigation of the Impact of
Individual Differences and Coping on College
Adjustment and Performance. Journal of
Personality and Social Psychology. Vol. 63,
No. 6, 989-1003.
Carver, C.S., Scheier, M.F. &
Meintraub, J.K. 1989. Assessing Coping
Strategies: Theorically Based Approach.
Journal of Personality and Social Psychology.
Vol. 56, No. 2, 267-283.
Coyne, J.C. Aldwin, C. & Lazarus, R.S.
Depression and Coping In Stressful
Episodes. Journal of Abnormal Psychology.
Vol. 90. No. 5, 439-447.
Cronbach, L.J. 1963.Educational
Psychology. United States of
America:Harcourt, Brace World, Inc.
Cutrona, C.E., Cole, V., Colangelo, N.,
Assouline, S.G., & Russell, D.W. 1994.
Perceived Parental Social Support and
Academic Achievement: AnAttachment
Theory Perspective.Journal of Personality and
Social Psychology. Vol. 66, No. 2, 369-378.
Endler, N.S. & Parker, J.D.A. 1990.
Multidimensional Assessment of Coping: A
Critical Evaluation. Journal of Personality and
Social Psychology. Vol. 58, No. 5, 844-854.
Essau, C.A. & Trommsdorff, G. 1996.
Coping with University-Related Problems: A
Cross-Cultural Comparison. Journal of Cross-
Cultural Psychology. Vol. 27, No. 3, 315-328.
Eysenck, H.J. & Wilson, G.D. 1976.A
Text Book of Human Psychology. Edinburg: R
& R Clark.
Feist, J. 1985. Theories of Personality.
New York: Holt, Rinehart and Winston.
Feist, J. & Feist, G.J. 1998. Theories of
Personality. (Fourth edition). UnitedStates of
America: McGraw-Hill Companies, Inc.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.