PENDIDIKAN KECERDASAN INTELEKTUAL DALAM HADIS
Abstract
besar dalam ajaran Islam. Melalui penelusuran hadis, kajian ini memperlihatkan bahwa Rasulullah
SAW sudah memberikan prinsip-prinsip pokok tentang pendidikan atau pembentukan kecerdasan
intelektual. Paling tidak prinsip itu terkait dengan konsep mencari jodoh, memelihara kehamilan
dan menyusui bayi dengan sempurna, menyayangi anak-anak dan memperhatikan tumbuh
kembangnya, serta melarang hal-hal yang bisa melemahkan inteligensi (onani, pornografi, zina,
minuman keras dan segala yang memabukkan). Dari penelusuran ini dikatahui bahwa konsep
pendidikan intelektual dalam Islam adalah integral, holistik, dan komprehensif antara optimalisasi
pembentukan, pertumbuhan dan pengembangan aspek bawaan (hereditas) dan lingkungan
(environment).Sebagai aspek penting dalam diri manusia, kecerdasan intelektual mendapat perhatian
besar dalam ajaran Islam. Melalui penelusuran hadis, kajian ini memperlihatkan bahwa Rasulullah
SAW sudah memberikan prinsip-prinsip pokok tentang pendidikan atau pembentukan kecerdasan
intelektual. Paling tidak prinsip itu terkait dengan konsep mencari jodoh, memelihara kehamilan
dan menyusui bayi dengan sempurna, menyayangi anak-anak dan memperhatikan tumbuh
kembangnya, serta melarang hal-hal yang bisa melemahkan inteligensi (onani, pornografi, zina,
minuman keras dan segala yang memabukkan). Dari penelusuran ini dikatahui bahwa konsep
pendidikan intelektual dalam Islam adalah integral, holistik, dan komprehensif antara optimalisasi
pembentukan, pertumbuhan dan pengembangan aspek bawaan (hereditas) dan lingkungan
(environment).
Keywords
DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v19i1.154
Abstract views : 2041 times
References
Abdurrauf, Tsarwats M., Seks Halal
dan Seks Haram, Jakarta: al-
Kautsar, 2002.
Abuddin Nata, Pendidikan dalam
Perspektif Hadis, Jakarta:
UIN Jakarta Press, 2005.
________, Perspektif Hadis tentang
Pendidikan, Jakarta: UIN
Jakarta Press, 2006.
________, Sejarah Pendidikan Islam,
Pada Periode Klasik dan
Pertengahan, Jakarta: PT
RajaGrafinda Persada, 2004.
________, Ilmu Pendidikan Islam,
Jakarta: Kencana Prenada
Media Group, 2010
Akbar, Muhammad Ubaidul, Orasi-
Orasi Muhammad Sang
Rasul, Judul asli The Orations
of Muhammad The Prophet of
Islam, penerjemah Ashoff
Murtadha dan Abdul
Halim.Bandung: Oase Mata
Air Makna, 2004.
Al-Faruq, Asadullah, Mengapa Nabi
Tidak Gampang Sakit, Solo:
As-Salam, 2012.
Al-Islamil, Tahiya, The Life of
Muhammad: His Life Based
on the Ewarliest Sources,
diterjemahkan dengan Tarikh
Muhammad SAW Teladan
Perilaku Ummat, Jakarta:
RajaGrafindo Persada, 1996.
Al-Mu'afiri, Abu Muhammad Abdul
Malik bin Hisyam, Sirah
Nabawiyah Ibnu Hisyam, terj.
Fadli Bahri, Bekasi: Darul
Falah, 2006.
Al-Qattan, Manna’ Khalil, Studi Ilmu-
Ilmu Al-Qur‟an, Pent:
Mudzakir, Surabaya: Halim
Jaya, 2012.
Al-Syaibany, Omar Mohammad Al-
Toumy, Falsafah Pendidikan
Islam, Jakarta: Bulan Bintang,
Asari, Hasan (Ed.), Hadis-hadis
Pendidikan, Medan:
Citapustaka Media Perintis,
Azwar, Saifuddin , Pengantar
Psikologi Inteligensi,
Yogyakarta: Pustaka Pelajar,
Bagian Obstetri & Ginekologi,
Obstetri Fisiologi, Bandung:
Universitas Padjadjaran, 1983.
Basri, Hasan, Remaja Berkualitas,
Problematika Remaja dan
Solusinya, Yogyakarta:
Pustaka Pelajar, 1995.
Bukhari, Imam, Adabul Mufrad,
terjemah, Surabaya: Syiar
Semesta, 2004.
TAJDID, Vol. 19, No. 1, Juli 2016
Chalil, KH. Moenawir, Kelengkapan
Tarikh Jilid 3, Jakarta: Gema
Insani Press, 2001.
Direktorat Bina Kesehatan Keluarga,
Pedoman Pembinaan
Perkembangan Anak di
Keluarga, Jakarta: Depkes RI,
Gunara, Thorik dan Utus Hardiono
Sudibyo, Marketing
Muhammad; Strategi Jitu
Praktik Bisnis Nabi
Muhammad SAW. Bandung:
MadaniA Prima, 2007.
Hart, Michael H., The 100, a Ranking
of the Most Influential
Persons in History, terj.
Mahbub Djunaidi, Seratus
Tokoh yang Paling
Berpengaruh dalam Sejarah,
Jakarta: Pustaka Jaya, 1990.
Hitti, Philip K., History of The Arab,
Jakarta: Serambi, 2005.
http://www.unicef.org/indonesia/id/HI
V-AIDSbooklet_part4.pdf
Ilahi, Fadhl, Muhammad Sang Guru
yang Hebat, Sirah Nabi
Sebagai Guru Berdasarkan
Al-Qur`an dan hadis-hadis
Shaheh, Surabaya: Pustaka
Elba, 2007.
Ilyas, Yunahar, Kuliah Ulumul Qur`an,
Yogyakarta: Itqan Publishing,
Infant Food and Dietetic Products
Departemen, Peranan Gizi
dalam Meningkatkan Mutu
Kehamilan dan Menyusui,
Jakarta: PT Nestle Indonesia,
Jaeni, Muhammad, “Muhammad
Seorang Penutur yang Santun
(Sebuah Telaah Pragmatik)”
dalam Jurnal Religia, Vol. 15
No. 1, April 2012.
King, Laura A., Psikologi Umum,
Sebuah Pandangan Apresiatif,
Jakarta: Salemba Humanika,
Mahmudunnasir, Syed, Islam
Konsepsi dan Sejarahnya,
Bandung: Remaja
Rosdakarya, 1994.
Monks, F.J., dkk., Psikologi
Perkembangan; Pengantar
dalam Berbagai Bagiannya,
Yogyakarta: Gadjah mada
University Press, 1991
.
Nugroho, Christianto Adhy,
“Pengaruh Minuman
Beralkohol terhadap Jumlah
Lapisan Sel Spermatogenik
dan Berat Vesikula Seminalis
Mencit”, Program Studi
Biologi Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam
Universitas Widya Mandala
Madiun, artikel e-jurnal dalam
puslit2.petra.ac.id/ejournal/ind
ex.php/
jiw/article/download/.../17019
Prawira, Purwa Atmaja, Psikologi
Pendidikan dalam Perspektif
Baru, (Yogyakarta, Arruz
Media, 2012),h.136.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.