REVOLUSI ILMIAH THOMAS KUHN: PERUBAHAN PARADIGMA DAN IMPLIKASI DALAM BANGUNAN ILMU KEISLAMAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v23i1.1693
Abstract views : 2338 times
PDF : 4774 times
References
Adib, Mohammad. 2018. Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. 3 ed. 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Almas, Afiq Fikri. 2018. “Sumbangan Paradigma Thomas S. Kuhn dalam Ilmu dan Pendidikan (Penerapan Metode Problem Based Learning dan Discovery Learning).” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3 (1): 89.
https://doi.org/10.22515/attarbawi.v3i1.1147.
Amaliyah, Aam. 2016. “Perkembangan Paradigma Ilmu Menurut Tinjauan Teori Thomas Khun.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 15 (2): 407–21.
https://doi.org/10.29300/attalim.v15i2.533.
Bagus, Lorens. 2005. Kamus Filsafat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Bakhtiar, Amsal. 2013. Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers.
Bird, Alexander. 2014. Thomas Kuhn. London and New York: Routledge.
Damayanti, Septi Nur, dan Hamka Mujahid Ma’ruf. 2018. “Epistemologi Saintifik Thomas S. Kuhn Terhadap Munculnya Ilmu Pengetahuan Sosial.” Jurnal Filsafat Indonesia 1 (3): 120–27.
https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.16192.
Fuller, Steve. 2000. Thomas Kuhn: A Philosophical History for Our Times. Chicago and London: The University of Chicago Press.
Gie, The Liang. 1998. Lintasan Sejarah Ilmu. Yogyakarta: PUBIB.
Karim, Abdul. 2014. “Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” FIKRAH 2 (2). https://doi.org/10.21043/fikrah.v2i2.563.
Kindi, Vasso, dan Theodore Arabatzis. 2012. Kuhn’s The Structure of Scientific Revolutions Revisited. New York and London: Routledge.
Kuhn, Thomas S. 1962. The Structure of Scientific Revolutions. Chicago: University of Chicago Press.
Latief, Imam Zamroni. 2014. “Islam Dan Ilmu Pengetahuan.” Islamuna: Jurnal Studi Islam 1 (2).
https://doi.org/10.19105/islamuna.v1i2.564.
Mahzar, Armahedi. 2004. Revolusi Integralisme Islam: Merumuskan Paradigma Sains Dan Teknologi Islami. Bandung: Mizan.
Mufid, Fathul. 2013. “Integrasi Ilmu-ilmu Islam.” Equilibrium 1 (1): 55–71. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v1i1.200.
Mustaring, Mustaring. 2014. “Revolusi Ilmu Pengetahuan Dan Relevansinya Terhadap Pembaruan Hukum Islam.” DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum 12 (1): 13–23.
Nelvawita, Nelvawita. 2017. “Akselerasi Perkembangan Ilmu Keislaman (Suatu Analisis Filosofis).” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3 (2): 242–55.
https://doi.org/10.24014/potensia.v3i2.4103.
Nurkhalis, Nurkhalis. 2012. “Konstruksi Teori Paradigma Thomas S. Kuhn.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 11 (2): 79–99.
https://doi.org/10.22373/jiif.v11i2.55.
Putra, Afriadi. 2015. “Epistemologi Revolusi Ilmiah Thomas Kuhn Dan Relevansinya Bagi Studi Al-Qur’an.” Refleksi: Jurnal Filsafat Dan Pemikiran Islam 15 (1): 1–15.
https://doi.org/10.14421/ref.2015.%x.
Sabila, Nur Akhda. 2019. “Paradigma dan Revolusi Ilmiah Thomas S. Kuhn (Aspek Sosiologis, Antropologis, dan Historis dari Ilmu Pengetahuan).” Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam 5 (1): 80–97.
https://doi.org/10.31332/zjpi.v5i1.1318.
Saputra, Riki. 2020. “Kajian al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan (AIK) Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Ke-Islaman.” Menara Ilmu 14 (1).
https://doi.org/10.31869/mi.v14i1.1869.
Sharrock, Wes, dan Rupert Read. 2002. Kuhn: Philosopher of Scientific Revolutions. Malden: Polity Press and Blackwell.
Shomiyatun, Shomiyatun. 2019. “Konsep Ilmu Dalam Pandangan Islam.” Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies) 5 (1): 15–33.
https://doi.org/10.26555/almisbah.v5i1.164.
Soler, Léna, Howard Sankey, dan Paul Hoyningen-Huene. 2008. Rethinking Scientific Change and Theory Comparison: Stabilities, Ruptures, Incommensurabilities? The Netherlands: Springer Science & Business Media.
Trisakti, Sonjoruri Budiani. 2008. “Thomas Kuhn Dan Tradisi-Inovasi Dalam Langkah Metodologis Riset Ilmiah.” Jurnal Filsafat
(3): 223–40. https://doi.org/10.22146/jf.3526.
Ulya, Inayatul, dan Nuskhan Abid. 2015. “Pemikiran Thomas Kuhn Dan Relevansinya Terhadap Keilmuan Islam.” FIKRAH 3 (2): 249–76. https://doi.org/10.21043/fikrah.v3i2.1797.
Wahyuni, Fitri. 2018. “Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Upaya Mengurai Dikotomi Ilmu Pengetahuan Dalam Islam).” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 10 (02).
https://doi.org/10.5281/zenodo.3559251.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id