PENGARUH EMPLOYABILITY PROGRAM BERBASIS KSA TERHADAP KESIAPAN KERJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelaksanaan Employability Program terhadap tingkat kesiapan kerja calon lulusan perguruan tinggi. Teknik pemilihan subjek dilakukan dengan purposive sampling yang terdiri dari 13 orang mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Psikologi dan Studi Agama UIN Imam Bonjol Padang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen One-Group- Pretest – Posttest Design yang berarti subjek penelitian terdiri dari satu kelompok eksperimen saja yang dinilai kondisi kesiapan kerjanya sebelum (pre test) dan sesudah (post test) diberikan perlakukan (employability program). Uji hipotesis dilakukan melalui uji statistik Pair- sample-T-test dengan menggunakan aplikasi SPSS. Penelitian ini membuktikan bahwa Employability Program secara signifikan meningkatkan kesiapan kerja subjek (p < 0,05) dengan indeks korelasi sebesar 0.615. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 61,5% peningkatan kesiapan kerja subjek dipengaruhi oleh Employability Program. Sedangkan
38,5 % nya lagi dipengaruhi oleh faktor independen lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v21i1.251
Abstract views : 271 times
PDF : 196 times
References
Amin, Samsul, M. 2013. Bimbingan
Konseling Islam. Jakarta: Amzah.
Anoraga, Panji, 2014. Psikologi Kerja.
Jakarta: Rineka Cipta.
Al- Qur’an in Microsoft word versi 1.3 dalam 7 bahasa, Taufiq Product, Inc
Azwar, S. (1993). "Kelompok subjek ini memiliki harga diri yang rendah"; kok, tahu...? Buletin Psikologi, I(2), 13-17
Badan Pusat Statistik. Berita Resmi Statistik. Keadaan Ketenagakerjaan Sumatera
Barat Agustus 2017, No.
/11/13/Th.XX, 06 November
Chaplin, J.P, 2006. Kamus Lengkap Psikologi(Alih Bahasa : Kartini Kartono)
Jakarta: Raja Gravindo.
Ghufron. M. N dan S. Rini. Risnawita.
Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Hasibuan, Malayu S.P, 2003.
Manajemen Sumber Daya
Manusia (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pad ang, diakses 22 Maret 2018
Kuswana, wowo. S. 2013. Dasar- Dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: Alfabeta.
Pangabean S. Dr. Muatiara, 2002.
Manajemen Sumber Daya Manusia (cetakan 1). Jakarta : Ghalia Indonesia
Pool, L. D dan Sewell, P. 2007. The Key To Employability: Developing A Practical Model Of Graduate Employability. Journal pdf Education And Training, Vol
, No. 4, 2007.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slameto,. 2013. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Winkel, W.S. dan M.M. Sri. Hastuti.
Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Zulmaizarna. (2014). Bekerja dalam Perspektif Islam . Tajdid: Jurnal Nasional Ilmu-ilmu Ushuluddin.
(1), 87-96.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji.
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.