Persepsi Masyarakat Terhadap Penerapan Prinsip Aneka (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu Dan Anti Korupsi) Oleh Aparatur Nagari Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

vina sri wahyuni

Abstract


                                                       ABSTRAK

Fokus penelitian ini yaitu seberapa tinggi tingkat penerapan prinsip ANEKA oleh Aparatur Nagari Jawi-Jawi. Selanjutnya penulis ingin mengetahui   persepsi masyarakat terhadap penerapan prinsip ANEKA oleh Aparatur Nagari Jawi-Jawi.

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap penerapan prinsip ANEKA oleh Aparatur Nagari Jawi-Jawi. Serta seberapa tinggi tingkat penerapan prinsip ANEKA oleh Aparatur Nagari Jawi-Jawi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif  dengan tipe kuantitatif  deskriptif,  sampel dalam penelitian ini memakai rumus Slovin yaitu 96 orang warga masyarakarakat kenagarian Jawi-Jawi , yang terdiri dari 66 orang perempuan dan 41 orang laki-laki masyarakat Nagari Jawi-Jawi. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Random sampling serta pengumpulan data dengan mengguakan skala Psikologi memakai bentu skala Likert berupa kusioner dengan pernyataan 123 item.

Berdasarkan penerapan prinsip ANEKA tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip ANEKA oleh aparatur nagari jawi-jawi yang paling baik diterapkan yaitu prinsip komitmen mutu dengan persentase 97,91, sedangkan yang paling terendah dan harus ditingkatkan lagi yaitu prinsip nasionalisme dengan jumlah persentase 48,95. Kemudian tingkat persepsi masyarakat terhadap penerapan prinsip ANEKA oleh aparatur nagari jawi-jawi kecamatan gunung talang kabupaten solok termasuk dalam kategori rendah yaitu 77,08% dengan jumlah maksimum responden 74 orang.

 

Kata Kunci : Persepsi masyarakat, prinsip ANEKA (akuntabilitas, nasionalisme,

etika publik, komitmen mutu, anti korupsi), aparatur nagari.


Keywords


persepsi masyarakat, prinsip ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu Dan Anti Korupsi)



DOI: https://doi.org/10.15548/tajdid.v22i2.786
Abstract views : 304 times

References


DAFTAR PUSTAKAAN

Anatan Lina. 2008. Service Excellence Competing Through Competitiveness,

Bandung : Alfabeta.

Azwar, Saipudin, 2005. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Azwar, Saipudin, 2012. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Alex Murtin, 2008. Persepsi Masyarakat Terhadap Kualitas Layanan Publik Yang Diberikan Oleh Instansi Pemerintah Di Kabupaten Slemn Dan Kabupaten Bantul, Jurnal Akuntansi dan Investasi vol. 9 No. 1, halaman 80-90, Unniversitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Bovens, M. 2007. Analysing and Assessing Accountability: A Conceptual Framework’ European Law Journal, Vol. 13(4), pp. 447–468.

Hari, Adam Idris, Burhanudin. 2013. Persepsi Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor kecamatan Samboja kabupaten Kutai Kartanegara. E-journal volume 1, hal 287-301; ar.mian.fisip-unmul.ac.id

Https.//id.m.wikipedia.org.walinagari

Jelpa Periantalo. 2015. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Marliani Rosleny, 2010. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Miftah Toha. 2014. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Prastowo Andi. 2010. Menguasai Teknik-Teknik Koleksi Data Kualitatif.

Yogyakarta: DIVA Pres

Permenpan No 36 Tahun 2012

Profil Nagari Jawi-Jawi Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Putu Susanti Oktarina. 2017. Aktualisasi Nilai Aneka pada Profesi Dosen IHDN Denpasar sebagai Dasar Komitmen Mutu Pelayanan Publik. E-journal dosen Fakultas Dharma Acarya IHDN Denpasar.

Pancasila dan UUD 1945 tentang Diri dan Lingkungan.

Rakhmat, Jalaludin, 2005. Metode Penelitian Komunikasi Dilengkapi Contoh Analisis Statistik, Cetakan Ketigabelas., Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaludin, 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono Fandy, 2004.Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Tim Penyusun. 2014. Akuntabilitas. Mata Dikat Penyelenggara Prajabatan. Jakarta: Lembaga Adminstrasi Negara

Tim Penyusun. 2014. Nasionalisme. Mata Dikat Penyelenggara Prajabatan. Jakarta: Lembaga Adminstrasi Negara

Tim Penyusun. 2014. Etika Publik. Mata Dikat Penyelenggara Prajabatan. Jakarta: Lembaga Adminstrasi Negara

Tim Penyusun. 2014. Komitmen Mutu. Mata Dikat Penyelenggara Prajabatan. Jakarta: Lembaga Adminstrasi Negara

Tim Penyusun. 2014. Anti Korupsi. Mata Dikat Penyelenggara Prajabatan. Jakarta: Lembaga Adminstrasi Negara

UU No 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian, Bab II Pasal 3 Ayat 1

UU No 5/2014 tentang ASN dalam Nilai Dasar (pasal 4) dan Kode Etik (pasal 5) Layanan Publik

UU No 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi

UU No 20 Tahun 2001 tentang Kelompok Tindak Pidana Korupsi

Walgito,Bimo, 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Walgito,Bimo, 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fakultas Ushuluddin Dan Studi Agama, UIN Imam Bonjol Padang
Jl. Prof. Mahmud Yunus No.1, Lubuk Lintah, Kuranji. 
Kota Padang, Sumatera Barat, 25153
Handphone: +62 8126615808
E-mail: tajdid@uinib.ac.id

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

akun pro jepangsantuy4dkkn777data chinaslot pulsahttps://ti.adzkia.ac.id/vendor/clue/hacslot/akun pro kambojapaito warna sgpslot deposit pulsasantuy4dslot gacor 777prediksi hkslot pulsatogel sgphttps://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagiterbaru/https://karir.ittelkom-sby.ac.id/stocks/https://surabaya.telkomuniversity.ac.id/wp-content/products/lagigacor/https://el.ubharajaya.ac.id/lib/okegacor/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/course/slot777/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobadana/https://disnakbun.rokanhulukab.go.id/togelsini/macaukece/https://sandbox.telkomuniversity.ac.id/jobe/depopulsa/https://elearningpps.unimed.ac.id/cache/cobahong/https://digilib.unila.ac.id/77998/4/index.htmlslot gacorbet88https://pajak.bpkad.jatengprov.go.id/assets/vipthailand/https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/malamini/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/pulsaceban/https://poltekpelsumbar.ac.id/assets/css/slothoki/https://elearning.metrouniv.ac.id/syariah/contentbank/templates/lpsantuy/ https://conference.univpancasila.ac.id/plugins/prokambo/https://learning.poltekkesjogja.ac.id/lib/juaraslot/jasasensaslot gacor malam inijasasensarobopragmahttps://spadav2.unikal.ac.id/pix/demonew/